Mohon tunggu...
Budiman
Budiman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Penulis. Menyukai berbagai bidang pekerjaan yang menambah ilmu pengetahuan dan mendapatkan pengalaman.

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Cerpen || Melodi Jalanan Jakarta

10 Februari 2024   09:00 Diperbarui: 10 Februari 2024   09:11 66
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Musisi Jalanan (Sumber: Pixabay.com/Alexa)

Di jalanan Jakarta yang ramai, dimana detak jantung kota bergema di setiap sudut, terdapat komunitas yang dinamis dan sering diabaikan -- para musisi jalanan. Di tengah hiruk pikuk lalu lintas dan keramaian, melodi mereka merangkai permadani suara yang unik, menangkap esensi semangat kota.

Temui Dika, seorang musisi muda dan penuh semangat dengan gitar tersandang di bahunya dan mimpinya seluas cakrawala kota. Dibesarkan di tengah hiruk pikuk perkotaan Jakarta, Dika menemukan ketenangan dan tujuan dalam chord dan lirik lagu favoritnya.

 Sejak usia sepuluh tahun, dia berkeliaran di jalanan dengan gitar di tangan, menyenandungkan orang yang lewat dengan melodi yang berbicara tentang cinta, kehilangan, dan indahnya hidup.

Setiap pagi, saat matahari terbit di cakrawala kota, Dika memulai perjalanan musiknya, melewati labirin gang-gang dan jalan raya yang menjadi bagian dari panggungnya. Dengan suara sehalus sutra dan jemari yang menari tanpa susah payah di senar gitarnya, ia memikat perhatian dan hati semua orang yang melintasi jalannya.

Dari hiruk pikuk pasar Tanah Abang hingga taman Menteng yang tenang, musik Dika menjadi soundtrack yang akrab dengan irama kehidupan sehari-hari di Jakarta. Dia bermain dengan semangat dan tujuan, mencurahkan hati dan jiwanya ke dalam setiap nada, melampaui bahasa dan budaya untuk menyentuh hati para pendengarnya.

Namun kehidupan sebagai musisi jalanan bukannya tanpa tantangan. Dika menghadapi kesulitan dan kesulitan di setiap kesempatan, mulai dari cuaca buruk hingga penonton yang acuh tak acuh. 

Namun, melalui semua itu, ia tetap teguh dalam mengejar impian musiknya, mendapatkan kekuatan dari dukungan yang tak tergoyahkan dari rekan-rekan musisi dan ketangguhan semangatnya.

Saat matahari terbenam di bawah cakrawala dan lampu-lampu kota mulai menyala, Dika mendapati dirinya berada di tempat favoritnya -- persimpangan yang ramai di jantung kota Jakarta. 

Dikelilingi oleh simfoni klakson dan kerumunan orang yang ramai, ia mulai bermain, melodinya menjulang di atas kekacauan seperti mercusuar harapan dan keindahan.

Dan kemudian, sesuatu yang ajaib terjadi. Orang-orang menghentikan langkah mereka, langkah kaki mereka yang tergesa-gesa melambat menjadi goyangan lembut saat mereka mendengarkan melodi yang memenuhi udara. Orang asing menjadi teman, berbagi senyuman dan cerita sambil menikmati hangatnya musik Dika. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun