Mohon tunggu...
Bugi Kabul Sumirat
Bugi Kabul Sumirat Mohon Tunggu... Seniman - author, editor, blogger, storyteller, dan peneliti di BRIN

panggil saja Kang Bugi. Suka nulis, suka ngevlog, suka ndongeng bareng si Otan atau si Zaki - https://dongengsiotan.wordpress.com. 📝: bugisumirat@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Diary

Modem Orbit, Mau Beli Paket Data Kok Menyulitkan Sekali Ya?

18 Februari 2021   13:56 Diperbarui: 18 Februari 2021   14:52 16773
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sekitar pukul 2 dini hari tadi, saya mengalami masalah karena modem Orbit yang saya baru miliki sekitar dua mingguan ini paket datanya (pd)sudah mau habis dan saya masih memerlukan untuk berinternet. Akhirnya saya coba membeli pd 50 GB seharga rp. 80 ribu, melalui Briva dan juga kartu kredit. Ini pengalaman saya pertama membeli paket data. Keduanya gagal. Keterangan gagal yang muncul adalah 'gagal mengirim data. Maaf terjadi kesalahan pada sistem. Silahkan coba lagi.' Lalu di bawahnya ada tombol untuk coba lagi dan saya coba lagi hingga berkali-kali dan tetap saja tidak berhasil. Saya coba hubungi whatsapp Orbit dengan menyertakan skrinsut dari layar hp sebagai bukti kegagalan itu.

Karena lama tidak dijawab, akhirnya saya matikan peralatan dengan kesal.

Tadi pagi, sekitar pukul 6.20an, saya mencoba lagi untuk membeli pd, dengan kuota pd yang sama yaitu 50 GB. Tapi tetap tidak berhasil setelah beberapa kali dicoba. Namun terlihat di notifikasi bahwa yang gagal tadi pagi dinihari itu tercatat muncul sekilas di notifikasi (kalau untuk transaksi online virtual kan biasanya ada kode khusus yang akan dikirim nantinya). Sepertinya bisa, tapi kok yang muncul di layar  adalah 'gagal mengirim data' dan demikian berulang-ulang? Notifikasipun tidak dapat terbuka dengan sempurna, karena saat itu, kondisi tampilan aplikasi orbit blinking atau berkedip-kedip, tidak bisa terbaca jelas. Padahal saya sudah mencoba berganti menggunakan saluran internet dari mobile data, bukan dari orbit. Tetap gagal.

Sayapun kembali menghubungi wa Orbit (di situ baru terlihat bahwa setelah lama dimatikan saat dini hari tadi, baru keluhan saya direspon oleh staf Orbit - sdr. Putu). Permasalahan-permasalahan tersebut beserta skrinsut-skrinsutnya saya jelaskan detail ke petugas yang menjawab, sdri. Tania.

Tapi amazing, dialog-dialog saya dengan staf orbit ini sangat lama. Dengan total percakapan yang terjadi adalah sekitar 143 menit - 30an menit lagi mencapai tiga jam dan permasalahan tidak selesai (dapat dilihat pada percakapan melalui wa tersebut), dan saran-saran yang perlu dilakukan sudah saya lakukan - seperti lewat website, dan tidak selesai juga permasalahannya. Cukup menjengkelkan untuk saya mengalami ini, padahal modem orbit masih relatif baru, sedang perlu internet, kok susah sekali mau beli paket data saja. Akhirnya balik lagi, penyelamat adalah mobile data.

Pengalaman saya menunjukkan bahwa si petugas menghabiskan waktu yang lama untuk menjawab setiap pertanyaan dan tidak selalu menjawab apa yang ditanyakan. Terkesan pula si petugas kurang menguasai tentang aplikasi orbit itu, sehingga kadang membuat bingung saya dalam berdiskusi.

Kejengkelan yang saya alami bertambah setelah permasalahan ini dilemparkan ke 'tim terkait' dengan nomor pelaporan #87602, dan barusan saya menerima email dari Tim Orbit yang menyatakan bahwa 'tidak ada kendala dalam melakukan pembelian paket data. Untuk pengecekan lebih lanjut, silakan untuk infokan video recording saat melakukan pembelian sampai dengan mengdapatkan kendala tersebut.'

Luar biasa, sangat njelimet sekali. Dan tetap tim terkait ini tidak dapat menjawab pertanyaan saya, mengapa saya mengalami kesulitan berulang kali saat akan melakukan pembelian paket data. Apa 3 jam saya diskusi dengan staf anda itu tidak anda tidak menemukan dimana permasalahannya? Pengalaman luar biasa untuk saya yang sangat-sangat membuang waktu saya dan emosi saya. Ditambah lagi saya diminta harus membuat video recording seperti diatas. Sorry, I don't have time for that dan semua informasi dan skrinsut sudah saya sampaikan kepada mbak Tania, petugas Orbit anda.

Saya sampaikan lewat sini saja ya keluhan saya. Harapan saya, ada yang bisa membantu memecahkan kesulitan yang saya alami, dan inginnya sih saya modem Orbit itu dikembalikan saja - dipotong harganya juga nggak apa-apa daripada ribet begini. Tapi mbak Orbit di wa dengan cepat sudah merespon pertanyaan saya ini dengan ucapan,"mohon maaf setelah kami bantu cek untuk Orbit yang kakak miliki sudah melebihi 7hari kerja jadi kami hanya dapat membantu butakan laporan .....' Mudah2an ada kebijakan lain ya dari Orbit.

Demikian keluhan saya, semoga ada solusinya dari Orbit, yang tidak menyulitkan customer. Dan semoga mengisi pd Orbit ke depan tidak sesulit ini. Terus terang, saya merasa tidak nyaman sekali hari ini terkait permasalahan dengan modem Orbit yang saya miliki, disamping yang jelas, membuang banyak waktu saya.

Terima kasih.  

Gagal saat menggunakan website (dokumentasi pribadi)
Gagal saat menggunakan website (dokumentasi pribadi)
dianggap tidak bermasalah? (dokumentasi pribadi)
dianggap tidak bermasalah? (dokumentasi pribadi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun