Mohon tunggu...
Bisnis Today
Bisnis Today Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Menulis artikel mengenai dunia bisnis.

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Jakarta Muslim Fashion Week 2023, Produk Halal Mustika Ratu Pikat Pasar Dunia

23 Oktober 2022   14:49 Diperbarui: 23 Oktober 2022   16:05 212
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Jakarta -- Puncak penyelenggaraan JMFW tahun ini bersamaan dengan perhelatan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 tanggal 20-22 Oktober 2022.  

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin secara resmi membuka pagelaran JMFW 2023 di Hall Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Kamis, 20 Oktober 2022.

Wapres Ma'ruf Amin dihadapan para tamu undangan mengatakan bahwa untuk memajukan industri fesyen muslim Indonesia semua pihak harus bekerjasama. 

Pihak Pemerintah, desainer, industri kecantikan, public figure turut berkontribusi mempromosikan produk fesyen  di ajang international.

"Kita harus bangga menggunakan kekayaan bangsa kita sendiri dalam produk produk fesyen kita. Mari gunakan fesyen nusantara yang beragam dari seluruh provinsi agar kain kain kita semakin mendunia sekaligus juga akan melindungi kekayaan budaya kita agar tidak punah dan tidak mudah di klaim oleh bangsa lain," ujar Wapres.

Dalam dunia fesyen, produk kosmetik merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan. Menghadapi pasar global, produk kosmetik halal Indonesia akan menjadi daya tarik pasar dunia.

Dukungan Mustika Ratu terhadap pagelaran JMFW ini menjadi salah satu bentuk komitmen Mustika Ratu dalam mendorong fesyen muslim Indonesia untuk menembus pasar dunia.

Pagelaran puncak Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW), merupakan kolaborasi antara Kementerian Perdagangan RI dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) bersama Mustika Ratu.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Bingar Egidius Situmorang mengatakan,"Pagelaran JMFW merupakan sinergi yang kuat antara industri fesyen muslim dan kosmetika Mustika Ratu yang berkontribusi besar dalam mewujudkan cita-cita Indonesia untuk menjadi negara produsen produk halal terbesar dunia. Selain itu, dapat mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai kiblat fesyen muslim dunia tahun 2024.  

"JMFW hadir tidak hanya mempromosikan produk fesyen, namun dapat mengangkat potensi produk kosmetik halal Mustika Ratu," ujar Bingar pada saat Press Conference JMFW x Mustika Ratu, bersama Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Kusuma Ida Anjani dan Puteri Indonesia 2022, Laksmi Shari De Neefe di Hall 3 ICE BSD, Tanggerang Banten, Sabtu ( 22/10/2022).

Mustika Ratu menampilkan peragaan fashion show muslim bersama model dari Puteri Indonesia yang berkolaborasi dengan desainer berbakat tanah air yang dipadaukan dengan riasan cantik kosmetik Beauty Queen Series Mustika Ratu.

Direktur PT Mustika Ratu Tbk (MRAT), Kusuma Ida Anjani mengatakan Model JMFW dirias oleh tim makeup artis Mustika Ratu dengan menggunakan kosmetik Beauty Queen Series yang dipadukan dengan koleksi busana hijab dari berbagai desainer yang memfokuskan keberagaman Indonesia lewat balutan busana muslim.

"Kosmetik Beauty Queen Series Mustika Ratu diproses melalui standar internasional dan telah bersertifikasi halal terbuat dari bahan alami ekstrak daun biji kelor (Moringga Seed Extract) yang mengandung antioksidan tinggi, Vitamin E yang efektif untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan produksi kolagen agar mengurangi kerutan halus dan membantu merawat keremajaan kulit di wajah sehingga para model JMFW terlihat cantik dengan kulit yang tetap sehat.

Ini menegaskan identitas Mustika Ratu sebagai icon brand makeup yang mendukung kecantikan dan fesyen, sebagai bagian dari halal lifestyle baik secara lokal maupun dunia," ujarnya.

Kusuma menambahkan, Mustika Ratu sebagai pionir dan produsen kosmetik halal merasa bangga dapat berpartisipasi sebagai Official Make Up dan Hijab Do JMFW 2023.  

Apalagi JMFW merupakan pagelaran fesyen muslim terbesar di Indonesia yang akan menjadi kiblat fesyen muslim di dunia.

"Kami juga melibatkan Puteri Indonesia sebagai model dan juga KOL di sosial media guna mempromosikan dan mendukung suksesnya pagelaran JMFW tahun ini, ini menjadi salah satu bentuk komitmen Mustika Ratu dalam mendorong fesyen muslim Indonesia untuk bisa menembus pasar dunia," tambahnya.

Selanjutnya  Puteri Indonesia 2022 dan Miss Universe Indonesia 2022, Laksmi menjelaskan bahwa dirinya  bersama 44 finalis Puteri Indonesia dari seluruh provinsi di Indonesia akan terus membantu program pemerintah untuk menjadikan fesyen muslim Indonesia untuk bisa menembus pasar dunia.

"Dukungan ini sudah kami lakukan sejak pagelaran Embracing Jakarta Muslim Fashion Week pada bulan November 2021 di Aquatic Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta dan juga Road to Jakarta Muslim Fashion Week di Gandaria City pada bulan Mei 2022, sebagai bentuk dukungan Yayasan Puteri Indonesia dan Mustika Ratu bertujuan untuk memperkenalkan dan membesarkan fesyen muslim di Tanah Air," ujar Laksmi.

Dalam industri fesyen, produk kosmetik merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan. Tentunya menghadapi pasar global, produk kosmetik halal Mustika Ratu dapat menjadi daya tarik pasar dunia.

Bingar menambahkan, selain menjadi pemain besar industri kosmetik halal di dalam negeri, Mustika Ratu pun telah melakukan ekspor ke beberapa negara bagian Timur Tengah.

"Untuk pasar Timur Tengah dengan market produk Halal, Mustika Ratu sudah hadir di Saudi Arabia, Oman, Iraq, Libya, Bahrain dan UAE.  Apa lagi kosmetik dengan fesyen tidak dapat terpisahkan. Jadi cocok jika fashion muslim yang modis ditambah dengan kosmetik yang aman, sehat dan halal," ujarnya pada jumpa press conference JMFW, Sabtu, 22 Oktober 2022.

"Mustika Ratu terus berupaya dengan menghadirkan produk yang sesuai dengan pasar dalam dan luar negeri dan kehalalannya sudah terjamin. Kami juga memiliki bahan baku alami yang berkualitas. Bahan alami yang kami gunakan sesuai bagi konsumen di berbagai negara." lanjutnya.

Berdasarkan data State of the Global Islamic Economy Report 2020/21, konsumsi produk fesyen muslim dunia pada 2024 diprediksi mencapai USD 311 miliar, naik dibandingkan tahun 2019 yang tercatat sebesar USD 277 miliar. Sementara itu, konsumsi produk kosmetik halal dunia pada 2024 diprediksi mencapai USD 76 miliar, naik dibanding tahun 2019 yaitu sebesar USD 66 miliar.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun