Saya Raimundus Brian Prasetyawan Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Jakarta Pusat. Pada kesempatan ini saya akan menulis mengenai Jurnal Refleksi Dwi Mingguan pada modul 2.3 tentang Coaching Untuk Supervisi Akademik. Jurnal ini ditulis sebagai refleksi diri setelah mengikuti kegiatan Pendidikan CGP pada dua minggu terakhir. Diharapkan dengan menulis jurnal ini, Calon Guru Penggerak sungguh memaknai kegiatan yang sudah dilalui untuk peningkatan kompetensi/pengembangan diri, sehingga tidak dilupakan begitu saja.
Dalam menulis jurnal refleksi ini saya menggunakan model 4F (Fact, Feeling, Findings, dan Future). 4F dalam Bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi 4P yakni : Peristiwa; Perasaan; Pembelajaran; dan Penerapan.
Fact (Peristiwa)
Modul 2.3 dimulai pada 8 Juli 2024 dengan kegiatan mulai dari diri dan dilanjutkan eksplorasi konsep. Saya belajar secara mandiri materi tentang Coaching Untuk Supervisi Akademik. Pembelajaran dilakukan dengan membaca materi, menyaksikan video, dan mengerjakan soal.
Eksplorasi konsep terbagi kedalam 4 Sub Pembelajaran yakni
- Konsep Coaching secara Umum dan Konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan;
- Paradigma Berpikir dan Prinsip Coaching;
- Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagai Alur Percakapan Coaching
- Supervisi Akademik dengan Paradigma Berpikir Coaching.
       Di Tengah pembelajaran modul 2.3 terdapat pendampingan Individu (PI). Saya melaksanakan pendampingan individu pada Rabu, 10 Juli 2024. Pada PI tersebut saya Bersama Pengajar praktik, Pak Mustafid, membahas hasil refleksi 360 derajat yang sudah saya lakukan. Selain itu juga membahas rencana penerapan pembelajaran sosial emosional dan keterlaksanaan tahapan BAGJA.
Pada Sabtu, 13 Juli 2024 saya mengikuti lokakarya 3. Pada lokakarya tersebut saya belajar mempraktikan pembelajaran berdiferensiasi, mengikuti simulasi mindfulness, dan praktik pembelajaran sosial emosional.
Pembelajaran modul 2.3 dilanjutkan dengan ruang kolaborasi melalui google meet pada 15 Juli 2024. Saya Bersama 9 CGP lainnya Latihan simulasi coaching. Esok harinya, 16 Juli 2024, saya melakukan praktik coaching Bersama satu rekan CGP dengan direkam untuk diunggah ke LMS. Saat pelaksanaan ruang kolaborasi hari kedua saya mengalami hambatan. Sinyal internet di sekolah kurang bagus. Saya dan rekan CGP belum berhasil membuat rekaman praktik coaching, karena hasil rekaman tidak layak. Maka kami membuat ulang rekaman praktik coaching dengan mengambil waktu di lain hari dan posisi di rumah karena sinyal internet lebih stabil.
Tahap selanjutnya yaitu demonstrasi kontekstual. Saya Bersama rekan-rekan kelompok CGP membuat video coaching. Kami bergantian melakukan peran sebagai supervisor, coach, dan coachee. Demonstrasi kontekstual ini cukup luar biasa karena memerlukan banyak waktu untuk membuat rekaman beberapa video. Kami dalam dua hari harus sampai pulang malam untuk menyelesaikan tugas ini.
Kegiatan selanjutnya yaitu elaborasi pemahaman bersama instruktur. Pada kegiatan ini saya mendapatkan banyak pengetahuan, pemahaman mengenai coaching. Selanjutnya tahap koneksi antar materi. Pada kegiatan ini saya membuat koneksi materi mengenai modul yang dipelajari dengan pengalaman serta materi lainnya. Tahapan terakhir adalah aksi nyata. Kegiatan aksi nyata rencananya saya akan melaksanakan kegiatan coaching bersama salah satu rekan guru di sekolah. Modul 2.3 ini ditutup dengan kegiatan post test yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2024.
Feelings (Perasaan)
Perasaan saya ketika mempelajari modul 2.3 ini yaitu senang, optimis, dan tertantang. Saya merasa senang karena mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang baru mengenai coaching
 Saya juga merasa senang karena bisa melakukan simulasi coaching bersama rekan CGP lainnya. Saya merasa optimis karena saya yakin bisa mengaplikasikan pengetahuan saya mengenai coaching ini dalam peran saya sebagai pemimpin pembelajaran. .Kegiatan yang paling berkesan adalah pada saat mengerjakan demonstrasi kontekstual. Saya dan rekan-rekan CGP sekelompok saling bekerja sama dalam waktu yang cukup lama. Proses pembuatan video tersebut sangat berkesan. Kami sekelompok saling bertemu dan berinteraksi sehingga merasakan adanya saling mendukung sebagai sumber semangat menjalani Pendidikan guru penggerak.
Saya merasa tertantang dalam mempelajari materi coaching serta dalam mengaplikasikan coaching ini.
Findings (Pembelajaran)
Coaching merupakan hal baru bagi saya sehingga saya mendapat pembelajaran baru yang sebelumnya belum pernah saya temui. Ada beberapa wawasan tentang coaching yang saya dapatkan. Mulai dari Paradigma berpikir coaching terdiri dari fokus pada coachee/rekan yang akan dikembangkan, bersikap terbuka dan ingin tahu, memiliki kesadaran diri yang kuat, mampu melihat peluang baru dan masa depan.
Kemudian Prinsip coaching yaitu "kemitraan, proses kreatif, dan memaksimalkan potensi". Kompetensi Inti Coaching meliputi kehadiran penuh/Presence, mendengarkan aktif, mengajukan pertanyaan berbobot.
Terdapat juga istilah Alur TIRTA yang menjadi panduan/pedoman dalam melakukan percakapan saat coaching. TIRTA merupakan akronim dari Tujuan, Identifikasi, Rencana aksi, dan Tanggung Jawab. Percakapan dengan alur TIRTA dapat diuraikan yaitu Percakapan untuk perencanaan, Percakapan untuk pemecahan masalah, Percakapan untuk berefleksi, Percakapan untuk kalibrasi.
Future (Penerapan)
Penerapan yang akan dilakukan adalah saya akan menyediakan diri untuk melakukan kegiatan coaching di lingkungan sekolah. Baik kepada siswa maupun rekan sejawat. Pada murid, saya memaksimalkan dan mengembangkan potensi yang ada pada diri murid saya. Pada rekan sejawat saya akan membantu rekan saya untuk menemukan sendiri apa Solusi dari permasalahannya melalui potensi yang dimilikinya.
Saya akan melaksanakan diseminasi kepada kepala rekan guru mengenai coaching ini. Agar kegiatan supervisi akademik dilakukan dengan paradigma coaching. Ketika nanti saya menjadi kepala sekolah saya akan menerapkan supervisi akademik dengan menggunakan pendekatan coaching kepada para guru.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H