Apa kamu pernah mendengar istilah SEO dan SEM? SEO adalah singkatan dari  Search Engine Optimization sedangkan SEM adalah Search Engine Marketing. Keduanya merupakan sebuah teknik yang digunakan dalam dunia digital marketing.Â
Lalu apa yang membedakan SEO dan SEM? Yuk kenali perbedaannya.
Search Engine Optimization (SEO)
Search Engine Optimization(SEO) merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk mendukung sebuah website atau konten ke dalam halaman utama atau menjadikannya peringkat atas di sebuah situs pencarian. Menurut Leford(2009) juga SEO terkait dengan penggunaan kata kunci.
SEO menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan jika ingin websitenya memiliki tingkat kunjungan yang tinggi. Penggunaan sebuah kata kunci yang ada pada sebuah website berpotensi masuk ke halaman utama.Â
Dalam SEO, ada aturan-aturan yang tidak tertulis yang biasanya digunakan dalam website:
1. On-Page SEO
On-Page SEO merupakan strategi atau teknik SEO yang dilakukan pada bagian internal website seperti :
- Memasukan kata kunci pada judul artikel, heading tag, dan meta description.
- Merapikan format URL halaman website.
- Mengoptimalkan kecepatan loading page website dengan melakukan speed test website.
2.Off Page SEO
Berbeda dengan On-Page SEO yang fokus pada bagian internal, Off-Page SEO berfokus pada bagian eksternal, seperti :
- Membuat backlink yang berkualitas tinggi.
- Menerapkan Local SEO dengan Google Business.
- Mempromosikan link website Anda di Social Media.
Kedua aturan biasanya memang digunakan namun hal ini tidak paten dan bisa berubah seiring dengan perubahan algoritma sebuah mesin pencari.
Search Engine Marketing (SEM)
Search Engine Marketing(SEM) merupakan sebuah teknik pemasaran di internet pada suatu website dengan cara melakukan promosi website agar tingkat visitibilitasnya tinggi pada hasil mesin pencari. Komponen utama dari strategi ini yaitu penggunaan penelurusan berbayar atau bisa disebut dengan iklan.
Setiap mesin pencarian seperti Google banyak digunakan oleh khalayak untuk mencari informasi misalnya mengenai barang dan jasa. Maka dari itu, strategi dengan memasukan iklan ke dalam sebuah website diharapkan dapat meningkatkan konsumen. Hal ini dapat terjadi karena, ketika sebuah website memasukan iklan di dalamnya maka khalayak yang terkait akan ikut masuk. Â
Perbedaan SEO dan SEM
Penjelasan sebelumnya sudah menceritakan tentang SEO dan SEM, nah disini ada beberapa perbedaan yang lebih spesifik antara SEO dan SEM. Berikut perbedaannya:
1. SEM memerlukan biaya untuk membayar setiap iklan, sedangkan SEO tidak memerlukan biaya.Â
2. Dalam tampilan pada mesin pencarian, pengguna teknik SEM akan terlihat tampilan label ads  atau iklan sedangkan pada SEO tidak ada.
3. Pengguna SEM akan lebih instan menduduki peringkat atas pada mesin pencarian daripada SEO yang membutuhkan waktu.
4. Kinerja dari SEO akan lebih bertahan dan tidak mudah turun karena fokusnya dalam jangka panjang . Berbeda dengan SEM,ketika durasi iklan habis maka peringkatnya akan kembali seperti semula.Â
Dibalik perbedaan dan kegunaannya masing-masing, yang bisa di dapat dari penjelasan tersebut yaitu SEO dan SEM bisa saling mendukung untuk menaikan peringkat sebuah website tetapi kembali lagi ke kemampuan dan kebutuhan website itu sendiri.
SEO dan SEM memiliki kesamaan yaitu keduanya merupakan teknik dalam dunia digital marketing, namun keduanya memiliki kegunaan yang sedikit berbeda namun saling terkait. SEO merupakan teknik yang mendasar pada keyword sedangkan SEM berguna untuk memaksimalkan kerja SEO.Kedua teknik ini akan sangat berguna bagi para pengguna web khususnya bagi para pemula yang baru mulai mengatur dan mengelola web.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H