Mohon tunggu...
Budi Susilo
Budi Susilo Mohon Tunggu... Lainnya - Bukan Guru

Nulis yang ringan-ringan saja. Males mikir berat-berat.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Chicken Teriyaki dengan Saus Kreasi Sendiri

30 Desember 2020   05:57 Diperbarui: 30 Desember 2020   05:59 586
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi patty goreng dan sayuran disiram saus teriyaki (dokumen pribadi)

Pada ranumnya senja di sebuah restoran "gaul" di tepi jalan alias warung tenda, putri saya memesan makanan yang saat itu sedang populer, chicken teriyaki. Saya sendiri memilih nasi goreng yang mudah ditelan.

Waktu itu, mungkin sampai sekarang, banyak warung kaki lima yang menawarkan olahan yang biasa tersedia di restoran, semisal chicken atau beef teriyaki, katsu, spaghetti, steak.

'Rasa hotel bintang lima, harga kaki lima' merupakan tagline yang kerap digaungkan. 

Warung-warung tenda itu mengusung makanan restoran ke tepi jalan dengan harga bersahabat. Tanpa dikutip pajak pula.

Setelah tiga suapan, putri saya menyuguhkan wajah kecewa, "kayak semur! Gak seperti di tempat bapak dulu."

Terlihat tampilan ayam teriyaki berwarna coklat pucat berkuah encer, membujur lemas seperti ayam sayur.

"Tetap dihabiskan ya, dimakan pelan-pelan saja." Sementara itu, isi piring nasi goreng nyaris tandas. Memang bagi saya hanya ada dua macam makanan: enak dan enak sekali.

Pikiran melayang ke tahun 2000-an, Chef di tempat yang saya kelola membuat racikan sendiri saus teriyaki. Cita rasanya enak sekali, bahkan saya tidak pernah bosan melahapnya.

Takaran persisnya tidak diketahui, namun saya masih mengingat komposisi pembentuknya.

Rasanya pun berbeda dengan saus teriyaki instan (sasetan) di warung sekitar rumah yang terasa penyedap artifisial 

Tidak ada salahnya saya mencoba meracik saus sendiri sekaligus membuat chicken teriyaki.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun