Mohon tunggu...
Jurnalis KW 2
Jurnalis KW 2 Mohon Tunggu... profesional -

phlegmatis

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Ujian Nasional jadi Jurnalis (10)

1 Februari 2016   12:04 Diperbarui: 1 Februari 2016   12:12 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Fotografierende

Gue hampir lupa ceritain ke elo semua sodara-sodara. Sebelum akhirnya diterima kerja di media online remaja kayak sekarang ini, gue sempat diminta HRD ikut psikotes. Jadi, tahapan abis gue diinterview sama Pemred tempo hari itu, gue diminta ikut psikotes.

Ingat kan kalo gue ini fresh graduated. Jadi gue belum pernah tahu apa yang akan diuji di psikotes kek gimana. Trus, gue juga males usaha nyari di mbah gugle. Apalagi di rumah gue nggak pasang internet. Padahal katanya di gugle ada contoh psikotes. Oleh karena belum tahu, yowis gue tanya-tanya temen gue yang pernah deh.

“Psikotes itu mirip kayak Ujian Nasional, To,” ujar Rifki, teman gue yang sekarang kerja di biro iklan.

“Jadi bakal ada matematika, bahasa Indonesia, dan IPS dong ya?” tanya gue naif.

“Ada. Tapi nanti ada tambahan, elo bakal bikin gambar gitu...”

“Waahh...kalo ngegambar gue seneng. Tapi kali matematika, bahasa Indonesia, dan IPS gue keknya bakal gagal nih. Loe kan tahu nilai Ujian Nasional gue kemarin...”

Terus terang sebelum ikut psikotes, gue nggak tahu kalo Rifki itu ngibulin gue apa enggak. Gue nggak percaya, masa masuk kerja trus jadi karyawan ditesnya pelajaran sekolah sih? Tapi, sekali lagi, oleh karena gue kagak tahu, jadinya gue percaya aja temen gue itu.

Supaya psikotes gue aman terkendali, gue usaha buat nyari buku kisi-kisi psikotes jadi karyawan, khususnya jadi Jurnalis, di toko buku Gramedia *built in sponsor*.

Tiba di Gramedia, persis di pintu masuk toko, ada tembok *yaiyalah, masa toko kagak ada tembok*. Nah, di tembok ada poster gede. Tulisannya, diskon 50% buku-buku sukses ikut ujian jadi karyawan. Waaah, pas banget dengan apa yang gue cari, nih. Pasti buku-buku ujian jadi karyawan yang dimaksud poster itu ada buku psikotes yang gue cari. Sippplah!

Satu per satu gue baca buku-buku yang menurut poster sukses menghadapi ujian jadi karyawan tersebut. Ada buku yang isinya sejumlah pertanyaan-pertanyaan kayak gini...

Berapa jenis tipe rambut?
• Model rambut apa yang lagi happening?
• Pernah motong rambut?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun