Blog masih jadi sarana menulis yang dilirik banyak orang dan banyak sponsor. Blogger atau narablog diam-diam bisa jadi duta yang efektif. Dalam istilah dunia pemasaran media, narablog adakala dipandang sebagai pemengaruh mikro.
Semarak dunia blog dan semangat narablog ini menarik banyak lembaga dan perusahaan untuk mengadakan aneka lomba blog. Hadiah yang ditawarkan pun sering kali cukup menggiurkan. Sampai puluhan juta untuk jawara pertama. Jika ditotal, dana hingga ratusan juta digelontorkan untuk satu lomba blog.
Dua cara jitu agar menang lomba blog
Saya telah mengulas dengan cukup tuntas aneka tip jitu memenangkan lomba blog dalam artikel lalu (sila klik). Artikel itu saya tulis dengan sedikit nekat karena saya bukan jawara blog dengan catatan gemilang.Â
Hingga sekarang pun, sama saja. Saya hanya tukang coret yang beruntung diizinkan Tuhan untuk menjadi jawara lomba blog. Karena meyakini bahwa ilmu itu adalah karunia ilahi yang wajib dibagikan, saya dengan senang hati kembali berbagi pada sahabat literasi melalui tulisan ini.
Ada dua cara jitu yang hendak saya bagikan gratis melalui tulisan ini. Cara jitu pertama adalah cermat menebak selera sponsor dan dewan juri. Bagaimana caranya?
Tiga cara menebak selera sponsor dan dewan juri
Saya tidak selalu berhasil menebak selera sponsor dan dewan juri. Akan tetapi, lama-lama saya belajar bagaimana kira-kira mengungkap keinginan sponsor dan dewan juri.Â
Peserta lomba blog harus ingat, lomba blog itu bukan sekadar ajang untuk peserta, melainkan terutama adalah ajang untuk sponsor lomba. Fokus kita menulis artikel lomba blog seharusnya bukan pada diri kita saja, tetapi juga pada pesan yang kiranya hendak disampaikan sponsor.
1. Pelajari visi, misi, dan aksi sponsor lomba blog
Sebelum menulis artikel lomba, cobalah mempelajari visi, misi, dan aksi sponsor lomba blog. Apa yang telah perusahaan atau lembaga itu lakukan? Mengapa mereka mengadakan lomba blog bertema tertentu? Apa kaitannya dengan nilai-nilai lembaga atau sponsor lomba blog?