Mohon tunggu...
Carolina Ratri
Carolina Ratri Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis konten

Antusias terhadap topik-topik keuangan, bisnis, marketing, teknologi, dan kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Pentingnya Membangun Aset untuk Bekal Pensiun

16 September 2023   09:12 Diperbarui: 16 September 2023   09:30 354
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Pribadi

Membangun aset adalah hal yang perlu dilakukan dilakukan sejak masih produktif bekerja. Tidak dimungkiri, aset memegang peran penting dalam mendukung keberlangsungan sumber daya ekonomi.

Aset yang terkumpul juga bermanfaat untuk menunjang perencanaan dana pensiun. Hal ini untuk memastikan bahwa masa depan keuangan kita bisa aman dan terjamin.

Oleh karena itu, manajemen aset menjadi kunci penting meningkatkan jumlah kekayaan seiring berjalannya waktu.

Belajar Membangun Aset

So, kemarin baru saja menyelesaikan baca buku ini, Membangun Aset 300 Kali Gaji, yang saya dapatkan dari preorder langsung ke penulisnya, Dani Rachmat. Ya, kebetulan saja memang teman sendiri, dan sudah sering banget ngobrol ngalor ngidul termasuk soal keuangan.

Pas momennya, saya lagi merasa kudu wajib perlu banget untuk upgrade pengetahuan keuangan. Karena ya, masa-masa susah kayak gini. Kerja bagai quda saja enggak cukup.

Saat ini, terus terang, saya sudah sampai ke titik enggak bisa lagi main-main. Saya sudah terlambat belajar keuangan, sehingga di usia 40-an saya baru sadar pentingnya mengelola keuangan. Padahal saya berencana pensiun di usia 55 tahun. Hahaha. Sungguh tidak manusiawi memang.

Akhirnya ya sudah, karena terlambat tahu, saya pun mengundurkan target pensiun. Bekerja sebagai freelancer toh bisa saja enggak pakai pensiun. Tapi saya penginnya nanti juga sampai di titik ketika saya bekerja bukan lagi berorientasi pada imbalan berupa uang---tetapi pada kepuasan diri.

So, kali ini saya pengin membuat catatan saja. Katakanlah sebagai kesimpulan dari hasil belajar saya dari buku ini.

Pentingnya Membangun Aset untuk Dana Pensiun

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, membangun aset merupakan salah satu upaya mengumpulkan dana pensiun dengan menginvestasikan dan mengelola aset secara hati-hati. Kita bisa mengelola finansial  dan memastikan agar kondisinya aman untuk dinikmati pada masa pensiun.

Melalui perspektif jangka panjang dan fokus terhadap tabungan dan diversifikasi, kita bisa lebih mempersiapkan diri untuk sukses. Beberapa alasan pentingnya mengelola aset untuk dana pensiun di antaranya seperti di bawah ini.

1. Mendukung Stabilitas Keuangan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun