Kebanyakan orang sukses dalam karir, memiliki cara bekerja yang relatif sama. Ini yang membuat karir mereka berkembang lebih cepat dibanding yang lainnya. Cara mereka bekerja tidak bertele-tele, sehingga pekerjaan selesai lebih cepat, lebih berkualitas dan pada akhirnya membuat lebih menonjol dibanding rekan kerja mereka. Yuk kita cari tahu beberapa hal yang mereka lakukan seperti yang dijelaskan dibawah ini.
To do list
Mereka berusaha setiap hari memiliki tujuan kerja yang jelas dan ini tertulis dalam to do list. Biasanya dibuat pagi hari sebelum memulai aktifitas, bahkan ada yang membuat setiap sebelum pulang kerja untuk keesokan harinya.
Fungsinya apa sih?
To do list ini bisa mengarahkan pekerjaan mereka berdasarkan prioritas dan menghindari lupanya mengerjakan sesuatu hal. Dengan daftar pekerjaan, mereka pun bisa meramu aktifitas mereka lebih efektif dan efisien. Dengan kreatifitas, beberapa pekerjaan dapat dilakukan dengan sekali jalan, tidak bolak balik dan menghabiskan banyak waktu.
Siap menghadapi rapat, dengan fokus pada solusi
Kita bertemu orang dalam suatu rapat, tujuannya untuk menyelesaikan suatu tantangan. Apabila kita datang ke suatu rapat tanpa persiapan, tentunya rapat tersebut akan lama dan muter-muter. Berbeda kalau kita sudah mempersiapkan terlebih dahulu, apa topik rapatnya, tantangan apa yang dihadapi, dan kita sudah mempersiapkan alternatif solusinya. Rapat tidak perlu lama, singkat, padat dan menghasilkan jalan keluar. Bahkan, apabila kita siap, kita bisa memberikan banyak kontribusi pada rapat tersebut. Dengan banyak kontribusi positif, tentunya akan menempatkan kita sebagai orang “dipandang”.
Mengembangkan orang lain dan membangun network dengan tulus
Apabila kita memiliki banyak orang yang mendukung kita, semua pekerjaan yang dilakukan akan lebih enteng, cepat selesai dan berkualitas. Kita tidak perlu melakukan semuanya sendirian. Dengan mengembangkan orang lain, berbagi keahlian kita, mereka pun akan bisa melakukan apa yang kita lakukan. Dengan demikian kita bisa mendelegasikan tugas, beban kerja kita berkurang, dan dapat melakukan pekerjaan lainnya.
Dengan network yang kita bangun secara tulus, orang lain akan merasakan itu dari Anda. Anda ingin berkontribusi, dan memiliki suatu solusi yang win-win untuk kepentingan mereka juga. Siapapun itu, pasti akan mendukung pekerjaan Anda.
Dalam keseharian pekerjaan kita, sudah banyak tantangan yang muncul. Sekarang tugas kita, bagaimana menghadapi tantangan tersebut dengan menurukan gesekan yang mungkin terjadi. Hanya dengan demikian pekerjaan Anda akan lebih ringan, efektif dan efisien.
Tanpa perlu berbicara banyak, kinerja Anda akan dilihat manajemen dan karir Anda terdongkrak.
http://www.careerguideindonesia.com/2015/10/dongkrak-karir-anda-dengan-bekerja-efektif-dan-efisien/
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H