Jakarta - PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) terus memperluas distribusi pemasaran dan promosi produk hingga akhir tahun 2022. Salah satunya melalui kerja sama dengan industri perhotelan Marriott International Indonesia untuk mendukung pemulihan pariwisata kesehatan dan kebugaran yang digagas pemerintah. di Indonesia.
Seperti yang kita semua tahu, jaringan hotel Marriott adalah pemimpin dalam industri perhotelan. Mengelola  sekitar 7.900 properti di bawah 30 merek terkemuka  di 138 negara dan wilayah.Â
Pembelian produk hotel high-end Mustika Ratu dengan merek "Anargya" sebagai perlengkapan mandi di seluruh jaringan Marriot International Indonesia merupakan yang pertama kali dengan mitra lokal Indonesia.
Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara CEO PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Bingar Egidius Situmorang dan Regional Vice President  Marriott International Indonesia, Ramesh Davidson Thomson Jackson di Ballroom Semarang, Hermitage Hotel  Jakarta, Senin (21 November 2022).
 CEO PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Bingar Egidius Situmorang mengatakan: "Mustika Ratu mendukung pemulihan industri perhotelan dan pariwisata dengan menyediakan produk-produk kebersihan dan kesehatan kalender pelancong di Indonesia.
"Fasilitas premium yang kami tawarkan di hotel-hotel milik Marriott International Indonesia adalah produk saniter yang terbuat dari bahan alami Indonesia, yang aman, nyaman, higienis, dan mewah, yang penting," ujar Bingar.
Mustika Ratu memperkenalkan brand premium Anargya berupa perlengkapan seperti shower gel, shampo, hand and body lotion, hand sanitizer yang merupakan salah satu produk unggulan Mustika Ratu di hotel-hotel berstandar internasional.Â
Varian Orange & Lemongrass membantu memberi energi dan menghidrasi kulit. Varian Lemon & Lavender dikenal dengan aroma terapi alami yang menenangkan pikiran.Â
Lemon kaya akan vitamin C, yang secara efektif bertindak sebagai antioksidan yang  meningkatkan produksi kolagen dan menghidrasi kulit.
Anargya menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang sebagai bagian dari komitmen kami untuk menjaga lingkungan yang bersih dan berkelanjutan.
Anargya adalah kata yang berasal dari bahasa Jawa Kuno dan bahasa Sansekerta yang berarti "sesuatu yang sangat berharga dan tak ternilai", merupakan rangkaian produk kenyamanan premium  yang terbuat dari bahan-bahan alami pilihan dari Indonesia.
"Kami berharap kedepannya  produk Mustika Ratu semakin banyak tersedia di area publik dan bersaing dengan produk internasional, khususnya di seluruh Marriott International Indonesia.Â
Kemitraan ini menunjukkan dukungan industri perhotelan terhadap gerakan Pride Made in Indonesia di seluruh negeri," tambah Bingar.
Juga pada kesempatan ini, Ramesh Davidson Thomson Jackson mengatakan "Marriott International sangat berkomitmen untuk mendukung bisnis lokal Indonesia dan kami terus berupaya untuk melestarikan budaya  dan masyarakat Indonesia," kata Ramesh Jackson,  Vice President Indonesia Regional President,  Marriott International.
"Di Marriott International, kami bangga dengan sejarah dan budaya kami. Sebuah visi yang juga dimiliki oleh Mustika Ratu yang menghormati warisan Indonesia dan dengan bangga mengangkatnya ke tingkat berikutnya, hal ini menjadikan Mustika Ratu mitra yang tepat untuk kolaborasi ini", Ramesh menyatakan lebih lanjut.
Produk toiletries dengan brand premium Anargya dapat ditemui di jaringan Marriot International Indonesia seperti di Jakarta, Bintan, Bali dan wilayah lainnya yang merupakan destinasi pariwisata prioritas di Indonesia.
Dengan keberhasilan produk Anargya by Mustika Ratu ini memberikan gambaran besarnya potensi keunggulan komparatif produk nasional untuk lebih dikenal dunia
Potensi produk dalam health and wellness industry ini dapat berkembang lebih luas. Melimpahnya bahan baku menjadi salah satu keunggulan produk nasional yang dioptimalkan dalam berbagai outcome.
Kebutuhan konsumen akan produk berbasis alam menjadi keunggulan yang kita miliki. Marriot  International Indonesia dengan tangan terbuka mampu menjadi jembatan bagi produk nasional yang berpotensi besar menjangkau pangsa pasar global.
Marriot International Indonesia ini telah mendapatkan sertifikat C.H.S.E (Clean, Health, Safety, Environment) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia. Ini menjadi jaminan bagi wisatawan dan masyarakat umum bahwa produk dan pelayanan yang diberikan hotel telah memenuhi protokol kebersihan, kesehatan, keselamatan dan kelestarian lingkungan yang ditetapkan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI