Mohon tunggu...
Candra Lukita
Candra Lukita Mohon Tunggu... Mahasiswa - Salah satu mahasiswa program studi matematika UPI

Individu yang memiliki banyak harapan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Implementasi Pendidikan Sepanjang Hayat terhadap Pribadi dan Karir

15 Agustus 2022   12:35 Diperbarui: 15 Agustus 2022   12:58 1735
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

KKN TEMATIK UPI 2022 : 

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT TERHADAP PRIBADI DAN KARIR

Pada tahun 2022 Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan oleh para mahasiswa dengan mengusung tema “Menguatkan dan Meningkatkan Program SDG’s Desa dan Rekognisi MBKM Puspresnas Kemendikbudristek” yang berlangsung pada tanggal 11 Juli 2022 – 10 Agustus 2022.

Sustainable Development Goals (SDG’s) merupakan program pembangunan berkelanjutan berdasarkan hak asasi manusia dan kesetaraan yang mendorong pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan yang ducetuskan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang mencakup 17 poit utama guna menciptakan skema kehidupan yang berkelanjutan.

Tema kegiatan KKN kelompok 134 adalah Desa Peduli Pendidikan yang berfokus pada Pendidikan Sepanjang Hayat.

Sehubungan dengan tujuan SDG’s dan tema yang sesuai dengan pelaksanaan KKN tahun 2022, penulis merancang program dan kegiatan yang berhubungan dengan bidang pendidikan yaitu melalui program webinar Implementasi Pendidikan Sepanjang Hayat terhadap Pribadi dan Karir pada hari selasa (02/08/2022). 

Kegiatan diawali dengan survei tempat KKN dan menyerahkan surat perizinan untuk melaksanakan kegiatan KKN kepada Desa serta pihak sekolah pada hari kamis (14/07/2022).

img-20220718-wa0020-62f9d5b43555e4543e71e7a2.jpg
img-20220718-wa0020-62f9d5b43555e4543e71e7a2.jpg
Pendidikan sepanjang hayat (life long education) merupakan proses pendidikan yang dapat dilakukan dimana saja baik formal maupun informal, yang tidak berhenti dilakukan hingga individu menjadi dewasa tetapi tetap berlanjut sepanjang hidupnya. Tujuan dari Pendidikan sepanjang hayat adalah mengembangkan potensi individu secara optimal. Berikut merupakan ciri-ciri manusia yang menjadi pelajar sepanjang hayat (Cropley 1977:49):
  • Sadar bahwa dirinya harus belajar sepanjang hayat
  • Memiliki pandangan bahwa belajar hal-hal yang baru merupakan cara logis untuk mengatasi masalah
  • Bersemangat tinggi untuk belajar pada semua level
  • Menyambut baik perubahan
  • Percaya bahwa tantangan sepanjang hidup adalah peluang untuk hal baru

Penerapan pendidikan sepanjang hayat dapat dilakukan pada lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat:

Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi proses perkembangan seorang individu. Dalam keluarga terbentuk tahap awal proses sosialisasi dan perkembangan individu (Ramayulis, hlm. 147). Keluarga adalah masyarakat alamiah yang pergaulan di antara golongannya bersifat khas atau unik dari keluarga lainnya, pendidikan juga berlangsung dengan sendirinya sesuai dengan tatanan pergaulan khas yang berlaku di dalamnya.

Lingkungan sekolah adalah lingkungan dimana individu berada dalam lingkungan situasi belajar dan memiliki suasana, tanggung jawab, serta kebebasan yang berbeda dari lingkungan lain. Oleh karena itu, lingkungan ini sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang kecerdasan (kognitif), keterampilan, dan kepribadian individu (afektif). Lingkungan sekolah yang baik dapat mendukung tumbuh kembang individu untuk membentuk kedisiplinan belajar. Kedisiplinan sekolah pada akhirnya akan tercermin pada kedisiplinannya sendiri pada lingkungan lain, termasuk lingkungan masyarakat dan industri kerja.

Masyarakat diartikan sebagai sekumpulan orang yang menempati suatu daerah, diikat oleh pengalaman-pengalaman yang sama, memiliki sejumlah persesuaian dan sadar akan kesatuannya, serta dapat bertindak bersama untuk mencukupi krisis kehidupannya (Hasbullah, 2015, hlm. 55). Lingkungan masyarakat merupakan lembaga pendidikan ketiga setelah keluarga dan sekolah yang memiliki sifat dan fungsi yang berbeda dengan ruang lingkup, batasan yang tidak jelas, keanekaragaman bentuk kehidupan sosial serta berjenis-jenis budaya. Lingkungan masyarakat yang baik akan memberikan pengaruh-pengaruh yang baik pada individunya.

Konsep yang menyatakan bahwa proses pendidikan sepanjang hayat merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan untuk membentuk SDM yang berkualitas dan mampu mengikuti arus perkembangan zaman yang semakin maju. Selain itu pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang berpengaruh dalam menentukan maju mundurnya suatu bangsa.

Berbagai macam program pendidikan sepanjang hayat beberapa diantaranya: (1) Pendidikan untuk mempertahankan pemenuhan kebutuhan pokok dalam hidupnya (survival) (2) Pendidikan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan bidang kerjanya (3) Pendidikan untuk pengembangan atau peningkatan diri (4) Pendidikan untuk pemenuhan kebutuhan mental dan rekreasional.

Melalui proses pendidikan sepanjang hayat, individu dapat meningkatkan kualitas kehidupannya secara berkesinambungan, dapat mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi, serta dapat mengikuti perkembangan masyarakat dan budaya untuk menghadapi tantangan masa depan dan mengubahnya menjadi peluang.

Pendidikan, pribadi dan karir adalah hal yang saling berkaitan, bahkan tidak dapat dipisahkan. Hal ini dapat kita saksikan bahwa untuk menempuh suatu karir yang bagus, diperlukan pendidikan yang menunjang baik pendidikan formal maupun informal.

Mahasiswa KKN UPI kelompok 134 telah melaksanakan beberapa program serta keterlibatan dalam kegiatan masyarakat di Desa Cicadas. Diantaranya (1) Memberikan pelayanan pendidikan untuk SDN CICADAS dan SDN PANARUBAN berupa literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains serta literasi budaya dan kewargaan, melaksanakan senam bersama peserta didik SDN PANARUBAN, membantu menyelesaikan administrasi sekolah SDN PANARUBAN, mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan di SDN CICADAS (2) Berpartisipasi dalam kegiatan desa seperti rapat mingguan untuk persiapan 17 agustus 2022 yang dilaksanakan di GOR Desa Cicadas, berpartisipasi dalam rapat bersama TP (Tim Penggerak PKK beserta staffnya) terkait pelaksanaan lomba 17 agustus 2022 yang dilaksanakan di GOR Desa Cicadas, berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti bersama warga sekitar, berpartisipasi dalam kegiatan senam yang dilaksanakan di GOR Desa Cicadas, menjadi juri dalam kegiatan lomba fashion show tingkat RW yang dilaksanakan di GOR Desa Cicadas, menjadi juri dalam kegiatan lomba sholawat antar majelis taklim yang dilaksanakan di GOR Desa Cicadas, berpartisipasi dalam kegiatan lomba mewarnai PAUD dan TK tingkat desa yang dilakukan dimasing-masing lembaga, berpartisipasi dalam kegiatan mendekor tingkat RW untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang ke-77 dan mengadakan turnamen badminton yang dilaksanakan di GOR Desa Cicadas. 

Berikut beberapa dokumentasi selama kegiatan KKN di SDN CICADAS, SDN PANARUBAN dan Desa Cicadas.

img-20220725-wa0025-62f9dc73a1aeea65bd38f442.jpg
img-20220725-wa0025-62f9dc73a1aeea65bd38f442.jpg
img20220718100220-62f9dd973555e431313ad4f5.jpg
img20220718100220-62f9dd973555e431313ad4f5.jpg
img20220803085348-62f9ddf03555e4570978ffb2.jpg
img20220803085348-62f9ddf03555e4570978ffb2.jpg
img-20220725-wa0001-62f9de0808a8b55b3200cd75.jpg
img-20220725-wa0001-62f9de0808a8b55b3200cd75.jpg
img-20220725-wa0022-62f9de3a08a8b566334b9326.jpg
img-20220725-wa0022-62f9de3a08a8b566334b9326.jpg
img-20220725-wa0036-62f9df1808a8b545d915fb92.jpg
img-20220725-wa0036-62f9df1808a8b545d915fb92.jpg
img-20220729-wa0000-62f9df3b3555e41f60066e22.jpg
img-20220729-wa0000-62f9df3b3555e41f60066e22.jpg
img-20220801-wa0000-62f9df5d08a8b55897247482.jpg
img-20220801-wa0000-62f9df5d08a8b55897247482.jpg
img-20220803-wa0003-62f9df7c08a8b55bdb6e8d52.jpg
img-20220803-wa0003-62f9df7c08a8b55bdb6e8d52.jpg
img-20220814-wa0013-62f9dfa008a8b5339d37fda8.jpg
img-20220814-wa0013-62f9dfa008a8b5339d37fda8.jpg
img20220722135521-62f9dfce3555e43ae71482f2.jpg
img20220722135521-62f9dfce3555e43ae71482f2.jpg
Penyerahan plakat kepada kepala Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

img-20220812-wa0007-62f9d8d2a1aeea3c2a58a014.jpg
img-20220812-wa0007-62f9d8d2a1aeea3c2a58a014.jpg
Kegiatan-kegiatan tersebut telah berlangsung pada 14 Juli 2022 – 10 Agustsu 2022 penulis mengucapkan terimakasih banyak kepada Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah membimbing dan membersamai kami selama KKN berlangsung, serta kepada pihak yang terlibat selama kegiatan KKN di Desa Cicadas, penulis merasa bersyukur dapat melakukan KKN dengan penuh tanggung jawab serta antusias yang tinggi dalam berpartisipasi selama pelaksanaan kegiatan KKN berlangsung. Banyak sekali pengalaman yang didapat melalui KKN ini dan cerita menarik dari setiap kegiatannnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun