Dalam dunia sepak bola suporter merupakan pemain ke 12 dari sebuah tim kesebelasan.Â
Suporter berangkat dari budaya kolektif yang dimana menurut Samovar, Porter, McDaniel, & dkk, (2017) budaya kolektif ini memerlukan ketergantungan emosi yang lebih besar dibanding dengan masyarakat individualisme.Â
Ketergantungan emosi antar suporter di dalam stadion atau pun diluar stadion menunjukkan adanya ketergantungan emosi yang besar ketimbang mereka yang individualisme.Â
Banyak kegiatan suporter sepak bola yang tidak hanya mendukung tim kebanggaan saat bertanding di lapangan hijau, melainkan seperti memasang bendera di sekitaran daerah stadion atau pun daerah teritorial tim kebanggaan yang didukung dan membuat mural tentang tim yang mereka dukung secara kolektif.Â
Para suporter di Indonesia pun juga mengadakan acara musik yang mengundang band lokal daerah maupun band Indonesia guna merayakan ulang tahun komunitasnya secara kolektif.
Budaya kolektivis lebih mementingkan kepentingan kelompok daripada kepentingan individu (Samovar, Porter, McDaniel, & dkk, 2017).Â
Hal ini sejalan dengan apa yang diyakini suporter di Indonesia, dimana tiada yang lebih besar dari nama tim kebanggaan yang mereka dukung.Â
Artinya kepentingan  yang dirasa suporter tersebut penting guna kemajuan dan kesuksesan tim, pastinya mereka akan mendukung.Â
Lalu jika ada yang dirasa kurang benar dalam manajemen tim maka para suporter akan berunjuk rasa atau bahkan memboikot manajemen karena dinilai tidak becus mengurus manajemen tim sepak bola yang mereka cintai.Â
Menurut Kluckhohn dan Strodtbeck (dalam Samovar, 2017, hlm. 218) Future orientation merupakan nilai budaya yang berorientasi pada masa depan, orang yang menganut kebudayaan ini biasanya menghargai apa yang akan datang dan masa depan diharapkan lebih baik dari masa kini maupun masa lalu.Â
Para suporter di Indonesia sangat future orientation sekali, dimana karena mereka berkumpul menjadi satu akibat kolektivisme bersama dan tanpa paksaan maka mereka memiliki budaya yang berorientasi untuk masa depan tim kebanggaanya,.
Ketika ada yang tidak beres di dalam pengelolaan tim dan pemain yang sudah tidak memiliki loyalitas pada tim, maka para suporter ini akan melakukan forum besar di dalam komunitas suporter tersebut.
Guna membahas langkah dan sikap apa yang akan mereka ambil untuk membenahi tim sepak bola yang mereka dukung agar menjadi lebih baik kedepannya dan lebih-lebih goals yang mereka mimpikan seperti naik kasta ke liga tertinggi di Indonesia atau pun juara liga Indonesia bahkan bisa mewakili Indonesia di AFC Cup.
Tidak heran bahwa suporter di Indonesia di segani oleh suporter dari luar negeri. Banyak media massa luar negeri pun memberi apresiasi atas kreatifitas dan fanatisme dalam suporter Indonesia.Â
Bahkan ada media massa seperti Copa 90 yang membuat video dokumenter dan wawancara singkat pada sebuah suporter klub sepak bola tanah air ini.Â
Sumber bacaan:Â
Samovar, L. A., Porter, R. E., McDaniel, E. R., & Roy, C. S. (2017). Communication Between Cultures Ninth Edition. Boston: Cengage Learning
#kabuajy07 #humaniora #komunikasiantarbudaya #suporter #sepakbola #indonesia
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI