Saat ini kita akan membahas tentang masyarakat madani. Masyarakat madani itu identik dengan sebuah masyarakat yang dikonsepsikan atau di rujukan kepada yang terjadi di masa Rasulullah hidup di madinatul Munawaroh kemudian kalau masyarakat sipil jelas itu adalah konsep yang merujuk kepada apa yang terjadi di Eropa Barat.Â
Dalam konteks pengertiannya masyarakat madani merupakan konsep yang berangkat dari bahasa Inggris dia berasal dari kata studity atau masyarakat sipil. Yaitu sebuah kontraposisi dari masyarakat militer atau sebuah masyarakat yang tidak tertekan atau tidak terikat oleh kekuatan militer.
Masyarakat madani adalah masyarakat yang memiliki pengertian yang berbeda-beda pada dasarnya dari para tokoh tapi bisa kita katakan masyarakat madani adalah masyarakat yang berbasis kepada rakyat kemudian pemerintah yang berdaulat atau pemerintahan yang sah dan juga swasta pasar serta bagaimana hubungan yang sinergis di antara negara pemerintah yang berdaulat.
Kemudian masyarakat sipil atau masyarakat yang terjadi di kelas menengah menengah atas kelas bawah atau pasar. dari hal ini mereka masyarakat madani bisa dikatakan sebagai masyarakat demokratis masyarakat yang di mana para anggotanya menyadari akan hak-hak dan kewajibannya dalam menyuarakan pendapat dan mewujudkan kepentingan-kepentingannya.
Dimana pemerintahannya juga memberikan peluang yang seluas-luasnya dan selebar-lebarnya bagi kemunculan kreativitas warga negaranya untuk mewujudkan program-program pembangunan yang sudah dicanangkan sudah diprogramkan serta dijadikan sebagai kebijakan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah demokrasi.Â
Itu akan sangat In line dan sejalan dengan masyarakat sipil karena demokrasi berbasis pada beberapa pilar ya salah satunya adalah supermasi hukum.
 kemudian adanya peradilan yang bebas dan tidak memihak adanya kulit impor low ada kebebasan pers ada pendidikan kewarganegaraan yang diberikan kepada warga negaranya baik secara formal maupun non formal secara kontinu dan berkesinambungan serta yang terpenting adalah adanya masyarakat kecil yang kuat dan juga sinergis antar elemen-elemen yang ada di dalamnya.Â
Jadi kita bisa katakan bahwa masyarakat madani itu bagian integral dari bagaimana terlaksananya sebuah sistem demokrasi yang kuat konsolidasi demokrasi yang bagus dan juga otomatis tercapainya tujuan pembangunan dari sebuah negara baik itu tingkatan pusat maupun di daerah.
dalam konsepsi Islam kalau kita merujuk kepada apa yang terjadi pada masa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ketika beliau hijrah ke Madinah nilai-nilai Islam dalam Alquran yang diterjemahkan ketika beliau bermasyarakat di Madinah ketika beliau hijrah dari Mekah ke Madinah mengajak kaum Muhajirin rasulullah mencontohkan dengan kemudian menyusun dan membuat serta meratifikasi dan mengkodifikasi sebuah piagam yang itu merupakan hasil diskusi bersama dari kaum Muhajirin ansor ya di bawah bimbingan Rasulullah dengan para umat agama lain yang sudah ada lebih dulu di Madinah.Â
Ada Yahudi ada Nasrani kabilah-kabilah yang banyak dan sebagainya serta masyarakat yang beragam atau heterogen. kemudian duduk bersama membicarakan bersama tentang sebuah konsepsi bermasyarakat bernegara yang saling toleransi mengedepankan kesetaraan atau kemudian bagaimana tolong menolong dibangun di atas pondasi kebersamaan dan juga nilai-nilai keagamaan menjadi basis atau inspirasi dari kehidupan bermasyarakat.
 Rasulullah itu punya strategi yang luar biasa ketika kemudian mencoba untuk menerapkan sistem demokrasi ala beliau, kita tidak bisa menyebutnya demokrasi saat itu karena Kata demokrasi sendiri belum belum muncul sebagai sebuah bahasan atau kemudian sebuah kajian yang yang menjadi kajian yang pasti saat itu karena belum ada.
yang pertama dilakukan Rasulullah adalah membangun masjid menjadi centrum atau pusat dari kehidupan masyarakat pusat dari adanya interaksi sosial pusat dari adanya interaksi edukasi pendidikan sosial kemasyarakatan ya setiap habis salat Jumat terutama setiap selesai salat Jumat. Rasulullah kemudian akan berkumpul dengan warga yang melaksanakan salat Jumat untuk membahas beragam problem-program yang ada dengan cara-cara yang santai dengan cara-cara yang mengasyikkan.
kedua adalah bagaimana langkah Rasulullah adalah mempersaudarakan atau menyatukan kaum ansor dan hadirin dalam bingkai sebuah islamiyah yang kita kenal bagaimana persaudaraan itu adalah persaudaraan sesama muslim yang paling utama yang paling pertama untuk dijalin dibangun seperti itu dan nabi melakukan itu di Madinah yang kedua kemudian mempersaudarakan kelompok muslim dengan non muslim atau ukhuwah insaniyah.Â
Adalah ukhuwah yang bagaimana semua orang sama setara kemudian pembicaraan berbagai hal secara toleran dan tenggang rasa serta kemudian kehidupan itu berjalan sendiri tanpa membeda-bedakan asal suku bangsa dan golongan sebelum kemudian membangun ukhuwah insaniyah.Â
Sebetulnya ada yang basis sekali untuk dilakukan dan Rasulullah pun melakukan itu yaitu Rasulullah meletakkan pondasi kehidupan berbasis bagaimana membangun rasa cinta kepada tanah air dan bangsa ini sesama muslim Muhajirin kemudian dengan non muslim atau kabilah lain agama lain yang ada di Madinah.
berikutnya adalah nabi melakukan penguatan-penguatan aspek atau sektor ekonomi terutama bagaimana kemudian kebijakan-kebijakan ekonomi dibangun dan juga di desain untuk membangun kesejahteraan dan memberikan keadilan yang merata bagi masyarakat kemudian aspek ketatanegaraan aspek politik ya bagaimana politik Islam itu bukan bukanlah politik yang dominatif tapi bagaimana Islam itu inspiratif Islam menjadi rujukan bukanlah politik yang dominatif tapi bagaimana Islam itu inspiratif Islam menjadi rujukan nilai-nilai Islam.
Rasulullah mampu untuk memberikan prasyarat negara bisa dikatakan sebagai masyarakat madani yaitu yang pertama yang bisa kita simpulkan adalah adanya demokrasi yang dipilih dan berkuasa secara demokratis. Jadi ada pilihan ada pemilu yang jujur yang berkaitan yang adil ya yang berkesinambungan dan juga masa jabatan dari pemimpin atau penguasa yang dibatasi saat ini kita tahu dibatasi untuk dua kali masa jabatan dalam bentuk jabatan yang sama satu jabatan yang sama untuk dua kali masa jabatan.
yang kedua adalah demokratik atau masyarakat sipil yang sanggup menjunjung tinggi nilai-nilai responsibility Dan juga bagaimana nilai-nilai ini itu kemudian bisa termanifestasi dalam kehidupan kita. dari hal ini maka bisa dikatakan prasyarat masyarakat madani dapat digambarkan sebagai berikut :
1.terpenuhinya kebutuhan dasar individu.
jadi masyarakat kemudian keluarga juga harus terpenuhinya dan juga kelompok dalam masyarakat yang lebih luas.
2.berkembangnya modal manusia atau  modal sosial atau sosial kapital yang kondusifÂ
tentunya bagi terbentuknya kemampuan untuk melaksanakan tugas-tugas kehidupan dan terjalinnya kepercayaan dan relasi sosial antar kelompok kemudian tidak adanya diskriminasi dalam berbagai bidang pembangunan dengan kata lain terbukanya akses terhadap berbagai pelayanan sosial dalam hal ini pemerintah itu wajib untuk kemudian mampu menyediakan sebuah kebijakan publik yang memberikan pelayanan publik yang tepat sasaran tepat guna efektif dan efisien serta non diskriminasi.
3.adanya hak kemampuan dan kesempatan bagi masyarakat dan lembaga-lembaga swadaya LSMÂ
terlibat dalam berbagai forum di mana isu-isu kepentingan bersama dan kebijakan publik dapat dikembangkan jadi elemen yang terpenting dalam masyarakat madani selain negara pemerintah ya yang berdaulat kemudian masyarakat sipil di dalamnya ada LSM pers seperti itu dan juga warga negara yang lain serta pasar atau usaha seperti itu itu harus saling bersinergi dan itu akan mampu untuk kemudian mewujudkan sebuah masyarakat yang kuat dan tangguh memiliki sosial capital dan modal sosial yang luar biasa.
4. adanya kohesivitas atau adanya kerekatan antar kelompok dalam masyarakat
tumbuhnya sikap saling menghargai akan perbedaan dalam aspek budaya dan juga kepercayaan atau agama kemudian terselenggaranya sistem pemerintahan yang memungkinkan lembaga-lembaga ekonomi hukum dan sosial berjalan secara produktif dan berkeadilan kemudian adanya jaminan kepastian dan kepercayaan antara jaringan-jaringan kemasyarakatan yang ada yang memungkinkan terjalinnya hubungan dan komunikasi antar mereka secara teratur terbuka dan terpercaya.
 Oleh karena itu bisa kita simpulkan pilar penegak masyarakat madani teman-teman yang pertama LSM adanya lembaga swadaya masyarakat yang kuat dan banyak. kemudian institusi sosial ini dibentuk swadaya berdasarkan kepentingan masyarakat dengan tugas membantu perjuangan aspirasi dan kepentingan masyarakat yang tertindas. mengadakan pemberdayaan masyarakat kata kuncinya adalah yang powerment atau pemberdayaan masyarakat.
Adanya pers yang kuat ya dan juga pers yang bebas tapi juga cerdas dan juga mencerdaskan atau edukatif. kemudian adanya supremasi hukum atau rule of Law yang kuat dan juga tidak diskriminatif kemudian perguruan tinggi kalangan intelektual peneliti dosen mahasiswa itu sinergis ya dan juga mampu menjadi agent of social change atau social control bagi kekuasaan.
 Dan yang paling penting juga ini yang sangat berat tantangannya bagaimana partai politik menjadi bagian penting juga untuk kemudian mampu menguatkan bangunan-bangunan yang ada tadi seperti itu jangan sampai partai politik kemudian terkooptasi atau tertundukkan oleh kepentingan oligarki kepentingan sesaat kelompok. dengan kata lain kita bisa mengatakan relasi antara umat adalah bersifat linier artinya upaya mewujudkan masyarakat madani pada hakikatnya juga mewujudkan kesejahteraan umat karena apa masyarakat yang berdaya masyarakat yang kuat masyarakat yang cerdas.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H