Punya sahabat-sahabat di kantor? Atau Anda yang termasuk pengikut paham tidak ada pertemanan di kantor? Sebenarnya memiliki teman, terlebih lagi sahabat di kantor itu ok gak sih? Atau memang disarankan untuk tidak? Apakah ini bagian dari profesionalitas kerja, dimana kantor hanya untuk bekerja, semua hubungan yang terbangun di dalamnya hanyalah murni untuk bisnis?
Apakah itu arti profesionalitas?
Saya sangat menyarankan untuk membangun hubungan yang tidak sebatas hubungan kerja saja di kantor. Kalau Anda tanya kenapa, jawabannya sangat sederhana. Kalau ada pilihan yang datang, mengenai baik dan buruk, tentunya kita akan memilih yang baik bukan? Loh iya dong, membangun hubungan dengan tulus, membina pertemanan tentunya suatu pilihan yang baik.
Jangan terjebak ke dalam modernisasi yang salah arah. Kasarnya, kenapa kita harus menjadi zombie, kalau kita bisa menjadi manusia yang memiliki kelebihan untuk membangun hubungan pertemanan? Berteman di kantor itu menyehatkan dan pastinya dapat mendorong perkembangan karir Anda. Tapi perlu diingat, pertemanan yang baik itu bukan melakukan hal negatif bersama ya
Apa manfaatnya membangun pertemanan di kantor?
Membuat kantor Anda menjadi lingkungan kerja yang nyaman. Pastinya dong ya. Kalau semuanya harmonis, saling mendukung, sikut-sikutan relatif tidak ada, pasti lingkungan kerja Anda menyenangkan.
Coba bayangkan kalau kantor Anda dipenuhi dengan robot-robot yang hanya datang untuk bekerja? Situasinya dingin, dan biasanya akan mengarah pada kompetisi tanpa perasaan. Yang penting KPI tercapai, peduli amat sama rekan kerja yang lain. Kang gue disini untuk kerja, bukan untuk berteman. Kalaupun Anda bisa melakukan itu, suatu saat Anda pasti akan merasa tidak enak, dan hati-hati loh, apa yang Anda lakukan di kantor bisa terbawa ke kehidupan Anda yang lainnya. Dengan kata lain, kita sebagai manusia tidak bisa bilang, “gak papalah, gue Cuma begini kalau dikantor”. Cepat atau lambat, Anda akan menjadi manusia yang Anda praktekkan di kantor, kasian orang-orang terdekat Anda
Lebih banyak kontribusi positif dari Anda dan seluruh tim.
Dengan lingkungan yang nyaman dan harmonis di dalam dan antar tim, tentunya akan lebih membawa hasil yang positif. Situasi kompetitif tidak sehat memang akan membawa hasil juga, tapi biasanya tidak akan berlangsung lama. Turn over tim akan tinggi, banyak yang resign, tidak betah. Dari sudut pandang perusahaan, tentunya ini tidak sehat dalam jangka panjang.
Andapun sebagai pribadi akan merasakan manfaatnya. Alih-alih merasa terancam oleh kompetisi yang tidak jelas, dengan tim yang saling mendukung, Anda akan lebih bebas untuk berpikir kreatif, stratejik dan produktif.
Pertemanan akan berlanjut.
Umur kita berkarir antara 35 sampai 45 tahun, dan umur kita di dunia tidak ada yang tahu Dengan waktu yang panjang tersebut, tentunya memiliki teman akan sangat bermanfaat. Kita tidak pernah tahu teman-teman tersebut akan membantu kita di masa depan (tanpa bermaksud memanfaatkan dan pamrih, berteman harus selalu tulus).
Bandingkan kalau kita tidak membangun pertemanan tersebut. Suatu saat kita butuh pertolongan, belum tentu ada orang yang membantu. Apabila ada yang membantu, biasanya karena ada kebutuhan juga, hubungannya jadi transaksional. Kalau Anda diberikan pilihan, selalu pilih yang benar dan yang baik. Tidak ada manfaat dari memilih sebaliknya
http://www.careerguideindonesia.com/2015/10/kantor-bukan-tempat-untuk-mencari-teman-masa-sih/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H