Salah satu ungkapan yang sangat populer di kalangan komunitas muslim Indonesia adalah "Rumahku Surgaku". Tak sedikit pula dari mereka yang membuatnya dalam bentuk kaligrafi dalam bahasa Arab lalu dipajang di dinding atau pintu rumah. Namun pernahkah terpikirkan olehmu rumah yang seperti apa konsep rumah surga itu? Nah pada artikel kali ini pertanyaan itu akan dijawab melalui pendekatan konsep "house" dan "home".
House secara sederhana dapat dimaknai sebagai  sebuah bangunan atau struktur fisik yang digunakan untuk sekedar singgah atau tempat tinggal. Jika lebih disederhanakan lagi maka house bisa dikatakan sebagai sebuah bangunan rumah. Sebagai contoh jika seseorang ada yang bilang memiliki rumah di suatu tempat maka itu artinya dia memiliki kekuasaan terhadap  bangunan fisik untuk tempat tinggal. Kepemilikan itu dijamin secara hukum entah berupa kepemilikan penuh yang dibuktikan dengan adanya sertipikat atau sekedar kepemilikan hak guna semisal rumah kontrakan atau rumah singgah (guest house).
Sedangkan Home memiliki arti yang lebih subyektif dan memiliki ikatan emosional bagi pemiliknya. Konsep ini merujuk pada suatu tempat yang bisa ditinggali secara nyaman, aman, dan memiliki ikatan emosional pada seseorang. Home bisa berupa house atau rumah, apartemen, kontrakan, atau kamar kos. Konsep "home" ini lah yang lebih cocok dengan konsep "rumahku surgaku". Maka tidaklah aneh jika kaligrafi rumahku surgaku dalam bahasa Indonesia ataupun Arab banyak ditemukan di pintu atau dinding kontrakan pelajar muslim Indonesia.
Lalu bagaimana caranya membuat rumah menjadi semacam surga yang nyaman untuk ditinggali dan tidak hanya sekedar menjadi tempat singgah saja? Bagaimana caranya agar kita tidak menjadi seperti tamu di rumah sendiri yang hanya numpang makan dan tidur di sana?
Pertama, kita perlu membuat kesepakatan apa arti surga yang dimaksud itu. Gus Baha' dalam suatu kajiannya pernah menyampaikan kalau surga itu adalah salah satu manifestasi Ridho Allah pada hambanya. Tidak penting kita berada di mana saja asal mendapatkan ridho Allah maka akan merasakan aman, nyaman, dan tenang. Bahkan andaikata kita dilemparkan ke dalam kobaran api yang menyala-nyala asal mendapat ridho dari Allah maka akan selamat dan tenang di sana. Kita bisa mengambil hikmah dari kisah nabi Ibrahim yang dibakar hidup-hidup oleh raja Namrud.
Kata kunci yang dapat kita gunakan untuk merujuk pada surga adalah adanya ridho. Ketika dua sejoli yang terikat dalam jalinan pernikahan saling ridho satu sama lain maka modal utama untuk membangun surga di rumah telah dimiliki. Ridho di sini bisa bearti tidak ada pihak yang merasa terpaksa tinggal di situ, tidak ada yang merasa tertekan karena salah satu lebih berkuasa sedangkan lainnya merasa tidak memiliki hak apa-apa, atau hal lain yang menyebabkan salah satu penghuni rumah merasa terabaikan haknya.
Keridhoan satu sama lain dua sejoli itu bisa terus dipupuk dengan cara menjadikan rumah sebagai wasilah untuk mendapatkan ridho Allah secara bersama-sama. Gotong royong, saling percaya dan mengingatkan hak maupun kewajiban satu sama lain bisa menjadi tanggungjawab bersama.
Kedua, menghadirkan budaya musyawarah di rumah. Keputusan sepihak salah satu penghuni rumah terkadang dapat membuat penghuni lainnya merasa tak dihargai atau bahkan dipecundangi. Oleh sebab itu keputusan bersama bisa menjaga perasaan tenang, nyaman, dan puas seluruh penghuni rumah. Hal-hal sepele seperti menata layout furniture, hiasan dinding, warna cat, atau sekedar jenis dan corak keset bisa menjadi polemik jika tidak dikomunikasikan dengan baik.
Manusia pada dasarnya makhluk sosial namun mereka tetap memiliki kotak atau wadah tersendiri yang tidak bisa lebur dengan orang lain begitu saja. Pernikahan tidak hanya menyatukan fisik, pemikiran, dan sifat dua sejoli melainkan juga kotak yang dibawa masing-masing. Nah kotak ini yang sering diabaikan.
Pernah ada dua orang yang tinggal dalam sebuah kamar kos. Mereka tidak bisa mencapai kata sepakat untuk menata layout dan dekorasi kamar itu. Walhasil kamar itu diberi semacam garis imajiner untuk menandai daerah kekuasaan masing-masing. Dengan begitu, mereka menjadi leluasa untuk mengatur segala sesuatunya di daerah kekuasaan masing-masing.