Informasi merupakan bagian dari masyarakat karena berpengaruh terhadap kehidupan sosial, pekerjaan, dan juga pendidikan. Informasi di era globalisasi semakin berkembang dan penyebarannya sangat cepat. Maka dari itu media menjadi konsumsi publik. Media menjadi tempat dimana masyarakat memperoleh informasi terkini dan terpercaya dimanapun dan kapanpun.
Berbicara mengenai hubungan media dan informasi, ada perbedaan atau perubahan yang terjadi pada media seiring berkembangnya teknologi. Jika dulu kita mencari informasi melalui televisi, radio, dan koran maka sekarang kita dipermudah dengan hadirnya internet yang merupakan bentuk new media.
Bagaimana ya proses produksi dan konsumsi media dulu dan sekarang? Untuk mempermudah pembahasan dibawah ini mari kita sebut media lama dengan sebutan media dan media baru dengan sebutan new media. Yuk simak pembahasan berikut.
Media LamaÂ
Media yang dulu sering digunakan sering disebut dengan media massa atau hanya disebut media. Media merupakan sarana atau alat yang digunakan dalam proses komunikasi massa yaitu komunikasi yang mengarah pada banyak khalayak. Leksikon menyatakan bahwa komunikasi massa dalam media merupakan sarana penyampaian pesan yang berhubungan langsung dengan khalayak luas seperti melalui radio, televisi, dan surat kabar.
Proses produksi dan penyimpanan data informasi pada media massa konvensional, terbagi menjadi dua yaitu media elektronik(televisi dan radio) dan media cetak(surat kabar atau majalah).
Membahas mengenai bagaimana masyarakat mengkonsumsi informasi, media pada saat ini seperti terbatas. Beberapa hal tersebut seperti:
- Khalayak harus menunggu informasi pada jam yang dijadwalkan.
- Khalayak tidak memiliki keleluasan mencari yang diinginkan diluar jadwal yang telah ditentukan.
- Umpan balik bersifat tertunda karena tidak dapat disampaikan secara langsung.
- Komunikasi bersifat satu arah karena khalayak tidak terhubung dengan media ataupun antar pengguna.
Namun dibalik kekurangan tersebut, informasi yang disampaikan oleh media lama merupakan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan.
Media Baru (New Media)
Pada media baru atau new media proses penyebaran informasi sudah dipermudah yaitu dengan menggunakan jaringan internet. Penyajian informasi disini sangat cepat dan dapat langsung tersambung dengan berbagai sumber lainnya. Bentuk dari new media yaitu portal online, televisi online, radio streaming. Selain itu ada berbagai macam media sosial seperti Twitter, Instagram, Youtube, dan lain-lain yang dapat disebut sebagai media baru.
Proses produksi new media tidak terbatas, disini siapapun dapat memberikan informasi kepada khalayak melalui media online. New media membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses informasi. Beberapa kelebihan dari new media yaitu :
- Mudah dalam pencarian informasi yang ingin didapatkan dan tidak terbatas pada jadwal tertentu
- Para pengguna dapat terhubung secara langsung dengan media ataupun pengguna lain.
- Khalayak memiliki keleluasaan untuk mencari dan menemukan apa yang diinginkan.
- Umpan balik dapat disampaikan secara langsung, seperti adanya kolom komentar.
New media yang dilihat membawa kemudahan juga memiliki kekurangan. Infomasi yang disajikan new media kredibilitas informasinya tidak dapat dipertanggung jawabkan karena sumbernya luas.
Â
Perkembangan era digital mmerupakan salah satu faktor perkembangan media yang membuat perubahan terhadap dunia jurnalis. Salah satu artikel berita di situs online beritasatu.com membahas terkait hal tersebut. Dalam berita tersebut Mustika Muhammad yang merupakan Biro NET TV Yogyakarta dalam salah satu seminar mengatakan "Perubahan ini menuntut para jurnalis yang tadinya analog menjadi digital, hal itu membuat kita harus belajar banyak dan memiliki rasa ingin tahu besar".
Selain itu dalam seminar tersebut pembicara lainnya yakni Olivia Lewi menambahkan bahwa internet dan teknologi menjadi hal yang penting karena aksesnya luas, responnya cepat, dan murah. Tapi disisi lain Olivia mengatakan bahwa model informasi yang disampaikan kadang hanya memuat fenomenal, kotennya tidak dapat dipertanggungjawabkan dan minim verifikasi. "Maka dari itu kode etik menjadi sangat penting karena merupakan sebuah pedoman kerja bagi jurnalis" kata Olivia.
Sumber:
Krisnawati, Ester. (2016). Perilaku konsumsi media oleh kalangan remaja dalam pencarian informasi vol.5 (1). jurnal ilmiah komunikasi Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI