PERKENALAN
Kata multimedia pada era ini bukan lah menjadi hal yang jarang. Multimedia dalam posisinya dalam dunia komunikasi dan informasi memiliki pengaruh yang cukup besar. Namun, sebenarnya apasih Multimedia itu?
        Multimedia is the media that uses multiple forms of information content and information processing (e.g. text, audio, graphics, animation, video, interactivity) to inform or entertain the user. (Source:https://ayomenulisfisip.files.wordpress.com/2018/01/introduction-to-multimedia.pdf)
Multimedia adalah media yang menggunakan beberapa bentuk konten informasi dan pemroses informasi (seperti teks, suara, grafik, animasi, video, interaktivitas) untuk menginformasikan atau menghibur penggunanya. Multimedia juga mengcu kepada penggunaan alat elektronik untuk menyimpan atau mengalami konten media itu sendiri. Multimedia sebenarnya tidak jauh beda dengan media tradisional yang digabungkan. Akan tetapi, multimedia berada pada konteks yang lebih luas.
Dari sini kita sudah dapat mengetahui bahwasanya multimedia memiliki beberapa hal yang perlu dicermati. Pertama, multimedia tidak akan berdiri sendiri. Multimedia berasal dari dua kata, yaitu multi dan media. Multi yang berarti jamak dan media sebagai media komunikasi dan informasi itu sendiri. Maka, penggunaan media yang muncul tidak hanya satu. Dari sini kita akan menemukan beberapa elemen multimedia.
Kedua, multimedia sangat dekat dengan media baru yang bisa kita sebut internet. Digital, interaktif, elektronik, media baru, internet, jaringan, dan sebagainya. Hal-hal tersebut pastinya akan sangat melekat dengan kata multimedia.
Ketiga, dalam perbandingannya dengan media lama, multimedia memiliki konteks yang lebih luas. Hal ini dikarenakan multimedia yang menggabungkan beberapa media untuk memperkuat pesan itu sendiri. Sehingga penggunanya lebih dipermudah dan lebih mengerti. Dipadukan dengan media baru, multimedia pastinya mampu mencangkup berbagai daerah dalam segala waktu dan kondisi.
ELEMEN MULTIMEDIA
Multimedia memiliki lima elemen utama. Kelima elemen tersebut adalah teks, grafik, audio, video, animasi (sumber: http://www.satriamultimedia.com/artikel_apa_itu_multimedia.html).
teks-5a742e77f13344279433e112.jpg
TEKS. Teks merurapakan elemen dasar yang paling mudah untuk diproduksi. Selain itu, teks merupakan elemen yang paling kecil dalam segi ukuran data. Teks sendiri merupakan elemen yang berbasis tulisan. Teks bisa dibagi menjadi tiga jenis. Teks cetak, teks scan, dan hyperteks. Teks cetak merupakan tulisan yang dibuat menggunakan word office atau semacamnya yang mana nantinya bisa dicetak. Teks scan adalah teks yang didapat dari proses scanning, sedangkan hyperteks adalah teks yang ditautkan dengan link. Sehingga, jika diklik nantinya akan merujuk ke suatu web atau sumber tertentu.
grafik-5a742f5a5e13735bd81ea042.jpg
GRAFIK. Grafik atau gambar adalah elemen yang digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Grafik atau gambar juga dapat dibagi menjadi tiga jenis yakni, bitmap, digitized picture, hyperpictures. Bitmap adalahgambar yang berasal dari kumpulan piksel yang berkesinambungan dalam layar. Digitized pictures adalah gambar yang dipindahkan dari kamera dan dijadikan bitmap. Sedangkan hyperpictures merupakan hyperteks yang berupa gambar.
audio-5a742e8dbde5752e9873e282.jpg
AUDIO. Audio atau suara merupakan elemn yang dapat melengkapi suatu pesan. Biasanya dengan suara atau audio, bagian emosi dan pembawaan pesan itu sendiri ditekankan. Elemen audio ini biasanya berisi suara dialog, musik, dan atau efek suara.
video-5a742ee1dd0fa816433af1e2.jpg
VIDEO. Seperti yang kita tau, video adalah gambar yang bergerak. Video sendiri dalam multimedia biasanya merupakan gambaran yang paling jelas. Menggabungkan gambar, suara, dan teks. Biasanya video digunakan untuk menyampaikan pesan yang rumit dan pesan yang menekankan emosi yang mendalam.
animasi-5a742f0add0fa81abd02e852.jpg
ANIMASI. Animasi merupakan sebuah simulasi yang dibuat untuk menyampaikan pesan tertentu. Dalam animasi mengandung audio, visual, dan mungkin teks. Dalam penggunaannya, animasi digunakan jika mana pesan yang hendak disampaikan perlu dikemas sedemikian rupa hingga menarik. Biasanya dibuat untuk menyampaikan gambaran yang tidak nyata.
