Mohon tunggu...
Hadi Saksono
Hadi Saksono Mohon Tunggu... Jurnalis - AADC (Apa Aja Dijadikan Coretan)

Vox Populi Vox Dangdut

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Wisuda Bukan Sekadar Kelulusan, Itu Juga Simbol Pertanggungjawaban

18 Juni 2023   19:46 Diperbarui: 23 Juni 2023   11:59 954
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi atribut wisuda. (Sumber: Freepik.com)

Dulu, ketika saya duduk di kelas V SD jelang akhir tahun ajaran atau sesudah pelaksanaan ulangan umum, wali kelas saya mengumumkan bahwa seluruh siswa kelas V harus menghadiri 'wisuda' kelas VI. 

Itu karena buku laporan hasil pendidikan (rapor) caturwulan III akan dibagikan bersamaan dengan pelaksanaan 'wisuda' tersebut.

Saya dan sebagian teman sekelas saya saat itu pun bertanya pada wali kelas soal makna wisuda yang disebutkan akan diikuti oleh siswa kelas VI. Yang saya ingat lebih kurang dialognya seperti ini:

"Pak, maksudnya wisuda kelas VI itu apa ya?"

"Ya itu, kan kelas VI sudah selesai menempuh tingkat SD. Jadinya ya diwisuda, seperti sarjana gitu,"

Kami para siswa pun tak melanjutkan dialog itu, ya mungkin karena masih kecil, jadi manut saja sama penjelasan bapak guru.

Nah, pagi ini, salah seorang kawan saya mengunggah swafotonya bersama sang anak, yang baru saja menyelesaikan masa taman kanak-kanaknya. 

Dalam foto tersebut, terlihat sang bocah menggunakan toga lengkap dengan topi segilima bertali, layaknya seorang wisudawan perguruan tinggi ataupun calon guru besar.

Ingatan saya pun langsung melayang ke sebuah meme yang pernah saya baca. Dalam meme itu tergambar sejumlah anak TK yang menggunakan toga dan diberi caption:

"Buat para sarjana, nggak usah sombong karena pernah memakai toga dan diwisuda. Anak TK juga sekarang diwisuda dan pakai toga..."

Jlebbb....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun