Siapa yang enggak kenal Honda?
Pertanyaan di atas, kalau mau jujur, kalau ditanya,"Siapa yang enggak kenal Honda? Jawabannya sudah bisa dipastikan enggak ada yang enggak kenal Honda. Tulisan di Tirto.id di sini menguatkan kenyataan itu. Yaitu di beberapa daerah, motor disebutnya ya 'Honda'. Kendaraan umumpun kadang disebut dengan 'Honda'. Itulah saking terkenalnya Honda.
Apalagi bila kita mengamati bagaimana prestasi Motor Honda di kancah lomba-lomba motor, Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) selalu menunjukkan prestasinya yang luar biasa. Sebut saja Rheza Danica Ahrens.
Rheza Danica Ahrens, berdasarkan press release yang dikeluarkan oleh Astra Honda Motor, dinyatakan sebagai pebalap kebanggaaan AHRT. Bukan kaleng-kaleng, enggak main-main, Rheza, untuk kedua kalinya menyandang gelar juara Asia Road Racing Championship (ARCC) 2023 untuk kelas Asia Production (AP250). Ia menyabet gelar ini di Chang International Circuit, Buriram, Thailand di bulan Februari lalu, tepatnya di tanggal tiga belas.
Kemenangan Reza ini makin membuktikan (yang sebelumnya sudah sangat terbukti) betapa tangguhnya pebalap-pebalap AHRT ini. Astra Honda telah membuktikan sebagai 'raja'nya kejuaraan-kejuaraan Asia bergengsi di tahun 2023 ini. Pebalap-pebalap AHRT sebelumnya yang didapuk menjadi juara karena prestasinya, yaitu Veda Ega Pratama, yang merupakan juara Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2023 serta Decksa Almer Alfarezel, yang meraih juara Thailand Talent Cup (TTC) 2023.
Tradisi menjadi juara untuk AHRT masih ditunjukkan oleh kemenangan yang diraih oleh Veda di kelas AP250, sebagai penempat posisi pertama dan disusul oleh Herjun Atna Firdaus, yang meraih posisi kedua.
Prestasi mereka seperti telah disebutkan di atas melengkapi jumlah 104 podium yang telah diraih oleh Astra Honda di perhelatan ARRC untuk di semua kelas sejak tahun 2014, termasuk tiga klasemen teratas pebalap di musim 2023 sejak seri kedua pada bulan Mei.
Mereka bukan hanya membuktikan keandalan mengharumkan nama dan reputasi Astra Honda, tetapi juga nama bangsa dan negara Indonesia.
Melihat fenomena itu, saya mencoba berkaca pada diri sendiri. Eh, ternyata saya dan keluarga adalah penggemar merek Honda, dari motor, hingga mobil. Dan suer, pengalaman berkendaraan dengan Honda (baik motor maupun mobil), selalu mendapatkan kepuasan, belum pernah dikecewakan. Dan itu lho, bengkelnya banyak bener dan mudah didapat.
Untuk motor, saya pakai Honda Beat. Waktu mau beli dulu, sempat tanya-tanya ke teman ataupun kolega, jawabannya rata-rata sama,"untuk motor ya Honda. Mosok mau beli motor kok coba-coba sih." Ups... seperti iklan itu ya hehehe. Tapi memang bener sih, pengalaman membuktikan. Motor Honda sesuai dengan yang diiklankan. Motor Honda itu adalah motor yang kuat, irit di penggunaan BBMnya (walau saya pakai Pertamax), dan itu tadi, seperti yang telah saya sebutkan di atas, bengkel resminya, yaitu Bengkel AHASS, woakeh banget (Bahasa Jawa: banyak bener).
Pemilihan saya terhadap Beat, karena kebetulan yang sesuai dengan 'kantong saya' pada waktu itu, cocoknya dengan harga Beat. Walau untuk sepeda motor, Astra Honda mengeluarkan beberapa tipe, seperti jenis matic, sport, EV, Cub dan Big Bike. Pertimbangan saya waktu itu, Beat dulu lah, nanti mudah bila ingin upgrade.
So far, service di Bengkel AHASS enggak ada masalah, karena .... Tahu enggak, Astra Honda memiliki Service Advisor AHASS lho -- support system-nya Bengkel AHASS. Ini kelebihannya, yang membuat Bengkel AHASS berbeda dan memberikan dukungan semaksimal mungkin kepada para pelanggannya.
Pengalaman saya, sekarang kita tinggal download saja aplikasinya di Play Store dan kita akan terhubung dengan Honda untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Service Advisor AHASS menjadi bagian dari itu. Jadi akan terekam data motor kita kapan terakhir diservis dan kapan harus kembali diservis di Bengkel AHASS.
Bila kita sudah pernah servis di Bengkel AHASS, maka kita akan mendapat reminder (pengingat) melalui Whatsapp tentang jadwal kita harus ke bengkel AHASS lagi. Nah bila kita ke Bengkel AHASS, maka kita nanti akan ditemui oleh Service Advisor AHASS (SAA). SAA ini akan dengan baik melayani kita, menanyakan keluhannya apa (bila ada) serta kemudian memberikan solusinya, supaya motor Honda yang kita miliki selalu nyaman dikendarai, aman di jalan dan tidak menyulitkan si pemiliknya. Pokoke, gas grung-grung di jalan, aman lancaaaarrrr.
SAA-pun bisa didapatkan di aplikasi. Di situ, bila kita menemui masalah, kita bisa menemui ada layanan 24 jam -- melalui telpon. Ada juga bantuan/advise yang diberikan melalui email, dimana layanan ini diberikan pk. 07.30 s.d. 16.30 WIB. Jam pelayanan yang diberikan sama dengan bila kita meminta saran/bantuan melalui SMS. Sementara nomor telepon yang bisa dihubungi adalah 1-500-989.
Melihat prestasi-prestasi motor Honda serta apiknya after sales service dari Astra Honda, masih mau menggunakan merek lain? Kalau saya sih, melihat bagaimana Honda serius membuat customernya aman dan nyaman, tentu enggak akan deh pindah ke lain hati. I love Honda very much.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H