UNTUK kali keempat saya mendapat kesempatan memberikan materi peningkatan kapasitas usaha UMKM Binaan BUMN PT Permodslan Nasional Madanya di eks Karesidenan Pekalongan Jawa Tengah. Setelah Kota dan Kabupaten pekalongan,batang,kali ini dg 100an lebih UMKM di Pemalang.
Bertempat di Hotel Regina Pemalang,tema kali ini adalah Klasterisasi Bisnis UMKM.Ini tema yg kontekstual dg tren bisnis hari ini yg diwarnai fenomena disrupsi.
Sekitar 100an UMKM berbagi harapan,berbagi peluang dan potensi.Ada pengusaha kuliner,transportasi,bunga melati,sembako,konveksi brazer dan jas, salon,bimbel dan banyak lainnya.Omzetnya dari angka ratusan ribu/bulan sampai ratusan juta.Ada fenomena DISRUPSI, ada Fakta database UMKM yg luar biasa!
Ketika pelaku transportasi konvensional terdesak oleh Gojek,Grab dan uber yg kemudian meraksasa menjadi bisnis multijasa yg digitalisasi, Gosend,Gofood, dan sampai GoPay.Kita juga ternganga dg bergugurannya ramayana,matahari,7Eleven, tergerus oleh Lazada, Bukalapak,blibli,sophie.
Poin platform bisnisnya ada dua kekuatan:
-DIGITALISASI yg beroutput kecepatan dan praktis
-SHARING :Beroutput efisiensi dan percepatan
Maka sejatinya , fenomena Disrupsi adalah peluang untuk melesat.Syaratnya satu, UMKM mau bersatu dan bekolaborasi (sharing dan sinergi).
UMKM terbukti menjadi fundamen ekonomi bangsa ini.Saat krisis ekonomi 1997, banyak bank dan pengusaha berguguran,70 % UMKM tetap KOKOH dan Eksis.
Di empat daerah kota dan kab.pekalongan ,batang dan Pemalang ada ratusan ribu UMKM, bayangkan kekuatannya jika mereka bersatu, membangun berbagai klaster bisnis,menyatukan modal dan potensi,bersinergi dan saling BANTU.Saya rasa ini saatnya UMKM pindah kuadran ,menjadi raksasa dan pelaku bisnis dominan.
Sekali lagi hanya satu syaratnya mengubah MINDSET,dalam bahasa Jokowi merevolusi mental.Dari mental "bermain sendiri" menjadi mental bermain bersama (berjamaah) , dari mental pesimis menjadi mental optimis, dari mental penguasaan aset menjadi mental pemanfaatan aset.
Butuh kerja keras dan persistensi,tapi peluangnya terbuka lebar.sejauh ini kekuatan raksasa yg monopolistik yg memanfaatkan data kekuatan UMKM kita.RASANYA kini saatnya UMKM menjadi "Driver" sendiri,saya yakin ini saatnya.Bagaimana menurut ANDA?
Pemalang,3 Oktober 2018
Muhammad Burhan
BigBrand Indonesia (Marketing Developer for UMKM)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H