Digital marketing telah menjadi salah satu pilar utama dalam dunia bisnis modern.  Dengan banyaknya pengguna internet dan pertumbuhan pesat internet yang  pesat tak terbendung. Kita sekarang hanya berjarak satu klik dengan orang lain.Â
Apa itu digital marketing? Digital marketing adalah startegi pemasaran dengan menggunakan media digital yang dapat dikerjakan oleh manusia ataupun alat yang canggih, sehingga identik dengan inovasi, teknologi, kemajuan, dan perkembangan.
Status WhatsUp yang isinya jualan cilok aja sudah merupakan praktik digital marketing
Memahami dan menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif adalah kunci keberhasilan bisnis dan kemajuan karier. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa strategi ampuh untuk mengoptimalkan digital marketing untuk mencapai hasil yang maksimal.
Kenapa Harus Digital Marketing?
Coba perhatikan mall di kotamu, sejak pandemi dan saat ini agak mirip kuburan, sepi pengunjung, mall tidak lagi menjadi pusat perbelanjaan, demikian pula kabar sedih tentang bangkrutnya TB Gunung Agung yang sudah berusia 50 tahun, adalah efek gaya belanja orang yang beralih ke internet.Â
Survei dan lihat-lihat produk ke mall, dan toko buku, namun belanjanya ke marketplace. Tinggal pencat-pencet tombol di hp dan transfer via mobile banking, barang langsung diantar kurir ke alamat rumah kita.
Bayangin Kompasianer, jengkol dan daun pisang kering saja udah bisa dibeli secara  online di marketplace. Sesuatu yang dulu hanya bisa kita dapatkan di pasar tradisional yang lantainya becek gegara aspalya luntur berkesinambungan dibelai jemari  hujan.Â
Baiklah, langkah pertama dalam mengoptimalkan digital marketing adalah dengan rajin posting di instagram, blog, dll. Bangun eksistensi online yang kuat. Kompasianer harus banci tampil (sering tampil) di grup WhatsApp, status WhatsApp, instagram, blog, selain bergaul dan berinteraksi di dunia nyata.
Internet detik ini sudah ada dalam genggaman setiap orang, Dengan gawai smartphonenya orang-orang nyaris lebih dari  8 jam menggunakan internet. Alasan orang menggunakan internet antara lain.
1. Mencari informasi
2. Mencari ide dan inspirasi
3. Mencari teman online dan tetap terhubung dengan keluarga
4. Mencari project freelancing
5. Membunuh waktu luang
6. Membaca berita
7. Nonton video Youtube
8. Belanja kebutuhanÂ
9. Dengerin musik
10. Bermain gim
11. Dll
Manfaatkan penulisan konten dengan teknik SEO (Search Engine Optimization) agar informasi yang dicari orang-orang ditemukan pada postingan Kompasianer. Hal ini adalah startegi penting dalam digital marketing. Dengan menerapkan teknik SEO yang tepat serta kata kunci, ditambah gaya penulisan copywriting agar enak dibaca, dapat meningkatkan peringkat situs Kompasianer , atau postingan Kompasianer bakal muncul pada beranda para follower.
Langkah kedua dalam digital marketing adalah membuat konten yang berkualitas, relevan, dan bermanfaat, serta menarik minat orang-orang untuk membacanya secara tuntas. Gunakan artikel blog, gambar (sebagai stoping point), infografis, dan konten menarik lainnya agar menjadi magnet follower dan meluaskan jangkauan bisnis dan karier Kompasianer. Pastikan konten Kompasianer memiliki value (nilai tambah), dan memecahkan masalah bagi follower.
Tanggapi komentar, pertanyaan, dan umpan balik dari follower dengan sopan dan ramah. Bangun hubungan yang kuat dengan follower lewat konten yang bermanfaat. Ini akan membuat mereka setia menjadi follower Kompasianer. Om Bill Gates bilang : "The future of advertising is in the internet (masa depan periklanan adalah internet).
Jadi tunggu apalagi? Maksimalkan digital marketing Kompasianer dengan rajin bikin konten berkualitas di sosmed, dan blog untuk keberhasilan bisnis dan kemajuan karier Kompasianer. Â Mulailah hari ini, tanpa tapi. Â Menunda adalah mengejar hari kemarin.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H