Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 CGP Angkatan 10 ini dibuat dengan menggunakan metode 4F (Facts, Feeling, Findings, Future)
Facts (Peristiwa)
Modul 1.2 dimulai pada 1 April 2024. Tahap pertama yaitu Mulai dari diri. Peserta disajikan penjelasan tentang trapezium usia. Kemudian diminta memuat trapesium usia versi masing-masing. Saya membuat trapesium usia versi saya. Saya cantumkan usia mengalami peristiwa positif dan peristiwa negatif.
Kemudian tanggal 2-3 April tahap eksplorasi konsep. Saya belajar mandiri melalui teks dan video yang tersedia. Selain itu juga mengerjakan soal-soal yang ada. Materi pada modul 1.3 dibagi menjadi 3 kelompok besar yaitu Bagaimana manusia tergerak, bagaimana manusia Merdeka bergerak, dan Bagaimana Menggerakkan Manusia: Menuntun Kekuatan Kodrat Manusia.
Tahap eksplorasi konsep diakhiri dengan forum diskusi eksplorasi konsep. Saya menuliskan cerita mengenai salah satu nilai guru penggerak yang membantu saya dalam melayani murid. Saya juga sampaikan 10 contoh kegiatan sekolah yang saya anggapmerupakan contoh penerapan dari peran guru penggerak
Pada 4 April 2024 saya mengikuti Ruang Kolaborasi melalui google meet. Terdapat tugas kelompok yaitu berdiskusi menyiapkan bahan presentasi. Saya berada di kelompok 3 dengan jumlah anggota empat orang. Tugas yang disiapkan yaitu tentang rancangan kegiatan yang memuat 1 nilai dan peran guru penggerak yang dipilih oleh kelompok.
Namun, kegiatan di modul 1.2 harus terjeda 2 minggu karena libur lebaran. Ruang kolaborasi sesi presentasi kelompok akhirnya dilaksanakan pada 17 April 2024.
Setelah ruang kolaborasi, saya melaksanakan demonstrasi kontekstual secara mandiri dengan. Untuk kegiatan ini saya membuat slide power point yang diupload ke google drive
Feeling (Perasaan)
Pikiran saya Kembali terbuka dengan konsep konsep baru yang disajikan pada modul 1.2. Saya merasa mendapat pencerahan. Hal itu membuat saya merasa senang dan bersemangat untuk menerapkan konsep tersebut dalam keseharian kegiatan belajar mengajar di sekolah. Saya juga merasa ingin tahu apalagi konsep baru yang akan saya dapatkan di modul modul selanjutnya.
Pada saat ruang kolaborasi saya merasa bersemangat karena dari tugas kelompok yang diberikan, memantik saya untuk berpikir inovatif. Saya menyampaikan ide tugas rancangan kegiatan kepada teman-teman sekelompok. Saya senang karena mereka menyetujui dan antusias serta saling mendukung hingga bahan presentasi tuntas dikerjakan
Findings (Pembelajaran)
Setelah mempelajari modul 1.2, saya jadi mengetahui tentang nilai-nilai dan peran guru penggerak. Ini penting untuk dipahami di awal Pendidikan guru penggerak (PGP) ini agar saya dapat memaknai dan menjiwai keikutsertaan saya dalam PGP, sehingga ada perubahan positif dalam diri saya dan dapat berdampak kepada rekan guru sejawat maupun kepada siswa.
Saya juga mendapat pembelajaran mengenai bagaimana cara kerja otak. Hal ini cukup membuat pikiran saya terbuka agar lebih memahami bagaimana kondisi siswa. Dengan demikian saya dapat membuat bersikap atau bertindak yang tepat dalam menghadapi beraneka ragam kondisi siswa saat kegiatan belajar di kelas. Saya menyadari ternyata saya salah dalam menyikapi siswa yang mengalami kesulitan belajar.
Future (Penerapan)
Terdapat beberapa rencana penerapan yang akan saya lakukan terkait hal hal yang sudah dipelajari di modul 1.2. Saya akan berusaha memunculkan nilai dan peran guru penggerak yang masih kurang terlihat pada diri saya. Untuk itu saya akan tindak lanjuti dengan belajar melalui ikut pelatihan dan saling berbagi praktik baik dengan guru rekan sejawat di dalam sekolah maupun luar sekolah. Saya juga mengikuti komunitas-komunitas guru yang didalamnya terdapat guru-guru yang menunjukkan nilai dan peran guru penggerak sehingga bisa saya contoh.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H