APLIKASI MULTIMEDIA
Multimedia akhirnya mamou merambah kedalam berbagai bidang. Dalam kasus ini kita bisa menyebutnya suatu bentuk pengaplikasian multimedia itu sendiri. Aplikasinya pun tidak hanya merujuk kepada hal yang sempit. Melainkan tidak terbatas dan sangat luas.
Berikut merupakan beberapa aplikasi multimedia yang ada dalam artikel https://ayomenulisfisip.files.wordpress.com/2018/01/introduction-to-multimedia.pdf.
inds-kreatif-5a742f26ab12ae28866f3f62.jpg
INDUSTRI KREATIF
. Industri kreatif menggunakan mutimedia dengan berbagai tujuan seperti seni, hiburan, seni komersial, jurnalisme, media, dan sebaginya. Para pekerjanya pun dituntut untuk memiliki kemampuan individu dalam berbagai bidang multimedia. Maka dari itu kemampuan teknis, analisis, dan kreatif sanagat dibutuhkan atau malah bisa saja menjadi sebuah tuntutan.
komersial-5a743072dcad5b32702eed62.jpg
KOMERSIAL. Multimedia adalah senjata utama dari seniman  komersial. Presentasi yang menarik digunakan untuk mendapatkan atensi dalam periklanan. Pelayanan kreatif juga mampu merambah kedalam industri, relasi bisnis, dan komunikasi antar kantor atau divisi.
film-5a7430c1ab12ae4ad7452a44.jpg
HIBURAN DAN SENI YANG BAGUS. Multimedia dalam bidang hiburan dan seni bisa kita lihat secara nyata dalam bentuk film. Film sendiri memmerlukan kemampuan multi media seperti editing, penngambilan gambar, pengambilan suara, pembentukan dialog, dan sebagainya. Hal yang cukup populer hingga saat ini dalam perfilman adalah
special effect atau efek spesial dalam film.
edukasi-5a7430f0ab12ae4ad7452a46.jpg
EDUKASI.multimedia dalam bidang edukasi biasanya digunakan untuk menghasilkan materi
computer-based training (CBTs). Selain itu multimedia mampu membuat ensiklopedia yang lebih menarik. Menggunakan ilustrasi dalam bentuk gambar, grafik, audio, ataupun visual.
teknisi-5a743246caf7db4a46454cd2.png
TEKNISI. Dalam dunia teknisi, pastinya mereka akan mrenggunakna simulasi berbasis komputer atau digital. Maka, berbagai aspek multimedia perlu digunakan untuk membuat simulasi bebrbasis komputer tersebut.
industri-5a7432c75e137312fb233e43.png
INDUSTRI. Dalam dunia industri, multimedia berguna sebagai sarana penyampaian infirmasi atar divisi, antar jabatan, dan antar karyawan. Selain itu, multimedai juga bisa menyokong dalam pelatihan karyawan, iklan, dan penjualan produk melalui dunia virtual dengan teknologi berbasis jaringan.
sains-5a743240dd0fa816433af1e4.jpg
PENELITIAN MATEMATIS DAN SAINS. Dalam bidang ini, multimedia digunkan sebagai alat simulasi dan model. Dengan begitu masyarakat dapat mengerti dengan libih mudah. Sehingga penelitian yang dilakukan dapat lebih berguna bagi masyarakat.
kesehatan-5a7432d2f133442795538e35.jpg
ILMU KEDOKTERAN. Dalam bidang ini multimedia bisa digunakan sebagai alat simulasi operasi atau simulasi persebaran virus dan sistem pengobatan. Dengan begitu tidak perlu lagi percobaan terhadap makhluk hidup dan lebih menghemat biaya.
ruang-publik-5a74331af133442b27636a34.jpg
RUANG PUBLIK. Dengan adanya multimedia, ruang publik akan lebih mudah dikenali dna mudah dituju oleh masyarakat. Dengan menggunakan multimedia, informasi-informasi dari ruang publik akan lebih mudah dan menarik untuk dilihat.
Beberapa bidang diatas nyatanya hanya sebagian kecil dari bidang-bidang yang bisa dijamah oleh multimedia. Bidang lainnya tentu anda sekalian sudah mengerti atau malah mungkin merasakannya sendiri. Intinya, multimedia sebagai alat mampu mempermudah kita agar tidak perlu bersusah payah untuk memahami dan membuat informasi.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Inovasi Selengkapnya