Mohon tunggu...
Ibrohim Fathurrosi
Ibrohim Fathurrosi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Sebelas Maret

Tertarik pada topik psikologi

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Refleksi Topik 6 Aksi Nyata Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia

8 Agustus 2024   22:23 Diperbarui: 8 Agustus 2024   22:33 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia merupakan salah satu mata kuliah selektif yang didapatkan dalam perkuliahan PPG Prajabatan Gelombang 1 2024. Pada topik 5 akan memperdalam tentang Isu-isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Politik. Pada laman aksi nyata di topik 5 diberikan tugas sebagai berikut.

"Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya."

Berikut akan dipaparkan jawaban atas tugas di atas dengan panduan pertanyaan yang ada di LMS (Learning Management System).

M - MULAI DARI DIRI

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran? 

Jawaban : Sebelum memulai proses pembelajaran mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik, saya memiliki pandangan yang cukup umum tentang kompleksitas dan tantangan yang dihadapi oleh sistem pendidikan di Indonesia. Saya menyadari bahwa faktor-faktor ini mempengaruhi akses dan kualitas pendidikan, serta menciptakan ketidaksetaraan yang signifikan di berbagai daerah. Namun, pemahaman saya masih terbatas pada pengamatan dan pengalaman pribadi, tanpa memiliki landasan teori yang kuat atau contoh konkret tentang bagaimana isu-isu ini secara spesifik mempengaruhi praktik pendidikan sehari-hari di kelas. Saya belum sepenuhnya memahami bagaimana mengintegrasikan pengetahuan ini ke dalam strategi pengajaran yang efektif dan inklusif. Hal ini membuat saya merasa perlu memperdalam wawasan dan keterampilan dalam mengatasi berbagai tantangan yang muncul dari perbedaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam lingkungan pendidikan. 

E - EKSPLORASI KONSEP

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini? 

Jawaban :  Topik ini membahas berbagai isu dalam penyelenggaraan pendidikan dan implementasi pembelajaran di sekolah, dengan mempertimbangkan perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Selain itu, topik ini juga mengaitkan dan merangkum isu-isu yang berhubungan dengan pendekatan, strategi, metode, dan teknik yang diterapkan sebagai scaffolding dalam Zona Proksimal Perkembangan (ZPD) untuk mencapai pendidikan yang berfokus pada kebutuhan siswa. 

R - RUANG KOLABORASI

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun