Mohon tunggu...
Budiman Hakim
Budiman Hakim Mohon Tunggu... Administrasi - Begitulah kira-kira

When haters attack you in social media, ignore them! ignorance is more hurt than response.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Cerpenting #1

5 Maret 2017   22:37 Diperbarui: 6 Maret 2017   08:00 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hahahahahaha… semua orang ketawa ngedenger pertanyaan Reyno, termasuk suster-suster yang berada di ruangan. Tentu aja kami semua ngerti pertanyaan itu. Reyno cuma mau tau apakah Vina melahirkan dengan cara normal atau caesar.

Kocak banget kan omongannya? Jarang loh, ada orang yang mempunyai kemampuan kayak gitu, padahal menarik sekali buat yang ngedengernya? Dengan memilih sebuah kata yang ga umum lalu meletakkannya dalam sebuah konteks, maka kata itu tetap mudah dimengerti. Nah, dengan cara itu, tanpa disadari kita udah memiliki kemampuan untuk memaknai sendiri sebuah kata yang ingin diucapkan.

Kemampuan mempermainkan kata memang perlu dilatih, terutama bagi mereka yang ingin jadi penulis atau pengen jadi penulis handal. Kalo mau tulisan kita jadi unik, maka kemampuan mengekspresikan diri dengan menggunakan kata-kata ga umum, perlu kita kuasai dengan baik.

Dengan memilih kata yang tidak biasa, penyampaian kalimat Reyno sepertinya terlihat ngelantur tapi kalo kita bisa menangkap maksud yang ada di baliknya, kalimat itu justru akan terlihat cerdas dan efek yang ditimbulkan pun akan terasa lebih kaya dan bersayap. Dan akhirnya bisa lebih memperkaya makna sebuah kata.

Penggunaaan kata yang ga disangka-sangka akan memberi ciri khas pada tulisan kita. Sebuah tulisan ga akan pernah menarik kalo kita ngikutin gaya penulis orang lain, ga peduli seterkenal apapun orang itu. Gaya tulisan akan terbentuk hanya kalo kita menjadi diri sendiri dan menulis dengan karakter kita sendiri.

Buat saya omongan orang yang ngelantur sangat inspiratif. Saya seneng banget kalo punya temen yang ngomongnya suka ngelantur. Apalagi kalo kita sama-sama kerja di bisnis ide, wah..paling enak tuh brainstorming sama orang kayak gitu. Biasanya ide-ide segar langsung mengucur deras begitu saja seperti air yang ke luar dari kran. Sumpe!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun