Mohon tunggu...
Selfia DewiShofa
Selfia DewiShofa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Representasi Pria Cantik dalam Iklan Nacific - Stray Kids on Sweet Days

16 Januari 2022   12:50 Diperbarui: 16 Januari 2022   12:52 819
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Jika kita mendengar kata pria pasti dibenak kita langsung terbayang pada sosok yang maskulin, macho, gagah perkasa, serta tak menggunakan riasan dan skin care pada wajah seperti yang digunakan wanita pada umumnya. Namun berbeda dengan apa yang ada di Korea Selatan, di sana lah awal mula munculnya trend sosok pria cantik. Seiring dengan populernya trend tersebut, banyak sekali iklan-iklan produk kecantikkan Korea Selatan yang bermunculan yang menggunakan figur pria sebagai bintang iklan. Salah satu produk kecantikan asal Korea Selatan yang menggunakan sosok pria sebagai brand ambassador-nya yaitu Nacific.

Dendy Triadi dan Addy Sukma Bharata dalam bukunya yang berjudul "Ayo Bikin Iklan! Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah" (2010), mengatakan bahwa iklan dapat didefinisikan sebagai pesan yang ditujukan kepada masyarakat melalui sebuah media yang didalamnya mengandung tawaran sebuah produk. Artikel ini akan membahas bagaimana iklan produk Nacific dalam Youtube yang berjudul '[NACIFIC] Stray Kids on Sweet Days ' merepresentasikan budaya pria cantik dengan bentuk visualisasi yang sudah terkonsep di dalamnya.

Nacific sendiri merupakan sebuah brand jebolan Korea Selatan yang memproduksi produk-produk skin care yang menembak pasarnya dikalangan para remaja. Agar produk-produknya dikenali dan laku dipasaran, tentu saja tak melupakan iklan yang dapat digunakan sebagai media promosi produk-produknya. Seiring berkembangnya zaman, iklan tak hanya menggunakan media cetak saja, namun dapat juga menggunakan media digital contohnya seperti media sosial. Salah satu media sosial yang dipilih oleh Nacific agar mudah dijangkau oleh pasarnya yaitu Youtube. Ada banyak brand ambassador yang dipilih oleh Nacific untuk mempromosikan produknya melalui video Youtube, video dalam channel Youtube yang terbaru saat ini yang ditunjuk menjadi brand ambassador Nacific yaitu Stray Kids, idol group asal Korea Selatan yang terbentuk berkat acara realitas di tahun 2017 lalu dibawah naungan JYP Entertainment. Stray Kids yang beranggotakan Bang Chan, Changbin, Hyunjin, Felix, Lee Know, Han, Seungmin, dan I.N ini tengah populer dikalangan remaja, idol group ini dapat dikatakan sukses dalam awal karir nya sebab album yang sebelumnya mereka miliki sukses menduduki posisi tiga besar dalam chart musik di Korea.

Zein Mufarrih Muktaf dalam artikelnya yang berjudul Citra Feminin dalam Video Musik Teen-Top yang dimuat di Jurnal Komunikasi Vol. 4, No. 1 (2013) mengatakan bahwa feminin sendiri dikenal oleh masyarakat luas dengan bentuk visualisasi sosok wanita, namun akan berbeda bila merujuk pada sifat kewanitaan dimana sifat bisa saja melekat pada pria yang menunjukkan sisi kewanitaannya. Salah satu video yang berada dalam channel Youtube Nacific yang berjudul '[NACIFIC] Stray Kids on Sweet Days ' yang dibintangi oleh Stray Kids yang beranggotakan Bang Chan, Changbin, Hyunjin, Felix, Lee Know, Han, Seungmin, dan I.N dinilai merepresentasikan sisi feminin. Pasalnya, konsep (warna latar tempat, wardrobe, serta property yang digunakan) dalam video tersebut memiliki tema serba pastel seperti warna white, light pink, pink, fuchsia, light blue, sea foam, dan yellow. Warna pastel merupakan tone warna yang relatif muda, lembut, dan memiliki intensitas rendah. Jika diamati melalui konstruksi sosial-kultural, warna-warna tersebut kerap kali dijadikan bentuk visualisasi dari feminin yang kental akan kelembutan.

Dilihat dari video yang diunggah dalam channel Youtube Nacific yang berjudul '[NACIFIC] Stray Kids on Sweet Days ', tiap member Stray Kids memiliki part berposenya masing-masing, bebas berpose ala diri mereka sendiri dan berpose dengan produk-produk dari Nacific. Yang pertama ada Bang Chan yang menggunakan crew neck berwana light pink, dalam part pose ala diri sendiri ia berpose seperti sedang mengambil foto selfie dimana tangan kanannya memegang kamera Instax berwarna light blue dan tangan kirinya memegang dagu, selfie menggunakan gadget dan tangan satunya lagi berpose membentuk huruf v, dan berpose dengan produk Nacific.

Kedua ada Lee Know yang menggunakan baju sedikit over size warna putih dan celana warna pink, dalam part pose ala diri sendiri ia berpose seperti sedang menelepon seseorang dengan menggunakan telepon vintage berwarna light blue, berpose layaknya seseorang sedang selfie dengan mengangkat tangan yang jarinya membentuk huruf v.

Ketiga yaitu Changbin, yang berpose dengan meletakkan jari telunjuk di pipinya kemudian di sisi lainnya ia menggunakan produk Nacific sebagai pengganti jari telunjuknya.

Keempat ada Hyunjin, diposenya ia memakan macaroon berwarna pink putih sambil mengedipkan mata kemudian pose dengan menopang dagu di atas produk nacific dengan sedikit memiringkan kepala.

Kelima ada Han, ia berpose layaknya vlogger dengan mengangkat tangan dengan jarinya yang membentuk huruf v, kemudian berpose bermain gim konsol, lalu berpose dengan memegang produk Nacific dengan kedua tangannya yang membentuk c, kemudian berpose tengkurap dengan memegang produk Nacific yang lainnya, berpose seakan-akan sedang selfie dengan jari yang membentuk huruf v.

Keenam ada Felix, yang berpose dengan dua buah produk Nacific yang ia sejajarkan dengan wajahnya, berpose mengangkat cupcake, dan berpose mengangkat dua produk Nacific di atas kepalanya layaknya memakai bandana.

Ketujuh yaitu Seungmin, berpose membentuk love sign atau saranghaeyo dengan tersenyum lebar, menggunakan aksesories glitter berbentuk love berwarna merah dan pink yang diletakkan di bawah matanya sambil berpose memeluk boneka beruang putih, berpose dengan dua produk Nacific yang berbeda, produk pertama berpose menopang dagu menggunakan produk Nacific lalu produk Nacific kedua diletakkan di bibirnya.

Yang terakhir ada I.N yang berpose mengambil hasil foto polaroid, berpose menggunakan lolipop berwana fuchsia, pink dan putih, kemudian berpose mengedipkan satu mata dengan produk Nacific yang ia tempelkan di ujung dahinya.

Dilihat dari pose-pose yang dilakukan oleh member Stray Kids, hal tersebut jarang sekali dilakukan oleh pria maskulin. Novia Kurnia dalam artikelnya yang berjudul Representasi Maskulinits dalam Iklan yang dimuat di Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol. 8, No. 1 (2004) menurutnya seorang pria identik dengan karakter yang maskulin dengan sifat macho seperti kuat, keras, dan beraroma keringat, sebaliknya dengan sosok wanita yang dikenal dengan sifatnya yang lemah, lembut, dan wangi. Representasi pria di video tersebut digambarkan sebagai sosok pria cantik yang memiliki kelemahlembutan, imut, kalem, bersih, mau merawat dirinya dengan menggunakan skin care seperti produk Nacific, dan menggunakan style yang casual.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun