Mohon tunggu...
Calvin Stefanus
Calvin Stefanus Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kiprah Pocari Sweat Menjadi Produk Global Melalui Strategi Pemasaran dan Iklan yang Brilliant!

22 November 2020   20:22 Diperbarui: 25 November 2020   17:07 4194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
source: https://www.topawardsasia.com/winners/pocari-sweat

Siapa yang tidak mengetahui minuman berisotonik satu ini? Yap! Pocari Sweat adalah salah satu produk minuman berisotonik asal jepang yang berada di bawah perusahaan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang. Di Indonesia sendiri, Pocari Sweat berada di bawah PT. Amerta Indah Otsuka. yang merupakan perusahaan hasil investasi antara PT. Kapal Api dengan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang.

Kesuksesan strategi pemasaran dan iklan yang dilakukan oleh PT. Amerta Indah Otsuka dan Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang menjadi salah satu alasan di balik suksesnya produk Pocari Sweat. Pada kesempatan kali ini, mari kita lihat bagaimana strategi pemasaran di balik produk Pocari Sweat dan usaha Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang untuk membawa Pocari Sweat menjadi produk global.

Pocari Sweat memiliki konsep pemasaran yang terbilang unik dan sangat khas. Pada tahun 2019,  Otsuka Pharmaceutical Co., Ltd., Jepang berhasil memenangkan 11th Japan Marketing Awards yang diadakan oleh Japan Marketing Association. Otsuka dikenal sebagai brand yang sangat dekat dengan siswa-siswi SMP dan SMA.

Hal ini sangat sejalan dengan konsep iklan dan pemasaran yang dikemas oleh Pocari Sweat baik di negara asalnya (Jepang) maupun di negara-negara lain (contohnya Indonesia. Berikut adalah contoh iklan produk Pocari Sweat yang dibuat dan ditayangkan di Jepang.


Pemilihan talent yang ditampilkan sebagai siswa/siswi sekolah menengah atas ataupun sekolah menengah pertama menjadi salah satu aspek yang sangat has dari upaya strategi pemasaran Pocari Sweat. Hal ini tentunya tidak sembarangan dilakukan tanpa strategi dan pemikiran yang matang.

Konsep ini didasarkan bahwa siswa/siswi pada sekolah menengah pertama maupun atas secara umum memiliki kegiatan yang serupa. Di masa pertumbuhan menuju dewasa seringkali mereka banyak mencoba hal baru. Seringkali juga hal-hal baru tersebut merupakan kegiatan yang membutuhkan aktivitas fisik yang cukup intens.

Mulai dari kegiatan musik atau tari, olahraga, bela diri, dan segala kegiatan yang melibatkan gerak yang cukup intens. Dengan pemikiran sederhana, ketika kegiatan-kegiatan tersebut selesai dilakukan, mereka akan merasa haus dan kehilangan sebagian kecil atau bahkan besar tenaga mereka. 

Sebagai minuman berisotonik, Pocari Sweat hadir untuk membayar lunas semuanya dan membuat mereka dapat kembali melakukan aktivitasnya kembali dengan semangat.

Seperti yang ditunjukan pada video di bawah ini, Pocari Sweat seolah-olah hadir sebagai pelepas dahaga dan lelah bagi mereka yang mengalami kehausan atau bahkan dehidrasi dan membutuhkan minuman yang tidak hanya sekedar air biasa.


Strategi yang sangat brilliant ini berhasil membuat Pocari Sweat menjadi salah satu brand yang begitu melekat bagi siswa-siswi sekolah menengah atas dan pertama.

Konsep yang serupa juga dihadirkan di Indonesia. Hampir seluruh iklan produk Pocari Sweat dibintangi oleh talent yang ditampilkan sebagai siswa/siswi sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas. Konsep ini juga seringkali dikombinasikan dengan trend yang sedang terjadi di Indonesia.

Contohnya adalah pemilihan JKT48 dan AKB48 sebagai talent untuk iklan Pocari Sweat. Kerja sama ini telah dilakukan oleh pihak PT. Amerta Indah Otsuka dengan JKT48 dan AKB48 sejak 2011. Berikut adalah contoh iklan yang merupakan kolaborasi Pocari Sweat dengan JKT48 dan AKB48.



Jika berkunjung ke beranda akun Youtube PocaiID, kita dapat dengan mudah melihat begitu banyak iklan yang berkonsep kegiatan atau kebutuhan siswa/siswi sekolah menengah pertama atau sekolah menengah atas. 

Jika melihat ke belakang sejenak, pada tahun 2011-2018, perkembangan boyband dan girlband menjadi satu trend yang begitu luar biasa diikuti oleh masyarakat Indonesia, terkhusus didominasi oleh para pelajar (SMA dan SMP). 

Tentunya hal ini sangat sejalan dengan value yang dimiliki oleh Pocari Sweat sebagai brand indin mengapresiasi semangat generasi muda untuk maju. Hal ini diungkapkan oleh Head of Marketing PT Amerta Indah Otsuka di sela-sela peluncuran iklan TVC Pocari Sweat di Jakarta pada Sabtu 3 Desember 2011 lalu.

Sejak tahun 2019, Pocari Sweat dengan inovasi yang sangat segar mengadakan kompetisi Bintang SMA bagi pelajar SMA di Indonesia. Tentunya dengan value yang sama, yaitu mengapresiasi semangat generasi muda untuk maju. 

Seperti tidak kehabisan akal, ide-ide yang begitu brilliat terus dimunculkan oleh Pocari Sweat. Pocari Sweat juga memanfaatkan perkembangan film animasi dan pertumbuhan industri animasi yang terbilang cukup baik dengan memproduksi iklan-iklan dalam bentuk animasi yang dikolaborasikan dengan latar tempat dan cerita yang "Indonesia".


Dalam jurnal yang berjudul The Representation of Youth in Pocari Sweat Television Advertisements, Hasah Hasanah mengutip Correa (2011) yang mengatakan bahwa iklan merupakan wahana ideologi yang merefleksikan ide, keyakinan, dan opini masyarakat. 

Melalui iklan, kita bisa mengetahui bagaimana visi dan nilai yang ingin brand tersebut berikan kepada masyarakat. Dalam hal ini, keberhasilan Pocari Sweat untuk diingat oleh target marketnya (siswa/siswi SMA dan SMP) menjadi salah satu contoh yang begitu brilliant.

Hal ini menunjukan bahwa korelasi antara negara asal dengan negara tujuan menjadi salah satu hal yang sangat berdampak pada keberhasilan produk atau brand tersebut dikenal oleh masyarakat global. Jepang melalui Pocari Sweat telah menunjukan bahwa kemampuan negara Core untuk menjadi pengaruh di negara Semi peripheral seperti Indonesia.

Melalui ini, kita dapat belajar bahwa iklan dan strategi pemasaran dapat menjadi kunci untuk keberhasilan suatu produk atau brand memenangkan hati target pasarnya. 

Terima Kasih Pocari Sweat, telah mewarnai industri iklan di Indonesia dengan kreatifitas dan inovasi yang brilliant!

Salam Hangat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun