Mohon tunggu...
CanduPuisi
CanduPuisi Mohon Tunggu... Freelancer - Menulis tentang kehidupan

Author and Podcaster -every day always excited, every week improve literacy, every month a complete plan.

Selanjutnya

Tutup

Puisi Pilihan

Ayahku Hebat Sebagai Patriot

24 Oktober 2023   13:42 Diperbarui: 24 Oktober 2023   13:44 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Puisi. Sumber ilustrasi: PEXELS/icon0.com

Aku pernah membanggakanmu, ayah.
Yang gagah memakai seragamnya
Patriot negara yang selalu hebat dimata dunia

Aku juga pernah menyangka kau keji.
Begitu brutalnya kau menghajarku hingga babak belur dan darah mengalir di mulutku
Seperti penjahat melakukan tindak kriminal
hanya karena mencari ikan sepulang sekolah
untuk menghibur diri dari kesepian,
itupun masih kau tambahi dengan Tunjangan
yang kau lakukan di leherku;
bila Ibu tak buru-buru
sudah melayanglah nyawaku.

Aku selalu mengira aku bukan anakmu, ayah!
Kau selalu merendahkan aku,
Menganggap aku adalah Aibmu
Menganggap aku adalah Bebanmu.
Dimanapun kau berada kehinaan namaku melekat
Dari bibirmu.

Aku selalu mengira kau tidak cinta pada ibuku, ayah!
Perempuan yang membesarkan aku, dengan
Penuh nanah dan airmata, penuh hutang lilit pinggang
Hanya untuk memenuhi kehidupan.
Hampir setiap malam bogem mentah kau layangkan pada ibuku ketika perdebatan di rumah.

Sekarang aku sadar, itu ayah?
Di luar sana kau di baggakan oleh orang-orang,
Kau di anggap pahlawan mereka
Kau luar biasa
Patriot dalam negara
Tapi buruk sebagai Kepala Keluarga

Sadarkah kau, Ayah?
Orang bercerita kemewahan tentangmu
Sementara kami keliling jualan, ngais-ngais tong sampah karenamu untuk bertahan dalam kehidupan.

Hah, manalah mungkin kau sadar, ayah!
Kaukan seperti batang pisang, memiliki jantung tapi tidak memiliki hati.
Saat aku mendengar kau menikah lagi,
Hatiku hancur, pondasiku roboh.
Kau menikmati ketidakadilan yang selama ini
Kau berikan padaku.
Amarahku memuncak.

Begitu enaknya hidup wanita itu, yang merasakan kenikmatan dari ayahku seorang patriot
Yang tidak aku rasakan dari kecil sampai
Anak-anak aku sudah seusia aku dulu.

Ayahku hebat sebagai patriot
Kekuasaan di tangannya
Kebenaran ada padanya
Matanya melihat dunia
Tapi hatinya buta
Kepada keluarga

Ayahku hebat sebagai patriot
Di tangannya keadilan bicara
Tapi keadilannya dirumah tangga
Hanya lah Fatamorgana

Sejak saat itu aku membencimu, Ayah!
Kita tak saling bicara selama 15 tahun lamanya
Sedikitpun aku tak pernah lagi menyapamu
kau tak pernah lagi menanyai bagaimana pekerjaanku,hidupku, dan penderitaanku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun