TikTok saat ini dapat dibilang sebagai platform media sosial yang paling banyak dibuka oleh masyarakat luas. Aplikasi yang menampilkan video dengan durasi yang pendek ini merupakan andalan para Gen Z untuk mencurahkan kreativitasnya atau sekedar membuat konten untuk hiburan mereka saja.
Dengan tingginya minat masyarakat dunia maya dalam bersosialisasi di TikTok ini dapat menjadi peluang besar untuk para pengusaha memasarkan produk dan jasa yang mereka miliki secara online di TikTok. Hal inilah yang menjadi dasar banyaknya pengusaha yang mulai menjalankan strategi pemasaran mereka dengan memanfaatkan aplikasi TikTok yang sedang digemari ini. Hal ini juga didukung dengan ketersediaan fitur TikTok Ads yang dapat memudahkan para pelaku usaha dalam memasang iklan-iklan yang mereka inginkan di TikTok dengan harapan dapat membuat konversi yang baik.
Cara Membuat Iklan di TikTok
Terdapat beberapa format iklan yang dapat menjadi pilihan para digital marketer untuk menjangkau pemirsa yang mereka harapkan. Berikut ini adalah beberapa langkah penting yang dilakukan ketika kita akan memasang iklan di TikTok.
1. Membuat Akun Iklan
Kunjungi halaman TikTok for Business kemudian klik get started. Setelah itu akan muncul halaman login. Jika ini pertama kali Anda mengunjungi halaman ini maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pendaftaran dengan mengklik tombol sign-up. Setelah itu lengkapi data-datanya.
2. Membuat Kampanye
Setelah pendaftaran selesai, klik tab campaign yang dapat ditemukan pada bagian atas halaman. Â Setelah itu klik tombol create. Pilih tujuan kampanye, reach, traffic, app install, video views, atau conversion. Pilihan ini menjadi tujuan iklan kita buat.
Kemudian pilih salah satu opsi anggaran yang sesuai dengan anggaran harian yang telah kita siapkan
3. Mengatur Penempatan dan Target
Langkah selanjutnya, memilih dimana kita mau menempatkan iklan kita dan keunggulan dari TikTok Ads adalah adanya pilihan auto placement, yang dapat membantu penempatan iklan untuk kinerja yang paling baik.
Setelah itu masukkan detail seperti link menuju website dan berbagai detail penting lainnya. Gunakan kata kunci yang tepat karena kata kunci yang tepat dapat menemukan pemirsa yang tepat.
 4.  Menetapkan Durasi dan Sasaran
Pilih durasi atau jangka waktu iklan akan tayang selain itu ada fitur pengoptimalan cerdas yang membuat iklan kita dioptimalkan untuk memperoleh konversi yang lebih baik.Â
5. Memilih Format dan Desain Iklan
TikTok juga menyediakan alat video creation kit yang telah menyiapkan banyak template video dan gambar yang membuat iklan menjadi lebih menarik.Â