Dengan berkembangnya zaman,media pun berkembang.Kita dapat mendapatkan informasi dengan cepat dimanapun kita berada,Tidak hanya itu, kita dapat menikmati tayangan yang berkualitas baik melalui televisi maupun internet Untuk dapat mengimbangi perkembangan zaman dan kebutuhan informasi yang tinggi, yang sekarang ini banyak media bermunculan baik cetak maupun online,Tentu saja hal ini akan menimbulkan persaingan antar media untuk mendapatkan market share di masyarakat.Â
Dengan berkembangnya zaman,media pun berkembang.Kita dapat mendapatkan informasi dengan cepat dimanapun kita berada,Tidak hanya itu, kita dapat menikmati tayangan yang berkualitas baik melalui televisi maupun internet Untuk dapat mengimbangi perkembangan zaman dan kebutuhan informasi yang tinggi, yang sekarang ini banyak media bermunculan baik cetak maupun online,Tentu saja hal ini akan menimbulkan persaingan antar media untuk mendapatkan market share di masyarakat. Begitupun dengan media. Banyak persaingan yang terjadi dalam globalisasi ini. Contohnya:
Middle East Broadcasting Center (MBC)
Di antara wilayah geo-linguistik regional, pertumbuhan televisi pan-Arab adalah salah satu perkembangan media yang paling penting pada 1990-an. Di dunia Arab, di mana media secara tradisional berada di bawah kendali langsung negara, beberapa programnya berada dalam apa yang tetap menjadi salah satu wilayah paling konservatif di dunia dengan peraturan ketat, terutama mengenai penggambaran perempuan di televisi. atau di bioskop
Sebagian sebagai tanggapan terhadap ketersediaan televisi Barat di wilayah tersebut, saluran pan-Arab seperti Pusat Siaran Timur Tengah (MBC) telah muncul di panggung penyiaran Arab. Tujuan utama dari saluran ini adalah untuk menyiarkan program berbahasa Arab ke Arab yang tinggal di Eropa dan Amerika Utara - diperkirakan lima juta orang Arab tinggal di Eropa dan dua juta di Amerika Utara. Ini diaspora yang mapan dan kaya telah menciptakan pasar asing baru untuk penyiar Arab
Untuk melayani masyarakat diaspora yang umumnya makmur, Pusat Penyiaran Timur Tengah (MBC) yang berbasis di London telah muncul sebagai saluran televisi utama pan-Arab. Dimiliki oleh ARA Group International yang berbasis di Saudi dan dimulai pada tahun 1991, yang ditujukan untuk khalayak kelas menengah dengan minat dalam urusan pan-Arab dan internasional, MBC telah muncul sebagai suara utama yang memproyeksikan sudut pandang Arab di dunia.
Phoenix Chinese Channels
Dengan populasi 1,2 miliar dan salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia, China adalah pasar media hadiah
Maka tidak mengherankan jika perusahaan-perusahaan media besar telah mencoba memasuki pasar yang menggiurkan ini. Namun, hambatan bahasa dan kontrol ketat gelombang udara oleh pemerintah Cina, telah membuat sulit bagi pemain media transnasional untuk beroperasi di China. Peluncuran News Corporation pada tahun 1996 dari Phoenix Chinese Channel, saluran berbahasa Mandarin sepanjang masa, merupakan upaya untuk mengatasi hambatan ini dengan melokalisasi produk media
Saluran hiburan publik yang berbasis di Hong Kong ini menawarkan program-program China dan internasional, termasuk berita, olahraga, musik, drama, film, dan variety show. Usaha patungan antara STAR TV, Hong Kong, Today's Asia, dan China Wise International, Phoenix, adalah disiarkan melalui AsiaSat 3S dan Palapa C2 satelit. Saluran film 24 jam, Phoenix Film Channel, diluncurkan pada tahun 1998, siaran bulanan lebih dari 280 film klasik dan klasik Film Cina dan Barat, dengan teks.
Globo TV
Salah satu contoh kunci dari ekspor budaya dari Selatan ke Utara adalah opera sabun Amerika Latin, telenovela, dan raksasa media Brasil TV Globo adalah pengekspor utama genre televisi yang populer di seluruh dunia. Telenovela, yang berasal dari sabun radio, berkembang dengan narasi melodramatis dan sering disederhanakan yang dapat dipahami dan dinikmati oleh penonton dalam konteks budaya yang berbeda.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H