[caption caption="sumber : jancok.com"][/caption]
Kalau lagi fb walking..saya kadang heran melihat status orang yang baru ditulis lima menit tapi sudah di'like' ratusan orang. Apalagi kalau statusnya gak penting..misalnya.."laper..mau makan apa ya..? Â Bukannya sirik (#padahal iya... ). Kadang kepikiran juga sih, orang-orang yg ngasih jempol itu maksudnya apa ya..Sama-sama ngasih jempol apa sama juga tujuannya ?
Ternyata siang ini nemu artikel di metro yang pas banget menjawab rasa penasaran saya itu. Mari kita terawang atau analisis alasan orang ngasih jempol ke status facebook temennya.
1. The Trully Like
‘Like’ yang diberikan karena memang suka, simpati, mendukung atau setuju dengan suatu status. Pastinya ‘like’ tipe ini diberikan setelah orang membaca status tsb.
 2.  The Obligation Like
‘Like’ yang diberikan karena sebuah kewajiban saja karena orang yang membuat status tersebut sebelumnya sudah memberi jempol atau komentar di status fb kita
 3. The Duty Like
Tipe ‘like’ ini diberikan untuk status sahabat, keluarga, bos, gebetan, pacar atau orang terdekat kita. Nggak enak kalo nggak ngasih jempol, takut dikira gak solider atau gak perhatian lagi.
 4. The Tactical Like
‘Like’ tipe ini mungkin dilakukan tipe orang oportunis. Dimana dia memberikan jempol untuk pancingan aja, biar yang buat status like juga atau comment di statusnya sendiri.
 5. The Try To Look Clever or Cool Like
Biasanya tipe ‘like’ ini banyak muncul di status yang isinya quote-quote keren, tausiyah, kata-kata motivasi atau kisah inspiratif. Isi statusnya kadang panjang banget dan aslinya males baca, cuman biar kelihatan keren dan tahu, maka kasih jempol aja biar kelihatan pinter dan cool.
 6. The Sheep Like
Ini tipe ‘like’ ikut-ikutan. Pas lihat status dengan ratusan like, ikut-ikutan ngasih jempol juga tanpa baca apa isinya.
 7. The No Hard Feeling Like
‘Like’ yang diberikan secara sukarela tanpa maksud apapun, pokoknya Cuma like aja dan nggak mengharap balasan apa-apa (ikhlas pokoknya)
 8. The Accidental Like
Mau nya coba fb walking baca-baca status temen, eh nggak tau nya jempolnya kepleset di tombol jempol. Jadi nggak sengaja ngasih like..tapi mau unlike nggak enak hati
 9. The Pay Like
Ngasih like karena disuruh atau dibayar, misalnya karena orang yg buat status mau menang lomba ‘like’ terbanyak
10. The No Unlike buttonÂ
Aslinya nggak suka sama statusnya, pengen sebel atau marah tapi males komen. Mau vote nggak suka gak ada pilihan untuk Unlike, ya udah akhirnya malah klik 'like'
[caption caption="sumber : republik-gondes.blogspot.co.id"]
ya udah itu saja analisis yg nggak penting ini, semoga yang baca artikel bisa senyum-senyum sambil mikir, dirinya itu tipe jempolers yang mana.
Untungnya di kompasiana gak ada tombol like ya..jadi nggak perlu dianalisis
Â
-XOXO-
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H