Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Lainnya - Bukan Guru

Best in Citizen Jounalism dan People Choice Kompasiana Awards 2024, yang teteup bikin tulisan ringan-ringan. Males mikir berat-berat.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hasilkan 48 Kreator Konten, JNE Mendorong Ekonomi Kreatif Indonesia

25 Juli 2023   17:08 Diperbarui: 25 Juli 2023   17:21 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemenang Content Competition 2023 by Zoom

JNE mengadakan Awarding Content Competition 2023 di Jakarta Selatan, pada Senin 10 Juli 2023. Event ini merupakan acara penghargaan kepada kreator konten pemenang JNE Content Competition 2023.

Demi mendorong ekonomi kreatif, JNE selenggarakan Content Competition. JNE Content Competition 2023 telah menelurkan 48 kreator konten beragam kategori, yang merupakan sosok inspiratif dan inovatif dalam menghasilkan karya-karya kreatif.

JNE turut aktif mendorong perkembangan ekonomi kreatif Indonesia, dengan menyelenggarakan JNE Content Competition. Melibatkan masyarakat umum, content creator, jurnalis, pelajar/mahasiswa, bahkan karyawannya untuk menggagas konten kreatif.

Tidak sekadar usaha pengiriman barang, JNE berkembang menjadi entitas bisnis yang mengusung tagline Connecting Happiness. Menghubungkan kebahagiaan bersama berbagai pihak (pelaku UMKM, pelanggan, mitra usaha), termasuk mereka yang terlibat dalam industri kreatif.

"JNE sebagai sebuah organisasi akan selalu mendukung industri kreatif," seru Eri Palgunadi, Marketing Group Head JNE.

Dengan tema JNE Bangkit Bersama, JNE menyuburkan energi positif dan sikap optimis agar masyarakat Indonesia adaptif dengan perkembangan zaman dalam menelurkan karya, terus maju pantang mundur, dan senantiasa melakukan inovasi dengan beragam program kolaborasi.

Usai menggelar JNE Content Competition 2023 dalam rangka merayakan usia JNE 32 tahun, JNE mengumumkan 48 pemenang dalam 4 kategori utama melalui JNEWS Online, akun @JNE_ID, dan situs Kumparan, pada Selasa tanggal 4 Juli 2023.

Menutup JNE Content Competition itu, JNE mengadakan Awarding Content Competition 2023 di Rumah Wijaya Deep Space, Jl. Wijaya V no. 6, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Senin 10 Juli 2023.

Acara yang dipandu oleh MC Ario Astungkoro berlangsung secara hybrid, gabungan antara pertemuan langsung bertatap muka dan melalui saluran digital. Menghadirkan:

  • Joshua Puji Mulia Simanjuntak selaku Staf Khusus Menteri Bidang Produktivitas, Nilai Tambah, Kekayaan Intelektual dan Daya Saing, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia
  • Soeprapto, Presiden Direktur JNE.
  • Eri Palgunadi, Marketing Group Head JNE.
  • Para juri yang terdiri dari Maman Suherman, Martha Suherman, dan Ario Anindito.
  • Dan mengundang 48 pemenang JNE Content Competition 2023.

Dalam kesempatan Awarding Content Competition 2023 tersebut, Joshua Puji Mulia Simanjuntak dari pihak Kemenparekraf RI mengapresiasi penyelenggaraan JNE Content Competition ke-10. JNE, yang usaha utamanya adalah bidang logistik, telah memberikan perhatian penting kepada dunia kreatif. JNE memberikan ruang kreativitas bagi masyarakat dalam kategori literatur, foto, video, dan desain.

Dalam penutupnya, Joshua mengatakan bahwa JNE membuat kerjasama dengan melakukan terobosan-terobosan kepada stakeholder, termasuk Pemerintah. Memberikan inspirasi dan kontribusi positif bagi pelaku industri kreatif agar lebih kompetitif.

Para pemenang merasakan energi positif ini. Mereka sangat berterima kasih kepada JNE atas penyelenggaraan JNE Content Competition. Tahun depan akan lebih bersemangat untuk mengikuti event serupa.

JNE Content Competition 2023 merupakan event ke-10, mengangkat tema "Semangat Bergerak Bangkit Bersama". Sebuah simbolisasi dari progres, pertumbuhan, pergerakan, dan perjalanan perusahaan.

Dengan itu JNE menyemai dan menaburkan energi positif dan sikap optimis kepada masyarakat Indonesia. Untuk terus maju, berlaku adaptif dalam menghasilkan karya, dan mampu mengembangkan inovasi dalam berbagai agenda kegiatan kolaboratif.

JNE Content Competition 2023 digelar sejak tanggal 3 Februari hingga 3 Mei 2023, dalam rangka menyemarakkan ulang tahun JNE 32 Tahun.

Perlu diketahui, JNE didirikan pada tahun 1990. Perusahaan nasional dengan fokus usaha pada jasa pengiriman dan pendistribusian, atau lazim disebut sebagai perusahaan logistik. Dalam perkembangannya, JNE meluaskan usaha kepada bidang:

  • PESONA atau jasa Pengiriman Makanan Khas Daerah.
  • Jasa kepabeanan.
  • Penjemputan di Bandar Udara.
  • Pengiriman uang atau penyelesaian money remittance.

Dalam tahun-tahun selanjutnya JNE berkembang pesat seperti dapat dilihat sekarang. Meliputi: bidang logistik dan kurir ekspres, pergudangan, kargo, pengiriman jalur darat, kiriman laut dan udara, aplikasi trace tracking barang kiriman, transaksi digital, free pick up, cash on delivery (COD) system, warehouse management system sebagai solusi lengkap untuk UMKM seluruh Indonesia, Mega Hub (Automatic Sorting Center and Gateway System) di Bandara Soekarno -- Hatta.

Terinformasi, saat ini JNE memiliki jaringan di 8.000 titik layanan, untuk mendorong kemajuan UMKM dan meningkatkan perekonomian Indonesia.

Sebagai entitas bisnis skala besar dengan jangkauan layanan yang sedemikian luas, tidak mengherankan JNE berkomitmen mendukung kemajuan ekonomi kreatif di Indonesia. Hal ini sesuai dengan tagline Connecting Happiness, menghubungkan kebahagiaan agar bisnis menjadi kreatif.

Palgunadi, Marketing Group Head JNE menegaskan, JNE akan selalu memberikan kontribusi secara nyata kepada kemajuan perekonomian Indonesia, dengan menggandeng pelaku UMKM, para pelanggan, dan mitra usaha.

JNE Content Competition bukanlah kegiatan baru. JNE Content Competition 2023 merupakan event ke-10 terhitung dari tahun 2011. Satu wujud komitmen JNE untuk turut mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia.

Respons masyarakat pun luar biasa. Kesepuluh event itu telah diikuti oleh 3.000 peserta dari seluruh Indonesia, yang menghasilkan karya inovatif sebanyak 6.300 item.

Dengan demikian terang sudah, JNE sebagai perusahaan yang bergerak di bidang logistik telah turut memberikan kontribusi, mendorong kemajuan ekonomi kreatif Indonesia melalui JNE Content Competition.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun