Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berkaitan dengan peningkatan kualitas pendidikan nasional Indonesia. Karena TIK sangat mampu menjadi fasilitator utama untuk meratakan pendidikan di Nusantara sebab TIK mengandalkan kemampuan pembelajaran jarak jauh (Sulaiman, 2012). Pemanfaatan TIK dalam pendidikan dapat dilakukan dengan memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran. Penggunaan TIK sebagai media pembelajaran memiliki beberapa manfaat antara lain sebagai berikut (Sulaiman, 2012).
1. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis
2. Mengatasi keterbatasan jarak, ruang dan waktu.
3. Menimbulkan semangat belajar.
4. Anak berkesempatan untuk dapat belajar mandiri sesuai dengan kemampuan visual, auditori dan kinestetik nya.
5. Memberikan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.
Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan media pembelajaran sebagai alat dalam penyampaian informasi pembelajaran agar penggunaannya bisa lebih terarah dan terperinci. Media yang dapat digunakan untuk pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat melalui pemanfaatan internet dalam e-learning, serta penggunaan komputer sebagai media interaktif.
1. Komputer sebagai media pembelajaran
 Menurut Arsyad (2005), komputer memiliki beberapa manfaat sebagai media pembelajaran antara lain sebagai berikut.
- Komputer dapat memberikan suasana belajar yang lebih afektif, sehingga dapat mengakomodasi siswa yang lamban menerima pelajaran.
- Animasi grafik, warna dan musik dalam komputer dapat merangsang siswa untuk mengerjakan latihan dan melakukan simulasi.
- Komputer mampu berinteraksi dengan siswa secara individual seperti bertanya dan menilai jawaban. Hal tersebut tergantung dengan tingkat penguasaan masing-masing siswa, karena bagaimanapun kendali komputer berada di tangan siswa.
- Komputer mampu merekam aktivitas siswa selama menggunakan program pembelajaran sehingga perkembangan setiap siswa dapat selalu dipantau.
- Komputer dapat digunakan untuk mengendalikan peralatan lain seperti CD interaktif, video dan lain sebagainya.
2. Pemanfaatan internet dalam pembelajaran
Terdapat tiga fungsi media termasuk internet dalam kegiatan pembelajaran, yaitu sebagai (1) komplemen (pelengkap), (2) supplemen (tambahan), atau (3) substitusi (pengganti) terhadap pelajaran sekolah (Siahaan, 2002). Menurut Siahaan (2002), beberapa keuntungan atau manfaat pembelajaran melalui internet yaitu sebagai berikut.
- Internet menjadi media yang membantu mewujudkan suasana belajar mengajar lebih efektif.
- Internet mampu mempermudah penyimpanan materi pembelajaran mutu belajar mengajar.
- Melalui internet beserta juga dapat memahami materi pelajaran dengan lebih baik.
3. Pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran
Menurut Wahono (2005), keuntungan menggunakan elearning dalam pembelajaran antara lain sebagai berikut.
- Lebih fleksibel karena siswa mampu mengakses e-learning kapan saja dan di mana saja.
- Menghemat waktu proses belajar mengajar.
- Biaya pembelajaran lebih hemat.
- E-learning mampu menjangkau wilayah geografis yang lebih luas.
Demikianlah pemanfaatan TIK dalam pembelajaran, yaitu dengan memanfaatkannya sebagai media. TIK sebagai media pembelajaran yaitu meliputi Komputer sebagai media pembelajaran, pemanfaatan internet, serta penggunaan e-learning dalam pembelajaran. Diharapkan, pemanfaatan TIK dalam pembelajaran dapat memberikan kemudahan dan kebermanfatan dalam pendidikan nasional Indonesia.
Daftar Pustaka
Agustian, I. (n.d.). Makalah TIK dalam Bidang Pendidikan. Retrieved from Academia.edu: https://www.academia.edu/39709045/Makalah_TIK_dalam_Bidang_Pendidikan
Aziz, N. (n.d.). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INTERNET DALAM PENDIDIKAN. 75-87.
Sulaiman, F. (2012, Oktober 6). MAKALAH TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN. Retrieved from Slideshare.net: https://www.slideshare.net/Chimpuchimtrex/peranan-tik-dalam-pembelajaran
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H