Televisi
Volume perdagangan AS dalam produk budaya dan kapasitasnya untuk memproduksi dan mendistribusikan ke khalayak internasional memastikan bahwa jaringan yang berbasis di AS adalah yang paling umum dalam sistem televisi global. Di sebagian besar negara di luar AS, program impor membentuk bagian penting dari jadwal televisi, menjadikan AS sebagai 'penyedia dunia' program televisi (Dunnett, 1990).Â
Program hiburan AS - serial drama, sabun dan pertunjukan, seperti Star Trek, Baywatch, Friends, ER, dan The X Files ditampilkan di saluran televisi di seluruh dunia. Selain itu, perusahaan sindikasi juga menjual 'hak format' untuk program yang lebih spesifik secara nasional, seperti acara permainan.Â
Format-format buatan AS ini menunjukkan bahwa Family Feud dan Wheel of Fortune telah diadaptasi untuk produksi di banyak negara (Blumenthal dan Goodenough, 1998). Beberapa genre televisi, terutama animasi, musik, dokumenter satwa liar, dan acara olahraga langsung, relatif mudah dijual ke dalam konteks budaya yang berbeda.
Industri film internasional
Meskipun lebih banyak film diproduksi di India daripada di Amerika Serikat, bioskop global dan layar televisi didominasi oleh Hollywood, film-film Hollywood ditampilkan di lebih dari 150 negara, menghasilkan lebih dari $ 30 miliar di seluruh dunia pada tahun 1997.Â
Salah satu alasan kehadiran film-film AS di seluruh dunia adalah jaringan distribusinya. Viacom, misalnya, dapat menggunakan sinergi untuk mempromosikan film dan produk lainnya secara global. Paramount Pictures, bagian dari Viacom, mendistribusikan filmnya di lebih dari 60 wilayah di Eropa, Asia dan Afrika. Cinema International BV, cabang distribusi internasional Video Paramount House, mendistribusikan video dan CR-ROM dari Simon and Schuster Interactive, MTV dan Nickelodeon Home Videos, serta Paramount Home Videos, di seluruh Eropa, Asia, Afrika dan Australia.
Penerbitan buku internasional
Di dunia penerbitan buku, meskipun Cina dan Jerman menduduki peringkat pertama dan ketiga dalam jumlah judul tertinggi yang diproduksi pada tahun 1996, penerbitan dalam bahasa Inggris sangat dominan. Pasar global untuk buku-buku berbahasa Inggris bernilai sekitar $ 20 miliar per tahun dan akan terus bertambah karena permintaan untuk buku-buku dan publikasi bahasa Inggris meningkat di seluruh dunia.Â
AS memimpin pasar ekspor buku dunia, diikuti oleh Inggris. Penerbit AS, Asosiasi Pembaca Digest, misalnya, memiliki pasar internasional untuk edisi buku-buku kental yang terkenal, buku-buku tentang doit-yourself, perbaikan rumah, memasak, kesehatan, berkebun, dan buku anak-anak. Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan telah berkembang ke pasar yang lebih baru seperti Eropa Timur, Amerika Selatan dan Cina, di mana ia berencana untuk meluncurkan bisnis buku pasar langsung.
Media cetak internasional
AS-Inggris 'duopoli' tampaknya mendominasi pasar surat kabar dan majalah global juga. Meskipun enam suratkabar Jepang dan dua surat kabar Cina termasuk di antara 10 surat kabar top dunia dalam hal sirkulasi. Beberapa publikasi seperti majalah berita mingguan Inggris The Economist, pada kenyataannya, menjual lebih banyak salinan di luar Inggris.Â
Salah satu surat kabar paling terkenal dengan pembaca internasional adalah International Herald Tribune yang berbasis di Paris, dimiliki bersama oleh The New York Times dan The Washington Post. Didistribusikan di 186 negara, 'harian dunia', seperti namanya, memiliki sirkulasi di seluruh dunia 638.000, lebih dari 60 koresponden di seluruh dunia, dan dicetak di London, Tokyo, Hong Kong, Jakarta, Singapura, Kuala Lumpur, Taipei dan Bangkok
Periklanan internasional
Ekspansi global televisi dan media lain tidak mungkin terjadi tanpa dukungan pengiklan, yang penting bagi budaya penyiaran komersial. Mengingat pentingnya sejarah beriklan di radio dan televisi komersial domestik Amerika, Amerika Serikat adalah pasar periklanan terbesar di dunia, tiga kali lebih besar daripada saingan terdekatnya, Jepang dalam hal pembelanjaan untuk iklan.
Meskipun iklan cetak masih memimpin di antara sepuluh pasar teratas, televisi tetap menjadi salah satu media periklanan yang tumbuh paling cepat, terutama secara internasional, dengan menjamurnya saluran televisi di seluruh dunia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H