Mohon tunggu...
Calvin Russell
Calvin Russell Mohon Tunggu... Musisi - your future.
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

enjoy your life

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Ranking Website Turun? Begini Algoritma Google Juni 2019

24 Juni 2019   16:23 Diperbarui: 24 Juni 2019   16:36 2758
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok. twitter Barry Schwartz dan Danny Sullivan

Google Update Juni 2019

Google baru saja merilis pembaruan baru yang disebut "Juni Broad Core Update" dan ada beberapa perubahan terbaru dalam hasil pencarian.

Dalam artikel hari ini kita akan membahas apa yang terjadi, apa yang berubah, dan saran kami untuk menjaga traffic Anda tinggi!

Apa yang Terjadi Dengan Pembaruan Inti Google Juni 2019

Pada hari Minggu, 2 Juni 2019, Google melakukan sesuatu yang jarang mereka lakukan...

Mereka sebenarnya mengumumkan di Twitter bahwa mereka akan meluncurkan pembaruan inti pada hari berikutnya.

dok. twitter Google SearchLiaison
dok. twitter Google SearchLiaison
Pada 3 Juni 2019, Google mengumumkan bahwa Pembaruan Inti Juni telah resmi diluncurkan: 

dok. twitter Google SearchLiaison
dok. twitter Google SearchLiaison
Karena Google biasanya tidak mengumumkan pembaruan algoritme mereka, ada banyak desas-desus bahwa ini akan menjadi BESAR.

Namun, Danny Sullivan dari Google mengatakan bahwa pembaruan ini tidak terlalu besar atau khusus dalam tweet ini : 

dok. twitter Danny Sullivan
dok. twitter Danny Sullivan
Cukup menarik, meskipun komentar Danny Sullivan, data SEO menunjukkan ini sebenarnya adalah pembaruan yang cukup signifikan (lebih lanjut tentang itu di bawah).

Pada 8 Juni 2019 Danny Sullivan melaporkan bahwa pembaruan inti selesai diluncurkan: 

dok. twitter Barry Schwartz dan Danny Sullivan
dok. twitter Barry Schwartz dan Danny Sullivan
Google "Pembaruan Keragaman" Berlangsung Pada Saat Yang Sama

Pada saat yang sama dengan pembaruan inti diluncurkan, Google merilis pembaruan lain yang disebut "Pembaruan Keragaman."

dok. twitter Google SearchLiaison
dok. twitter Google SearchLiaison
Pada dasarnya, pembaruan ini akan membantu diversifikasi hasil pencarian sehingga domain yang sama tidak muncul lebih dari dua kali.

Berikut teks lengkap dari tweet:

Pernahkah Anda melakukan pencarian dan mendapatkan banyak daftar semua dari situs yang sama di hasil teratas? Kami telah mendengar tanggapan Anda tentang ini dan menginginkan lebih banyak variasi. Perubahan baru yang sekarang diluncurkan di Google Search dirancang untuk memberikan lebih banyak keragaman situs dalam hasil kami....

Perubahan keanekaragaman situs ini berarti bahwa Anda biasanya tidak akan melihat lebih dari dua cantuman dari situs yang sama di hasil teratas kami. Namun, kami mungkin masih menunjukkan lebih dari dua dalam kasus di mana sistem kami menentukan itu sangat relevan untuk melakukannya untuk pencarian tertentu ....

Keragaman situs umumnya akan memperlakukan subdomain sebagai bagian dari domain root. IE: daftar dari subdomain dan domain root semua akan dipertimbangkan dari situs tunggal yang sama. Namun, subdomain diperlakukan sebagai situs terpisah untuk tujuan keanekaragaman ketika dianggap relevan untuk melakukannya....

Akhirnya, peluncuran keanekaragaman situs terpisah dari Pembaruan Inti Juni 2019 yang dimulai minggu ini. Ini adalah dua rilis yang berbeda dan tidak terhubung.

Memahami Relevansi & Perubahan Dalam Maksud Pencarian

Google mengatakan bahwa dengan pembaruan inti ini, Anda mungkin menerima lebih sedikit lalu lintas tetapi tidak ada yang dapat diubah atau diperbaiki.

Ini mungkin sebagian karena kita melihat eksperimen Google dengan mengubah hasil agar sesuai dengan maksud pencarian yang berbeda.

Maksud Pertanyaan Kesehatan

Sebagai contoh, di masa lalu, kami telah melihat situs dengan peringkat halaman penjualan suplemen terkait kesehatan tertentu untuk nama suplemen.

Kemudian Google mengubah jenis peringkat konten dari menampilkan halaman penjualan ke konten informatif tentang suplemen.

Misalnya, ketika Anda mencari "creatine" - Google tidak menampilkan produk aktual dalam daftar organik, ini menampilkan artikel inforamtive:

thehoth.com
thehoth.com
Dalam hal ini, Google mencoba memberi konsumen informasi lebih lanjut tentang suplemen sebelum membeli.

Jika Anda kehilangan lalu lintas atau traffic karena jenis perubahan maksud pencarian ini, Anda dapat mencoba memenangkannya kembali dengan mencoba memberi peringkat konten informasi vs halaman penjualan Anda yang sebenarnya.

Kami telah banyak sukses dengan mendapatkan lalu lintas kembali ke situs e-commerce dengan membuat konten blog di sekitar produk mereka untuk membantu memperbaikinya.

Nasihat Jika Anda Terkena Pembaruan Ini

Hal pertama yang ingin saya tunjukkan adalah seberapa banyak ular berfluktuasi. Kami menunjukkan contoh yang jelas tentang bagaimana situs yang sama kalah dan menang dengan setiap pembaruan Google.

Jadi, jika situs Anda baru-baru ini dihapus, Anda mungkin tidak perlu melakukan apa pun untuk mendapatkannya kembali. Sangat disayangkan, tetapi saran terbaik mungkin untuk terus meningkatkan segala yang Anda bisa dan menunggu pembaruan berikutnya.

Situs Anda mungkin tidak memiliki sesuatu yang "salah" dengan itu, Google mungkin baru saja mengubah maksud pencarian.

Dengan semua itu, inilah cara kami menganalisis situs dan bagaimana Anda harus menganalisis sendiri:

1. Identifikasi Halaman & Kata Kunci Yang Kehilangan Traffic

Jangan hanya melihat lalu lintas secara keseluruhan, telusuri untuk mengetahui halaman mana yang kehilangan lalu lintas dan kata kunci mana.

2. Identifikasi Halaman Terbaik

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa jika halaman yang lain jatuh, sesuatu yang lain mungkin naik.

Google mencari kata kunci yang Anda cari dan melihat jenis konten apa yang ditampilkan Google sekarang dan membandingkannya dengan konten yang Anda miliki.

3. Sesuaikan Halaman Anda Atau Buat Konten Baru

Jika Anda menemukan jenis konten yang berbeda, Anda dapat mempertimbangkan menyesuaikan konten Anda dengan apa yang peringkat di mesin pencari.

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Buat Konten Lebih Spesifik: Apakah Anda memiliki halaman yang membahas topik secara umum tetapi sekarang menemukan peringkat konten yang lebih spesifik? Coba hancurkan konten Anda dan buat konten yang lebih spesifik yang berpusat di sekitar kata kunci yang Anda inginkan.
  • Tambahkan Video: Apakah Anda melihat video sebagai fitur ular di hasil pencarian? Pertimbangkan mengubah konten Anda menjadi video dan tingkatkan peluang Anda untuk memeringkat beberapa kali! Untuk dorongan tambahan, tambahkan video ke konten Anda.
  • Tambahkan Pertanyaan & Jawaban: Jika Anda melihat fitur seperti "orang juga bertanya", coba tambahkan bagian Tanya Jawab ke artikel Anda!

4. Diversifikasi

Sekarang untuk beberapa saran non-seo, setiap pembaruan seperti ini adalah peluang bagus untuk mendiversifikasi traffic Anda. Kami adalah perusahaan SEO, tapi kami penggemar berat dari pemasaran multi-channel.

Kesimpulan

Pembaruan Inti Google Juni 2019 mengguncang rank lagi.

Jika Anda terpengaruh, pastikan untuk menggunakan saran kami di atas untuk menelusuri dan menyelidiki apa yang sebenarnya terjadi dengan situs Anda serta apa yang sekarang ditampilkan Google di hasil pencarian.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun