Mohon tunggu...
Budi Saputra
Budi Saputra Mohon Tunggu... Penulis - Guru SMA Al Azhar Syifa Budi Pekanbaru

Writer

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Sharp Indonesia, Jalan Terang Produk dan Lestarinya Bumi

15 Mei 2023   13:00 Diperbarui: 15 Mei 2023   13:06 257
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kemajuan di berbagai lini kehidupan Tanah Air hari ini, telah memudahkan kita dalam melakukan berbagai aktivitas terbaik. Mulai dari lingkup keluarga, hingga lingkup kehidupan sosial masyarakat, kita dimanjakan oleh berbagai alat-alat elektronik atau alat-alat teknologi muktahir yang dihasilkan oleh berbagai perusahaan. 

Salah satu perusahaan yang terkenal menghasilkan  produk elektronik terbaik adalah PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) atau lebih dikenal dengan sebutan Sharp Indonesia. Perusahaan  yang berdiri pada tahun 1970 ini, sejatinya adalah pengembangan sayap atau ekspansi bisnis dari Sharp Corporation  yang berdiri di Jepang pada tahun 1912.

Dalam membangun imperium dan ekspansi bisnisnya, Sharp Indonesia jelas memiliki berbagai perhitungan yang matang.  Selama 53 tahun berdiri dengan nilai luhur kreativitas dan kejujuran, Sharp Indonesia telah memproduksi  jutaan  unit produk seperti mesin cuci, kulkas, AC, televisi, dan lain sebagainya. Bahkan perusahaan yang dipimpin Shinji Teraoka ini,  menorehkan  tinta emas sejarah atas raihan fenomenal di tengah masa pandemi lalu. Di mana  kala itu, Sharp Indonesia berhasil menembus angka 10 juta unit produksi mesin cuci  per Juli 2021. Adapun  awal perjalanan produksi mesin cuci Sharp di Indonesia, dimulai pada tahun 2008 di Pulogadung, Jakarta Timur.

Raihan Sharp Indonesia dalam memproduksi alat-alat elektronik terbaik, tentu saja  berbanding lurus dengan penghargaan yang membanjiri perusahaan yang mengusung konsep Super Green Factory ini. 

Melalui  CSR yang berkonsep CARES  (Creativity, Attention, Recovery, Earth & Sincerity), Sharp Indonesia fokus memberikan perhatian pada bidang pendidikan, sosial, kesehatan, dan lingkungan. Bahkan terkhusus di bidang lingkungan, maka sejak mengusung konsep Takumi yang ditandai dengan berdirinya pabrik Sharp Takumi Factory di Karawang tahun 2013, jalan terang Sharp Indonesia untuk peduli pelestarian lingkungan  makin terbuka lebar. Hal ini bisa dilihat dari didirikannya komunitas Sharp Greenerator pada tahun 2015. 


Green Marketing untuk Merawat Bumi 

Selama 53 tahun mengibarkan panji perjuangan, Sharp Indonesia  terus bertransformasi dan berinovasi dalam menciptakan produk terbaiknya. Untuk mencapai semua itu, maka dalam pandangan saya, boleh jadi selain memakai konsep Super Green Factory, Sharp Indonesia memegang teguh nilai Green Marketing dari segenap ekosistem bisnisnya. 

Sharp Indonesia tidak saja  sekedar menghasilkan produk dan meraup keuntungan semata. Tapi lebih dari itu, Sharp  Indonesia adalah pioner dalam upaya menjaga dan merawat bumi yang dimulai dari konsep individu yang sadar lingkungan, pabrik ramah lingkungan, produk ramah lingkungan, hingga program-program CSR yang peduli  lingkungan.     

Sumber: pixabay.com
Sumber: pixabay.com

Mewujudkan perusahaan hijau yang memberi banyak manfaat bagi manusia dan kelestarian lingkungan, sungguh adalah jati diri Sharp Indonesia yang mengkristal dari nilai luhur perusahaan. 

Lihat saja konsep Sharp Takumi Factory, di mana pabrik ramah lingkungan benar-benar diterapkan yang ditandai dengan pemasangan 360 solar panel yang menghasilkan energi listrik sebesar 66.000 watt,  menerapkan desain atap Skylight sehingga dapat mengurangi penggunaan lampu di siang hari, serta Zero Waste Management dengan melakukan pengolahan limbah organik dan B3, serta pemanfaatan barang sisa produksi.  

Di sisi lain, Sharp Indonesia pun memanfaatkan lahan pabrik  dengan membangun Sharp Mini Forest yang  memiliki koleksi tanaman hias, buah-buahan, sayur hingga tanaman pohon langka dari berbagai daerah di Indonesia.

Dari produk yang dihasilkan, Sharp Indonesia jelas dikenal menghasilkan produk ramah lingkungan, sadar kesehatan dan hemat energi. Hal ini bisa dilihat dari teknologi Plasmacluster  pada AC, kulkas, maupun air purifier dengan freon R-32 yang aman bagi ozon, serta membersihkan udara secara maksimal serta bebas dari virus  dan bakteri.

Kemudian setelah memproduksi produk ramah lingkungan, Sharp Indonesia benar-benar  merespon situasi dan kondisi terkait pemanasan global, penipisan lapisan ozon, emisi karbon, dan isu lingkungan lainnya. Bagi Sharp Indonesia, pelestarian lingkungan adalah keniscayaan. Di mana  generasi bangsa  adalah aset berharga yang tiada henti mengisi gerbong  nilai luhur perusahaan.

Melalui Sharp Greenerator, Sharp Indonesia senantiasa  bersinergi  dengan berbagai pihak dalam memberikan dampak positif terhadap pelestarian lingkungan dan kesejahteraan masyarakat. 

Pada peringatan Hari Bumi,  Hari Ozon Sedunia, Hari Lingkungan Hidup, atau Hari Pohon Sedunia misalnya. Di mana pada kesempatan ini, Sharp Indonesia  kerap  melakukan  pendidikan dini lingkungan dan teknologi di sekolah, serta melakukan berbagai kampanye peduli lingkungan. 

Sharp Indonesia tak ubahnya bagai sebatang pohon yang kuat.  Di mana akarnya adalah nilai luhur perusahaan, batangnya, daun hingga ranting adalah langkah nyata dalam konsep Green Marketing, serta buahnya adalah kualitas produk dan kepercayaan masyarakat yang sadar akan pentingnya memakai produk yang ramah lingkungan.       

Jalan Terang Produk dan Peradaban

Dari setiap produk ramah lingkungan yang sampai ke tangan konsumen, maka  itu sama artinya Sharp Indonesia  bagai membuat aliran mata air yang jernih lagi menyejukkan. 

Selama  53 tahun mewarnai kebutuhan masyarakat akan alat-alat elektronik, maka selama itu pula Sharp Indonesia tak ubahnya bagai membangun sebuah teritorial berwarna hijau layaknya paru-paru dunia, yang dengan tulus menawarkan  produk dan peradaban yang  terang dan sarat nilai peduli lingkungan.

Bagi konsumen yang mendapat mata air itu, maka baik disadari atau tidak, ia sesungguhnya telah menjadi bagian dari peradaban Sharp Indonesia yang visioner dan tak henti menyuarakan isu-isu pelestarian lingkungan. 

Setidaknya  ada  pertumbuhan empat komponen penting yang senantiasa diperhatikan Sharp Indonesia dalam ekosistem bisnisnya: yaitu pertumbuhan produk, pertumbuhan konsumen, pertumbuhan komunitas masyarakat yang sadar lingkungan, serta pertumbuhan pohon yang begitu krusial dalam membantu mengurangi efek pemanasan global, abrasi pantai, banjir dan tanah longsor.  

Terkhusus  penanaman pohon, bahkan pada peringatan ulang tahun Sharp Corporation  yang ke-110 tahun pada 2022 yang lalu, Sharp Indonesia menggelar program penanaman 11.000 pohon di lahan sepanjang aliran sungai Citarum desa Wadas, Sungai Cibeet desa Parungsari, Sungai Citarum desa Adiarsa, dan  Pegunungan Loji kecamatan Tegal Waru. Penanaman 11.000 pohon terdiri dari tiga jenis pohon, yaitu Mahoni sebanyak 4.000 pohon, Sengon sebanyak 3.000 pohon, dan Akasia sebanyak 4.000 pohon.

Melihat jumlah pohon yang ditanam, ini tentu jumlah yang luar biasa dan sama artinya membangun aset yang tak ternilai harganya. Melalui Sharp Greenerator, Sharp Indonesia senantiasa membuka pintu selebar-lebarnya bagi generasi muda  untuk berperan serta, dan aktif dalam pelestarian lingkungan.  Menarik kita tunggu gebrakan hijau selanjutnya pada  tanggal 15 September 2023 nanti. Di mana hari itu,  adalah hari kala Sharp Corporation memperingati hari jadinya yang ke-111 tahun.        

Budi Saputra. Lahir di Padang. Ia menulis di berbagai media massa seperti Lampung Post, Suara Merdeka, Rakyat Sultra, Kompas, dan Koran Tempo. Diundang pada Ubud Writers and Readers Festival 2012. Sekarang ia mengajar di SMA Al Azhar Syifa Budi Pekanbaru.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun