Mohon tunggu...
Bambang Wahyudi
Bambang Wahyudi Mohon Tunggu... Koki - Mahasiswa Universitas Siber Asia

Menulis apasaja dimanasaja

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Brand Lokal Menuju Global di Era Digital

4 Agustus 2023   00:56 Diperbarui: 4 Agustus 2023   01:14 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Peluang brand lokal untuk menembus pasar global semakin terbuka di era digital ini. Semakin banyak bisnis lokal seperti UKM, mampu tampil percaya diri dan berhasil memasarkan produk mereka di pasar internasional melalui strategi branding dan pemasaran yang inovatif.

Konsep yang menarik adalah glokalisasi, yang merupakan gabungan dari dua istilah globalisasi dan "lokalisasi". Singkatnya, globalisasi adalah strategi perusahaan untuk memasuki pasar baru dengan sedikit memodifikasi produk atau layanannya agar relevan dengan masyarakat lokal.

Tujuannya agar dapat menyesuaikan diri dengan budaya dan hukum yang berlaku di daerah sehingga produk global dapat diterima oleh konsumen lokal. Salah satu strategi tersebut adalah melalui kemitraan antara brand lokal di Indonesia dengan Hypefast, sebagai perusahaan branding berbasis teknologi, untuk membantu mendorong brand lokal untuk terus tumbuh dan berkembang sehingga dapat memasuki pasar internasional.

Berikut beberapa strategi Hypefast untuk mendukung brand lokal yang juga ingin mengembangkan bisnisnya secara internasional, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Beberapa Tahapan penting yang harus dilakukan sebuah Brand Lokal / UMKM tersebut adalah :

1. Memilih Target Pasar & Menentukan Strategi

Produk yang baik perlu menargetkan pangsa pasar yang tepat. Hal ini akan memudahkan eksekusi strategi pemasaran yang ada serta memastikan penggunaan sumber daya yang dimiliki seperti waktu, biaya, dan tenaga menjadi lebih efisien. Selain itu, brand juga perlu mengikuti acara yang sesuai dengan segmentasi pasar. Seperti contohnya, jika produk kita ingin dikenal oleh segmen anak muda, brand bisa berpartisipasi dalam acara konser musik, pameran, atau acara networking lainnya.

2. Membangun Hubungan dengan Oelanggan

Pelanggan merupakan jantung dari brand, sehingga dibutuhkan upaya untuk membangun ikatan yang baik dengan pelanggan, terutama dalam mendengar dan menanggapi masukan dari mereka. Pelanggan yang mendapatkan respons positif dan didengar baik akan memiliki kedekatan personal dengan brand. Hal ini akan membuat brand memiliki citra positif dengan customers experience yang baik, sehingga membangun customer loyalty terhadap merek.

3. Pastikan stabilitas keuangan bisnis.

Brand akan menghadapi tantangan baru saat memasuki pasar baru, terutama dalam memahami dan menyesuaikan diri dengan kondisi pasar. Tantangan baru ini tidak menutupi aspek finansial yang harus dipersiapkan secara matang dan brand harus dapat mengambil langkah antisipasi agar rencana untuk membawa brand ke ranah global tidak berujung pada kerugian.

4. Manfaatkan Platform Media Sosial

Salah satu strategi yang lazim dilakukan oleh banyak brand lokal saat ini untuk meningkatkan presensi bisnis serta brand awareness pada masyarakat adalah dengan mengembangkan bisnis lewat platform media sosial. Konsistensi menjadi satu hal penting yang sangat dibutuhkan saat memanfaatkan platform sosial, terutama dalam menyajikan konten berkualitas dan memiliki keunikan demi menarik minat masyarakat. Konten yang dibuat juga harus sesuai dengan nilai-nilai yang kamu miliki serta dapat menjawab kebutuhan dari masyarakat setempat.

5. Pilihlah Produk yang Akan Go Global

Dengan begitu besarnya varian produk atau layanan yang disajikan oleh brand, pilihlah produk atau layanan yang paling diminati atau menjadi best seller. Selain produk best seller sudah memiliki histori sebagai produk yang dipercaya masyarakat, kita pun sudah mengenal produk tersebut dengan baik sehingga hal ini akan memudahkan kita untuk memperkenalkan produk kita ke pasar yang baru dengan menyampaikan bahwa produk tersebut relevan dan menjawab kebutuhan masyarakat luas. Dengan adanya testimoni ataupun review nyata dari konsumen kita, tentu akan memperkuat reputasi dan posisi produk tersebut di pasar global.

6. Sesuaikan Produk dengan Kebutuhan Pasar Global

Jika memang produk yang akan diberikan kepada pasar tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tentu produk perlu disesuaikan kembali agar dapat memenuhi kebutuhan pasar. Karena pada akhirnya, produk yang sesuai dengan nilai dan kebutuhan tak hanya lebih berpotensi mencetak keuntungan bagi brand secara penjualan, namun juga bisa menguatkan citra brand di pasar yang baru tersebut.

Salah satu lingkup yang sangat pesat adalah di dunia Fashion, khusus nya para fashion brand lokal Indonesia. Yang baru-baru ini menggemparkan dan membanggakan adalah salah satu brand lokal Indonesia yaitu Erigo ikut andil di New York Fashion Week.

Dunia fashion tanah air saat ini tengah diramaikan dengan berita ikut sertanya jenama (merek) lokal, Erigo, dalam gelaran New York Fashion Week 2022. Erigo dianggap banyak pihak sukses membawa nama baik fesyen Indonesia dalam ranah global. Selain Erigo, sebenarnya beberapa jenama dan perancang busana asal Indonesia juga pernah ikut serta dalam ragam peragaan busana internasional. Berikut ini beberapa brand lokal dan perancang busana yang pernah tampil di panggung peragaan busana internasional.

1. Maquin Couture Maquin Couture merupakan jenama lokal yang didirikan oleh saudara kembar Janice Setyawan dan Benita Setyawan. Keduanya telah beberapa kali manmpilkan karyanya dalam peragaan busana internasional. Terakhir, karya mereka tampil dalam Milan Fashion Week 2020/2021.

2. Dian pelangi Dian Pelangi merupakan salah satu perancang busana muslim tersukses di Indonesia. Tak hanya di Indonesia, kiprah Dian Pelangi dalam dunia fesyen juga telah merambah pasar global. Dian diketahui pernah beberapa kali ikut serta dalam peragaan busana internasional. Di antaranya Couture Fashion Week 2015 yang diadakan di Manhattan, New York dan New York Fashion Week 2019.

3. 2madison Avenue 2madison Avenue merupakan jenama fesyen asal Bandung yang mengusung ciri khas busana siap pakai bertema modern dengan sentuhan vintage. 2madison Avenue pernah dua kali tampil di gelaran New York Fashion Week tahun 2019 dan 2020.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun