Mohon tunggu...
Cak Bro Cak Bro
Cak Bro Cak Bro Mohon Tunggu... Administrasi - Bagian dari Butiran debu Di Bumi pertiwi

Menumpahkan barisan Kata yang muncul di Pikiran

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Tim Inti dalam Organisasi: Siapa Mereka dan Mengapa Dibutuhkan?

19 Maret 2021   09:53 Diperbarui: 19 Maret 2021   10:03 4371
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

A. Pengantar

Pernahkan anda merasakan dalam berbagai kegiatan yang ada dilingkungan kantor anda, walaupun telah dibentuk suatu kepanitian atau Satuan Tugas (Satgas) hanya terlihat beberapa gelintir orang yang begitu sibuk mengatur acara menjadi sukses selain ketuanya. Semua itu terjadi karena adanya Hukum Pareto, apakah itu Hukum Pareto dengan pola 80 : 20?. Hukum Pareto dapat dijelaskan secara sederhana bahwa suatu permasalahan justru terletak pada 20% sebagai inti permasalahan. Jika permasalahan yang 20% dapat terselesaikan, maka masalah yang lainnya akan dapat diselesaikan dengan sendirinya.

Demikian halnya dengan kesuksesan suatu organisasi, walaupun teori manajemen menyebutkan bahwa kesukesan suatu organsiasi terletak pada kemampuan manajerial pimpinan dengan menempatkan atau mengelola SDM sesuai dengan kompetensinya (The Right Man on The Right Place). Namun pada dasarnya, kesuksesan suatu organisasi terletak kemampuan manajemen di tiap level yang didukung oleh 20% orang/pegawai sebagai tim inti (nucleus team).

Beragam nama atau istilah dilekatkan pada orang-orang tersebut sebagai tim inti. Dalam pemilihan ketua organisasi, entah pemilihan Presiden, Bupati atau Walikota, Ketua Asosiasi, dll., pasti akan melibatkan tim yang dikenal dengan tim sukses atau Tim Tank. Dalam suatu forum kegiatan, seminar, konvensi atau konferensi, dalam pemberian masukkan atau pemecahan masalah yang terjadi pasti akan dibentuk tim yang disebut tim perumus atau tim ad-hoc.  Termasuk pada saat kita melakukan berbagai event atau kegiatan di kantor, walau telah dibentuk kepanitiaan, kesuksesan acara dipengaruhi oleh tim inti tersebut.

Mereka terlihat lebih sibuk dibandingkan panitia lainnya, mereka bekerja begitu keras tanpa kenal lelah, mereka dengan tanggap selalu mengatasi permasalahan yang terjadi dengan pola kerja antar lintas seksi kepanitiaan. Bahkan mereka selalu terlihat di berbagai acara kegiatan di lingkungan kantor kita. Siapakah mereka?, dan bagaimana caranya membentuk orang agar memiliki potensi dan kompetensi seperti mereka?.

B. Pengertian Tim Inti

Secara organisatoris pimpinan atau top manajemen telah menetapkan struktur organisasi sesuai dengan tupoksi maupun karakteristiknya dengan membentuk divisi/bagian maupun sub divisi/sub bagian. Selain itu, terkadang di dalam divisi/bagian tersebut ditempatkan pegawai kompeten yang memegang peranan penting dan dikenal dengan Key Person. Bahkan pimpinan organisasi masih pula membentuk Task force atau Satuan Tugas (Satgas) terdiri dari orang-orang pilihan, apabila ada permasalahan yang signifikan atau adanya tugas tertentu demi kelancaran roda organisasi.

Namun demikian, sangat kita rasakan akan keberadaan sebuah tim atau orang-orang yang bekerja seolah-olah diluar struktur dalam suatu organisasi atau kegiatan. Peran dan pengaruh mereka sangat berdampak atas kesuksesan dalam menjalankan roda organisasi/kegiatan. Mereka bekerja dengan penuh loyalitas dan berorientasi bagaimana tujuan organisasi tercapai secara efektif dengan menyelesaikan permasalahan yang menjadi hambatan, mereka bekerja dengan pola kerja tidak terstruktur berlandaskan permasalahan atau tugas khusus.

Mungkin keterbatasan saya (atau kemalasan membaca literatur?), hingga saat ini belum menemukan suatu konsep atau teori yang mengulas atau membahas adanya tim inti tersebut. Oleh karena itu, ijinkan saya mendefinisikan secara naif bahwa Tim Inti adalah "Sekumpulan orang dari berbagai divisi/bagian atau latar belakang pendidikan/keahlian yang memiliki pandangan/visi atau tujuan yang sama dengan membentuk suatu kelompok atau team work untuk saling berkontribusi, berkolaborasi sesuai dengan kompetensi agar dapat bersinergi untuk menyelesaikan permasalahan agar dapat mencapai tujuan secara efektif ".

C. Perbedaan antara Orang Inti dengan Key Person

Ada sedikit perbedaan antara Tim Inti dengan Orang Kunci (Key Person), key person bisa pula merupakan bagian dari tim inti, namun perbedaan utama terletak pada orientasi terhadap organisasi. Key person atau orang kunci adalah pegawai yang berada dalam suatu divisi/bagian yang memiliki peranan kunci/penting dalam divisi/bagian tersebut, orientasi key person adalah menyukseskan tugas yang ditetapkan dalam divisi/bagian tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun