Mohon tunggu...
Bubup Prameshwara
Bubup Prameshwara Mohon Tunggu... Operator - Uyeah

Kadang saya memikirkan apa yg terjadi di indonesia ini, sungguh bikin "miris". Tapi kadang saya juga merasa tak ada gunanya memikirkan apa yg sedang saya pikirkan :O

Selanjutnya

Tutup

Money

Persaingan Duo Keripik Pedas Maicih

8 Oktober 2011   10:31 Diperbarui: 4 April 2017   18:02 487
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa yang anda pikirkan bila mendengar kata "Maicih" ?


Ya, kebanyakan orang akan langsung berpikir melayang kepada keripik pedas asal Bandung yang sangat fenomenal setahun belakangan ini. Orang langsung akan membayangkan keripik yang sangat digandrungi masyarakat (utamanya anak muda, biasalah "kortra" korban tradisi, gaul gitu loh) dan sulitnya mendapatkan keripik tersebut. Demi mendapatkan keripik harus rela berjubel antri dan harus memantau via twitter, serta beberapa kefenomenalan lainnya. Berhubung saya pribadi tidak terlalu jadi "heri" (heboh sendiri), saya pun mencoba menyimak fenomena Maicih ini dari segi ekonomi dan tidak terlalu mengikuti arus yang harus ikut-ikutan berjubel berebut Keripik Maicih yang lagi ngetrend.


"Duo Maicih" sama-sama melaju


Bagi masyarakat yang hanya terobsesi dengan nama tenar Keripik Maicih, mungkin keinginannya hanyalah bagaimana caranya untuk mendapatkan keripik tersebut. Bahkan banyak diantara mereka tidak mengetahui mengenai tentang adanya dua pemilik Maicih yang sama-sama bergelut di bidang perdagangan keripik pedas ini. Berikut adalah hasil penelusuran dalam dunia perkripikan Maicih yang menitik beratkan pada segi ekonomi.


1. Maicih versi Bob Merdeka


Lelaki asal Bandung yang memiliki nama asli Dimas Ginanjar Merdeka ini banyak disebut sebagai pendiri Keripik Maicih. Bob sendiri mengatakan secara terang-terangan bahwa usaha ini dirintis secara kekeluargaan, yakni Dimas Ginanjar (Direktur CV Maicih) yang merupakan anak pertama, Arie Kurniadi (Menteri Pangan Maicih) anak kedua, dan Reza Nurhilman (Presiden Maicih) anak bungsu. Karena perbedaan konsep dan visi, maka pecahlah usaha keluarga ini. Usaha Bob berjalan dengan logo Maicih yang menghadap ke depan dibawah bendera CV Maicih, sedangkan Reza dan Arie membesarkan nama Maicih dengan logo Maicih yang menghadap ke samping dibawah bendera Maicih (kini PT Maicih).


Bob sendiri menjelaskan bahwa nama Maicih adalah nama fiktif guna merepresentasikan sosok yang terkesan "nyunda" dan mampu mengangkat sesuatu yang tradisional (keripik) menjadi lebih modern dan menaikkan nilai ekonomi. Bob juga menjelaskan bahwa usahanya juga tak hanya "money oriented" namun juga turut berperan aktif dalam melestarikan lingkungan, kebudayaan, dll. Resep keripik ini berawal dari kegemaran Bob menyantap keripik pedas, lalu iseng menjual keripik tersebut di kampus dan ternyata laku. Naluri bisnis pun tergerak, daripada harus beli ke tempat tersebut lebih baik memproduksi sendiri dengan berbagai inovasi dan kreasi. Tak heran, hingga kini Bob benar-benar tak hanya mengejar target penjualan semata, namun lebih menjaga kualitas produk dan distributor yang memasarkannya. Hingga kini tak kurang hingga 5000 bungkus permintaan dari pasar tiap harinya.

web : www.maicih.com

twitter :

@maicih

@bobmerdeka


2. Maicih versi Axl


Axl (bukan vokalis GnR) atau yang memiliki nama asli Reza Nurhilman adalah sosok Presiden PT Maicih yang berkibar dengan logo Maicih yang menghadap ke samping. Berbeda dengan versi Bob, Axl mengatakan bahwa resep keripiknya berawal dari dirinya ketika ke Cimahi bertemu nenek-nenek jualan keripik pedas yang enak rasanya, akhirnya Axl membuat keripik dari resep nenek-nenek tersebut. Nama Maicih dipilih juga fiktif berdasarkan deskripsi nenek-nenek tersebut, meski nenek tersebut bukan bernama Maicih.


Maicih versi Axl ini pun sangat berkembang cepat dengan sistem perekrutan member untuk mengembangkan sayapnya usaha Keripik Maicih. Hingga kini pun omzet bulanan dapat mencapai 4 milyar dengan banyaknya jaringan di Indonesia. Perekrutan ini pun cukup unik dalam hal penamaan. Pemilik yang bertitel "presiden", distributor di daerah yang bertitel "jenderal", dan proses rekrutmen yang bernama "akademi jenderal maicih".

web : www.maicih.co.id

twitter :

@infomaicih

@axltwentynine


Dibanding Maicih versi Bob, versi Axl inilah yang paling getol untuk melebarkan jaringan dengan merekrut Jenderal (distributor) sebanyak-banyaknya di beberapa kota, edangkan Bob sendiri lebih memilih meningkatkan kualitas keripiknya dengan mendaftarkan ke Depkes, BPOM, dan sertifikasi halal dari MUI. Bob juga mengatakan, "Maicih memang tokoh fiktif yang tidak nyata. Tapi kefiktifannya mengantarkan banyak hal abstrak mewujud nyata. Passion, kebaikan dan kearifan lokal yang tersimpan dalam seni-budaya, rasa pedas, adalah sesuatu yang tak mempunyai bentuk konkret, tapi hidup dan menghidupkan".


sumber : disedot dari berbagai sumber

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun