Mohon tunggu...
Cahya Kamelia
Cahya Kamelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo saya Cahya kamelia yang merupakan mahasiswa di salah satu universitas di Bandung

Selanjutnya

Tutup

Book

Novel Ayah Karya Andrea Hirata

16 Oktober 2024   21:58 Diperbarui: 17 Oktober 2024   11:08 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Novel "Ayah" karya Andrea Hirata mengisahkan tentang Sabari, seorang pemuda sederhana yang jatuh cinta pada Marlena. Cinta Sabari begitu besar sehingga ia rela menerima Marlena dengan segala kondisinya, termasuk saat Marlena mengandung anak dari pria lain. Sabari menikahi Marlena dan menerima anak tersebut, Zoro, sebagai anaknya sendiri. Kasih sayang Sabari kepada Zoro begitu besar, melampaui ikatan darah.

Kebahagiaan mereka tidak berlangsung lama. Lena, ibu kandung Zoro, datang kembali dan berusaha merebut Zoro. Peristiwa ini menjadi pukulan telak bagi Sabari. Kehilangan Zoro membuatnya depresi dan kehilangan arah dalam hidup. Sabari berjuang untuk menemukan kembali makna hidupnya, diiringi oleh dukungan dari sahabat-sahabatnya.

Novel ini mengeksplorasi tema universal tentang kasih sayang seorang ayah, pengorbanan, dan perjuangan hidup. Andrea Hirata dengan mahir menggambarkan emosi dan perjuangan batin yang dialami Sabari. Pembaca diajak merasakan kesedihan, kehilangan, dan harapan yang dialami Sabari dalam menghadapi situasi yang sulit.

Kelebihan Novel "Ayah":

 Tema kasih sayang seorang ayah, pengorbanan, dan perjuangan hidup merupakan tema universal yang mampu menyentuh hati pembaca dari berbagai latar belakang.

 Penulisan yang Memikat: Gaya bahasa Andrea Hirata yang khas, dengan deskripsi yang hidup dan dialog yang natural, membuat pembaca mudah terbawa dalam cerita.

Karakter yang Mendalam: Karakter Sabari digambarkan dengan kompleks dan penuh nuansa, sehingga pembaca dapat merasakan emosi dan perjuangan batinnya.


Pesan Moral yang Kuat: Novel ini menyampaikan pesan moral yang kuat tentang arti keluarga, kasih sayang, dan pengorbanan.

Kritik Novel "Ayah":

 Plot yang Terlalu Prediksi: Beberapa bagian plot cerita terasa terlalu mudah ditebak, sehingga mengurangi kejutan bagi pembaca.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun