Mohon tunggu...
Bridgeta Elisa Putri
Bridgeta Elisa Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Bisnis Digital - Vokasi Universitas Brawijaya

Seorang mahasiswa Bisnis Digital Vokasi Universitas Brawijaya yang tertarik pada bidang digital marketing dan sejenisnya. Sedang melaksanakan Internship di Casa Kreatif.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Gunakan 10 Media Promosi Online Ini Untuk Meningkatkan Kepercayaan Calon Pelanggan!

26 Januari 2023   15:44 Diperbarui: 26 Januari 2023   15:56 282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hai pebisnis! Kalian pasti sudah tahu kan, meningkatkan kepercayaan calon pelanggan merupakan hal penting yang harus dijalankan ketika membangun bisnis. Dan sekarang ini sudah banyak pebisnis yang mulai mencari cara meningkatkan kepercayaan calon pelanggannya dalam media online.

Bukan suatu hal yang mudah untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan kita. Namun dengan fasilitas media promosi online yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan promosi, kepercayaan calon pelanggan bisa diraih dengan lebih mudah.

Lalu, media promosi online apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan? Pilih beberapa media promosi online berikut ini sesuai strategi bisnis kalian.

Berikut Rekomendasi 10 Media Promosi Online Gratis dan Berbayar Paling Efisien:

1. Media Sosial

Rekomendasi media promosi pertama ini bisa didapatkan secara gratis melalui google playstore maupun melalui app store, namun ada juga media sosial yang diwajibkan berbayar.

Untuk menaikkan interaksi calon pelanggan yang berpotensi di bisnis kalian, gunakan platform ini dan rancang strategi promosi menarik. Misalnya terkait edukasi yang sesuai dengan niche atau informasi mengenai produk baru bisnis kalian.

Dari konsistensi strategi yang telah kalian lakukan di media sosial, dijamin engagement akan terus naik tanpa perlu mengeluarkan uang lagi. 

2. WhatsApp

Dalam era perkembangan bisnis digital, WhatsApp kini ikut mengambil andil sebagai salah satu media promosi online yang sangat efisien. Bagi para pebisnis UMKM, penerapan WhatsApp berguna untuk menjalin interaksi secara langsung dengan calon pelanggan.

Sudah ada berbagai fitur penunjang seperti membagikan teks, gambar, video, link, stiker, dan fitur status yang juga sangat berguna untuk kalian melakukan promosi secara online melalui WhatsApp.

Hal pertama yang harus dilakukan jika kalian ingin berpromosi di WhatsApp yaitu mengumpulkan kontak calon pelanggan terlebih dahulu. Kalian bisa melakukan optimalisasi iklan di media sosial kemudian arahkan viewers untuk mengisikan data melalui formulir khusus yang sudah kita siapkan sebelumnya baik melalui kampanye berbayar maupun tidak berbayar.

3. Email Marketing

Hampir sama dengan WhatsApp, cara pertama yang harus dilakukan jika kalian ingin berpromosi melalui media ini yaitu dengan mengumpulkan data email calon pelanggan. Walaupun email marketing kini mulai diragukan kemampuannya dalam mempromosikan bisnis, fakta mengatakan bahwa email mampu mengungguli sosial media dalam hal ROI.

Berbagai tingkatan bisnis mulai dari yang kecil sampai berkembang harus mempelajari startegi promosi melalui email marketing ini karena media ini memang sudah terpercaya dan sangat efisien dalam meningkatkan kepercayaan calon pelanggan.

4. Press Release

Media online ini juga merupakan salah satu media yang efisien untuk kegiatan berpromosi. Ketika press release telah berhasil terpublikasi dan diangkat menjadi berita di media nasional, brand awareness dari bisnis kalian dipastikan meningkat.

Ketika kalian memutuskan untuk menggunakan cara ini, kalian harus memastikan bahwa konten yang kalian buat sudah berkualitas dan menarik.

Berikut cara untuk mengirim press release kalian agar bisa terpublikasikan ke media nasional:

  • Gunakan email redaksi ke berbagai portal berita atau hubungi teman wartaman yang kalian kenal. Namun yang harus diperhatikan adalah, car aini merupakan cara yang tidak pasti atau bisa dibilang sangat susah karena begitu banyak pesaing yang juga mengirimkan kontennya ke email redaksi portal berita.
  • Cara kedua ini merupakan cara yang tepat untuk kalian yang tidak ingin ambil pusing dalam mengirimkan press release ke media nasional. Yaitu penggunaan agensi jasa press release yang agensi terpercaya bisa mempublikasikan press release ke berbagai media Nasional.

Baca Juga: 3 Cara Jitu Mengirim Press Release Tembus ke Media Nasional

5. Google My Business

Dengan penggunaan GMB atau Google My Business, bisnis-bisnis lokal kalian bisa dengan mudah terakses oleh calon pelanggan. Cara ini merupakan cara termudah, kalian hanya perlu untuk mendaftarkan bisnis kalian di GMB dan lakukan verifikasi sederhana yang dibutuhkan.

Anggaplah kalian pemilik bisnis ayam geprek dan sudah mendaftarkan bisnis kalian di GMB. Maka dengan GMB, bisnis kalian bisa dengan mudah ditemukan di pencarian local menggunakan kata kunci  "jual ayam geprek terdekat".

6. Blog

Kalian bisa juga menggunakan media promosi online melalui blog untuk meningkatkan interaksi kepada calon pelanggan secara langsung dan meningkatkan visibilitas bisnis kalian.

Jika kalian ingin menggunakan blog untuk media promosi, buatlah blog yang baik, jelas, dan tepat sesuai keidah penulisan blog. Pastikan kalian juga mengetahui search intent sebagai unsur yang sangat penting dalam pembuatan blog.

Dari blog yang kita buat ini, peningkatan traffic organic dari hasil pencarian dipastikan akan meningkat.

7. Advetorial

Pada dasarnya advetorial hampir sama dengan press release, perbedaanya hanya terdapat pada proses penerbitannya. Advetorial lebih menjadikan konten kalian menuju ke editorial, sedangan press release menjadikan konten kalian sebagai berita.

Keunggulan dari penggunaan media ini yaitu pembaca akan lebih banyak mendapat informasi utama daripada sekedar melihat iklan. Oleh karnea itu, advertorial juga lebih efisien disbanding iklan display.

Baca Juga: Apa Itu Iklan Advetorial? Ciri-Ciri, Jenis, dan Juga Contohnya

8. Forum Internet

Forum Internet bisa menjadi wadah promosi online yang efisien karena forum internet merupakan website untuk berdiskusi yang umumnya menggunakan identitas anonim. Contoh forum local yang paling terkenal yaitu ADS ID, Kaskus, Diskusi Web Hosting, dan lain sebagainya.

Ada hal penting yang harus diperhatikan sebelum bergabung ke dalam forum internet, yaitu tambahkan informasi tentang bisnis kalian ke bagian signature dan pastikan kalian konsisten aktif dalam forum tersebut.

9. Google Shopping

Jika kalian belum mengetahui dimana letak google shopping, silahkan buka terlebih dahulu di google lalu ketikkan barang apapun yang ada terlintas dipikiran kalian, lalu klik tab "Shopping". Yang terlihat dalam tab tersebut adalah listing produk yang berhubungan dengan kueri yang sudah kalian ketikkan tadi.

Bisa dibuktikan bahwa fitur ini sangat efisien dan sangat memudahkan calon pelanggan dalam proses pencarian barang di berbagai toko online. Keunggulan lain dari fitur ini adalah gratis tidak berbayar sama sekali

Untuk membuat listing gratis di Google Merchan Center (fitur google shopping gratis), kalian diwajibkan untuk memiliki website atau toko online agar proses transaksi bisa dilakukan.

10. Podcast

podcast-63d23b25a65da8771c661702.jpg
podcast-63d23b25a65da8771c661702.jpg
Rekomendasi media promosi online terakhir ini, tengah berada pada masa hype di kalangan anak muda. Pertumbuhan podcast sebagai media promosi online juga sangat pesat, dibuktikan dari rank pendengar podcast di Indonesia berada pada posisi kedua di dunia setelah Brazil.

Untuk membuat promosi lewat podcast, kalian bisa menggunakan berbagai cara. Contohnya berkolaborasi dengan brand tertentu atau kalian juga bisa membuat podcast kalian sendiri dan disesuaikan dengan niche bisnis kalian.

Dengan menggunakan media podcast, bisnis kalian akan mendapatkan peningkatan kepercayaan calon pelanggan karena penyaluran informasinya melalui audio.

Penutup

Dari 10 rekomendasi media promosi online diatas, pastikan kalian melakukan minimal 3 media agar bisnis kalian lebih cepat mendapatkan kepercayaan calon pelanggan. Penulis juga menyarankan agar kalian pintar-pintar memilih media yang paling sesuai dengan kebutuhan pemasaran di bisnis kalian masing-masing.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun