Para fans kpop atau kpoper khususnya SM stand lagi-lagi dihebohkan dengan keberadaan Kwangya yang ada di Jakarta belakangan ini. Kwangya adalah flagship store SM entertainment dimana store ini menjual berbagai macam album, lightstick, pernak-pernik berbau kpop dengan boyband atau girlband dibawah naungan SM Entertainment.Â
Kwangya Jakarta yang terletak di Lotte Shopping Avenue, Karet Kuningan Jakarta, konon di design berbeda dengan Kwangya pada umumnya dilihat dari tampilannya yang lebih menarik perhatian publik dengan mengusung konsep interaktif dengan design futuristik, linier dengan visi yang SM angkat yaitu "dunia kwangya". Â
Kwangya store dengan ukuran 400-600 m2 memiliki berbagai feature menarik di dalam nya seperti layar raksasa yang memutar musik video (MV) berbagai macam artis SM, lantai transparan yang dibawahnya dipajang beberapa lightick, album maupun printilan-printilan menggemaskan lainnya.
Antusiasme luar biasa dari para kpoper sangat nyata terlihat karena store ini tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan di jam bukanya, yaitu pada jam 10:00 WIB, sudah terlihat antrian yang mengular bukan main panjangnya.Â
Di Kwangya sendiri diberlakukan peraturan memasuki store dengan kapasitas masuk 30 orang dengan durasi maksimal 30 menit bagi setiap pengunjung. Ketika sedang menunggu antrian yang sudah berjalan 45 menit lamanya, penulis sempat bercengkrama dengan salah satu petugas dan betapa kagetnya mengetahui fakta bahwa sehari-harinya semenjak opening 3 Desember 2022 lalu, Kwangnya selalu menjadi store yang jarang sepi pembeli dengan jumlah pembeli 1.300 sampai 1,700 pengunjung setiap harinya.
Pengunjung yang berdatangan di Kwangya store Jakarta ternyata tidak hanya didominasi oleh penduduk yang tinggal di sekitaran Jakarta, tetapi beberapa berasal dari luar kota Jakarta sampai dengan mereka yang berbeda pulau. Berdasarkan hasil dari perbincangan dengan kak AT (20 tahun) yang berasal dari Medan, alasan dia rela mengantri 1 jam untuk mengunjungi Kwangya ialah karena ia ingin merasakan sendiri vibe atmosfer yang ada di Kwangya. Hal ini sudah lama menjadi wishilist destinasi yang kak AT miliki karena exposure tiktok yang bersliweran mengenai Kwangya store.Â
Tidak hanya berhenti disitu, Â WS (18 tahun) asal Solo menuturkan alasan dia berkunjung ke Kwangya ialah "Karena ingin membeli merchandise yang berasal langsung dari storenya karena hal ini memberikan kesan yang lebih satisfying aja, gitu". "Ditambah lagi mumpung besok ada konser The Dream Show 2, jadi hari ini sempetin aja mampir biar tau rasanya beli langsung di store Kwangya" ujar WS lagi. Ternyata memang benar bahwa yang berkunjung di Kwangya store tidak berhenti di warga Jakarta dan sekitarnya melainkan ada mereka-mereka yang berasal dari beraneka ragam daerah tempat tinggal yang berkumpul menjadi satu dibawah kekuatan kagum dengan idol kpop.
Meningat kembali fakta Kwangya Jakarta merupakan toko merchandise kpop terlaris di Jakarta dengan kisaran pengunjung per hari 1.300-1.700, apa sih yang sebenarnya ditawarkan di dalam store itu sehingga membuat Kwangya store Jakarta menarik dan gemar di kunjungi banyak insan ini?
Ternyata ada beberapa hal yang bisa dilakukan selagi mengunjungi Kwangya Jakarta yaitu:
- Kwangya Caf
Berkunjung ke Kwangya Caf dapat menjadi alternatif yang bisa dicoba karena ternyata Kwangya Caf terletak di dalam kwangya store dimana hal ini sangat beneficial baik bagi pihak store dan caf karena saling melengkapi dan aksesibilitas yang dangat dekat.Â
Tema yang diusung di Kwangya caf tentunya berhubungan erat dengan dunia kwangya itu sendiri terlihat jelas dari pembagian minumannya yang dikategorisasi menjadi coffee based, non-coffee, k-drink dan ice blended. Dari berbagai macam menu diatas yang palingdi andalkan di caf ini sendiri ialah sebuah minuman soda segar yang diberi nama ADE. Jenis minuman coffe based seperti caf pada umumnya terdiri dari varian americano (32k), caramel macchiato (50k), Â caffe latte (42k), dan lain-lain.Â
Sedangkan di jejeran non-coffe sendiri disuguhi dengan beberapa minuman seperti match bubble tea (50k), matcha latte (50k), Raspberry milk tea (45k), dan kawan-kawannya. Kemudian untuk barisan k-drink pengunjung dimanjakan dengan varian minuman seperti Injeolmi latte (40k), Ume plum tea (40k), dan Sikhye (40k). Untuk ragam minuman terakhir yang disajikan yaitu ice blended dengan jejerannya seperti Matcha crumble (60k), cotton candy (55k) dan bubble gummy (55k). Memang harganya tergolong lumayan karena pricelist yang pajang disesuaikan dengan harga minuman yang ditawarkan di Kwangya store Korea dan negara lain.
- Photobooth / photobox
Photobooth di Kwangya Jakarta akan berbeda dengan photobooth pada umumnya karena photobooth di Kwangya di penuhi dengan pernaik-pernik serta aksesoris lucu yang dapat mendampingi dan menghiasi momen fotomu. Photobox di kwangya berkisaran mulai dari 60.000 dan anda tidak perlu khawatir apabila hasil photobooth akan mengecewakan karena photobox di sini dilengkapi dengan penerangan / pencahayaan yang baik.
- Berbelanja merchandise
Tentunya tujuan utama bagi banyak orang mengunjungi tempat ini ialah untuk membeli merchandise langsung dari pihak store SM. Beragam merchandise yang ditawarkan seperti album, lightstick, photocard, season greeting, dan printilan-prinitlan lain berbau kpop terlihat sangat menggiurkan di tempat ini. "Sangat sulit untuk menahan diri dari godaan-godaan duniawi ketika banyak merchandise yang lucu-lucu kayak gini" tutur WA (18 tahun) yang bercerita selagi memilahi merchandise NCT Dream season greeting Candy version.
Di atas merupakan ulasan mengenai Kwangya store Jakarta yang dapat anda pelajari atau nikmati sebagai referensi sebelum berkunjung ke Kwangya store Jakarta. Saran dari penulis ialah membawa budget sesuai dengan budget list yang anda tetapkan sehingga apabila mengunjungi Kwangya store, anda tidak akan kalap dan tetap dalam jangkauan budget yang anda sudah targetkan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H