Artikel yang efektif adalah artikel yang ramah terhadap pengunjung maupun Search Engine. Untuk membuat artikel ramah pengunjung dan Search Engine memang tidak mudah, karena pada dasarnya kita membuat artikel untuk pembaca, bukan Search Engine. Tetapi pada saat yang bersamaan, kita harus pula dapat membuat artikel yang ramah terhadap Search Engine untuk mendatangkan pengunjung
Merawat dan mengembangkan website atau blog jauh lebih sulit daripada membuat blog itu sendiri. Kemampuan membuat artikel yang ramah terhadap pengunjung dan juga Search Engine akan sangat menentukan perkembangan website atau blog yang kita miliki nantinya. Berikut ada beberapa tips bagaimana menulis artikel yang baik, artikel yang ramah terhadap pengunjung maupun Search Engine
Pilih kata kunci yang tepat
Pemilihan kata kunci dalam sebuah artikel sangat penting bagi perkembangan sebuah website atau blog. Search Engine akan menampilkan website atau blog yang kita miliki pada hasil pencariannya berdasarkan kata kunci yang telah kita buat. Hal ini berkaitan dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna Search Engine
Sebelum mulai menulis artikel, cari beberapa kata kunci yang berkaitan dengan topik yang akan kita bahas. Pilihlah kata kunci yang popular yang paling banyak digunakan oleh pengguna Search Engine. Untuk hal tersebut, Sobat bisa menggunakan Google AdWord yang dapat membantu menemukan kata kunci yang tepat untuk sebuah topik, lengkap dengan statistiknya
Artikel mudah dipahami
Yang harus diingat dalam menulis artikel adalah kita membuatnya untuk pengunjung, bukan Search Engine. Karena ingin membuat artikel yang lebih ramah terhadap Search engine, sering kali kita memaksakan penempatan kata kunci di dalam kalimat yang justru merusak susunan kalimat yang telah ada sehingga sulit dipahami oleh pengunjung
Meskipun Search Engine membutuhkan kata kunci untuk menampilkan website atau blog kita di hasil pencariannya, tetapi pengunjung tetap menginginkan artikel yang berkualitas, bukan sekumpulan kata kunci yang tidak memberikan informasi sama sekali. Dengan terus berlatih menulis, kita akan mendapatkan keduanya, yaitu artikel yang ramah terhadap pengunjung juga Search Engine
Kata kunci harus relevan
Pemilihan kata kunci dalam artikel harus relevan dan berkaitan dengan topik yang sedang dibahas. Jangan menggunakan kata kunci “menjual mobil” di dalam artikel yang sedang membahas seo hanya untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian
Dengan kemampuan Search Engine yang semakin baik untuk membaca keseluruhan isi konten, hal tersebut bukan saja membuat artikel kita tersisih dari hasil pencarian, tetapi bisa berdampak negatif terhadap website atau blog secara keseluruhan
Penempatan kata kunci yang benar
Menggunakan kata kunci yang berlebihan dalam sebuah artikel juga bukan merupakan pilihan bijak. Pengunjung akan mengetahui tujuan pembuatan artikel tersebut hanya untuk meningkatkan posisi hasil pencarian, bukan untuk memberikan informasi yang mereka butuhkan
Daripada memaksakan kata kunci di seluruh bagian artikel yang dapat merusak isi artikel secara keseluruhan, lebih baik menggunakan kata kunci di awal paragraf dengan membuat ringkasan atau deskripsi yang menggambarkan keseluruhan isi artikel
Buat paragraf yang pendek
Pengunjung kurang menyukai paragraf yang terlalu panjang, apalagi paragraf harus terpotong karena keterbatasan tempat. Dengan demikian kecil kemungkinan pengunjung akan membaca keseluruhan isi artikel. Buat paragraf yang pendek yang hanya berisi 4 hingga 5 baris saja, tetapi padat informasi daripada paragraf yang panjang dan bertele-tele
Buat poin dan penomoran
Selain paragraf yang pendek, pengunjung juga lebih suka dengan isi artikel yang padat informasi. Sobat bisa menggunakan poin-poin atau penomoran yang jelas dan ringkas daripada membuat artikel yang panjang sehingga sering terjadi pengulangan informasi yang telah dibuat sebelumnya
Membuat ringkasan
Membuat ringkasan atau deskripsi dari keseluruhan isi artikel dapat menjadi pilihan yang baik. Selain itu, ringkasan juga dapat dipergunakan untuk menempatkan kata kunci yang kita pilih agar tidak mengganggu isi artikel secara keseluruhan
Pemasangan hyperlink yang relevan
Jika ingin memasang link dalam sebuah artikel, pastikan link tersebut tetap relevan dengan isi artikel dan sesuai dengan anchor text yang kita pilih. Jika anchor text yang dipilih tidak sesuai dengan link yang dimaksud, maka akan sangat mengecewakan pengunjung, dan kita harus siap untuk kehilangan pengunjung satu demi satu
Hindari pengulangan
Pengunjung sudah cukup cerdas untuk memahami maksud dari sebuah paragraf pada waktu pertama kali membacanya. Tidak perlu mengulanginya di paragraf lain yang hanya akan menimbulkan kebosanan pengunjung. Daripada mengulangi poin yang sudah dijelaskan sebelumnya, lebih baik mengulasnya kembali dengan lebih detil atau dengan sudut pandang yang berbeda dari sebelumnya
Koreksi sebelum publikasi
Seberapa sering Sobat mengoreksi artikel sebelum di publis? Mengoreksi artikel yang sudah selesai ditulis sebelum dipublikasikan akan dapat menghindari kesalahan penulisan atau memperbaiki kata maupun kalimat agar maksud dan tujuannya dapat diterima dengan lebih jelas oleh pengunjung
Untuk memiliki kemampuan membuat artikel yang ramah pengunjung dan Search Engine diperlukan latihan dan rajin menulis, tidak akan dapat diperoleh dengan cara instan. Dengan memiliki kemampuan tersebut, kita akan selalu memperoleh pengunjung baru dari Search Engine dan di saat yang bersamaan, kita memiliki pengunjung setia dengan kualitas artikel yang kita miliki. Happy blogging!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H