Mohon tunggu...
Bayu PutraPamungkas
Bayu PutraPamungkas Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

pendaki gunung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jenis-Jenis Iklan: Mengenal Jenis Iklan, Manfaat, Serta Contoh Dalam Era Digital

8 Juli 2024   01:43 Diperbarui: 8 Juli 2024   02:37 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Disusun Untuk Memenuhi Tugas UAS Mata Kuliah Pengantar Advertising 

Dosen Pengampu:

Jamiati KN, S.I.Kom, M.I.Kom

Disusun oleh:

Bayu Putra Pamungkas (23010400039)

PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA 

Pada era digital saat ini, periklanan telah banyak berubah secara signifikan tidak hanya dalam metode penyampaiannya, namun juga dalam strategi dan konsepnya. Periklanan telah menjadi elemen penting dalam strategi pemasaran. Iklan tidak hanya memperkenalkan produk kepada konsumen, namun juga meningkatkan brand awareness dan penjualan. Namun seiring berkembangnya teknologi, bermunculan berbagai jenis periklanan. Tujuan analisis ini adalah untuk membantu pengiklan dan pemilik bisnis memilih strategi periklanan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

1. Iklan Display Online

            Iklan display merupakan iklan visual yang ditampilkan di berbagai situs web ataupun aplikasi. Iklan ini dapat berupa banner, gambar atau video yang menarik perhatian khalayak dan sering kali dibayar berdasarkan klik atau tampilan.

Manfaat Iklan Display:

  • Meningkatkan Brand Awareness: Dengan membuat iklan visual yang menarik dan sering ditampilkan di berbagai situs web ataupun aplikasi, iklan display dapat membantu meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) di kalangan khalayak yang luas.
  • Keterlibatan Pengguna: Iklan yang menarik dapat meningkatkan interaksi khalayak dengan produk. Khalayak yang tertarik dapat mengklik iklan untuk mengetahui lebih lanjut atau melakukan tindakan tertentu seperti mengunjungi situs web atau melakukan pembelian.
  • Targeting yang Spesifik: Pengiklan dapat menentukan audiens mana yang akan ditargetkan berdasarkan berbagai kriteria seperti demografi, minat, dan perilaku online. Hal ini memungkinkan Anda menggunakan periklanan secara lebih spesifik dan efektif untuk mencapai tujuan pemasaran Anda.
  • Fleksibilitas dalam Format: Iklan display dapat hadir dalam berbagai format yang mencakup banner statis, animasi GIF, atau video. Ini memberikan fleksibilitas dalam menyampaikan pesan dan menciptakan keterlibatan visual yang berbeda.
  • Fleksibilitas format: Iklan ini dapat mendukung berbagai format, termasuk banner statis, animasi GIF, serta video. Hal ini memberikan fleksibilitas dalam penyampaian pesan dan menciptakan keterlibatan visual yang berbeda.

Contoh Iklan Display:

  • Banner Statis: Gambar atau teks yang tetap dan umumnya terletak di bagian atas maupun samping halaman web.
  • Banner Animasi: Banner yang menggunakan animasi sederhana untuk menarik perhatian pengguna.
  • Iklan Pop-up: Jendela iklan yang muncul di atas halaman web yang sedang dibuka oleh pengguna.
  • Interstitial Ads: Iklan fullscreen yang muncul sebelum pengguna masuk ke halaman tujuan.
  • Native Ads: Iklan yang disesuaikan dengan konten sekitarnya untuk terlihat lebih alami.
  • Skyscraper Ads: Iklan vertikal yang panjang serta tipis dan sering ditempatkan di sisi halaman dari web.

2. Iklan Search Engine Marketing (SEM) 

            Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi iklan berbayar di mesin pencari seperti Google. Iklan ini muncul di hasil pencarian berbayar dan bisa sangat efektif untuk menargetkan khalayak yang mencari produk atau layanan iklan tertentu.

Manfaat Iklan Search Engine Marketing (SEM) 

  • Meningkatkan Kesadaran Merek: Tujuan utama SEM adalah untuk meningkatkan penjualan, iklan ini juga dapat membantu meningkatkan kesadaran merek. Pengguna yang sering melihat iklan tersebut di hasil pencarian cenderung menjadi lebih mengenal dengan merek tersebut.
  • Meningkatkan Trafik Situs Web: Iklan ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke website anda dengan menempatkan iklan di hasil pencarian yang relevan. Pengguna yang mengklik iklan biasanya memiliki ketertarikan yang kuat terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Targeting yang Tepat: SEM memungkinkan pengiklan untuk menargetkan pengguna berdasarkan kata kunci yang mereka cari di mesin pencari seperti Google. Hal ini memastikan bahwa iklan hanya ditampilkan kepada orang-orang yang sedang mencari produk atau layanan yang relevan dengan bisnis Anda.
  • Fleksibilitas dan Kontrol: Pengiklan memiliki kendali penuh atas anggaran harian atau bulanan yang mereka alokasikan untuk kampanye SEM mereka. Selain itu, Anda dapat mengatur waktu tayang iklan dan menyesuaikan strategi berdasarkan data dan hasil yang diperoleh.

Contoh Iklan Search Engine Marketing (SEM) 

  • Text Ads (Iklan Teks)
  • Shopping Ads (Iklan Belanja)
  • Video Ads (Iklan Video)

3. Iklan Sosial Media

            Platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter menawarkan berbagai bentuk iklan yang dapat disesuaikan dengan demografi, minat maupun perilaku Anda. Iklan ini sering kali menggunakan penargetan yang sangat spesifik untuk menjangkau pengguna yang relevan.

Manfaat Iklan Sosial Media

  • Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan: Iklan sosial media seringkali lebih interaktif dibandingkan iklan tradisional. Selain itu, pengguna dapat berinteraksi langsung dengan iklan melalui komentar, suka, dan berbagi, sehingga meningkatkan keterlibatan dan memperluas jangkauan pesan Anda.
  • Fleksibilitas dalam Format Konten: Platform sosial media mendukung berbagai format konten seperti gambar, video, slideshow, iklan karusel, dan iklan Stories. Iklan ini memberikan fleksibilitas besar dalam menyampaikan pesan iklan dengan cara yang paling menarik dan relevan bagi para khalayak.
  •  Meningkatkan Kesadaran Merek: Dengan menggunakan iklan sosial media, dapat membangun dan meningkatkan kesadaran merek di antara khalayak. Konten iklan dapat dirancang untuk mencerminkan identitas merek dan disesuaikan dengan preferensi serta minat pengguna platform sosial tertentu.

Contoh Iklan Sosial Media

  • Iklan Facebook
  • Iklan Instagram
  • Iklan Twitter
  • Iklan Linkedln

 

4. Iklan Video 

            Iklan video merupakan bentuk iklan yang menggunakan format video untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Dengan menggunakan iklan video secara efektif, pengiklan dapat memanfaatkan kekuatan visual dan audio untuk meningkatkan kesadaran merek, interaksi pengguna, dan konversi, serta membangun hubungan yang lebih mendalam dengan audiens mereka.

Manfaat Iklan Video:

  • Targeting yang Presisi: Kemampuan untuk menargetkan audiens secara spesifik berdasarkan demografi, minat dan perilaku.
  • Pengukuran dan Analisis: Kemampuan untuk mengukur iklan secara real-time serta melakukan analisis mendalam terhadap ROI (Return on Investment).
  • Interaktif dan Terukur: Dapat berinteraksi langsung dengan audiens serta mengukur tingkat keterlibatan dan respons.

Contoh Iklan Video:

  • Iklan video produk, seperti iklan brand erigo
  • Iklan video branding, seperti iklan susu bearbrand
  • Iklan video pendidikan, seperti iklan RuangGuru
  • Iklan video layanan publik, seperti iklan layanan kesehatan tentang bahaya narkoba

KESIMPULAN

            Dengan memahami berbagai jenis iklan tersebut dan manfaatnya dalam konteks digital, pengiklan dapat memilih strategi periklanan yang sesuai untuk mencapai tujuan dari pemasaran mereka. Serta pemilihan jenis iklan yang tepat harus disesuaikan dengan tujuan pemasaran, target audiens, dan anggaran perusahaan. Dengan strategi iklan yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek, menarik minat konsumen dan pada akhirnya meningkatkan hasil penjualan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun