Jakarta - Perhelatan bertajuk Jakarta Muslim Fashion Week 2023 (JMFW) yang akan berlangsung pada 20-23 Oktober 2022 di ICE BSD Tangerang, menjadi topik yang menghiasi media nasional beberapa hari terakhir.
Pemerintah mempunyai visi yakni menjadikan Indonesia sebagai Pusat Fesyen Muslim Dunia di tahun 2024. Diadakannya JMFW ini menjadi rangkaian program untuk mewujudkan visi besar tersebut.
Jakarta Muslim Fashion Week 2023 (JMFW) yang diadakan bersamaan dengan digelarnya Trade Expo Indonesia (TEI) ini digadang-gadang bakal menyita perhatian dunia fesyen internasional.
Industri fesyen sejatinya tak dapat dilepaskan dari produk kosmetika. Dimana ada produk fesyen maka disitu pula produk kosmetik mudah ditemui. Pun demikian halnya dalam ajang JMFW kali ini.
Dengan lebih kurang 100 desainer lokal dan puluhan perusahaan besar turut memeriahkan perhelatan JMFW ini. Salah satu perusahaan yang ikut berpartisipasi adalah PT Mustika Ratu Tbk.
PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) sebagai perusahaan lokal yang menjadi pionir dalam industri kecantikan dan produk kesehatan berbahan alami mendukung penuh Jakarta Muslim Fashion Week 2023.
Partisipasi PT Mustika Ratu Tbk dalam ajang bergengsi salah satunya JMFW 2023 ini sebagai bentuk dukungan dalam ekosistem fesyen muslim yang berkelanjutan.
Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan Republik Indonesia, mengatakan bahwa JMFW ini berpotensi besar dalam membuka dan mengembangkan new market di Asia hingga Afrika.
"Selama masih menjabat disini, saya akan bantu mempromosikan pakaian muslim produksi anak bangsa. Saya percaya diri bahwa produk pakaian muslim kita dapat menembus pasar internasional. Kita akan mencoba mengembangkan pasar baru di Asia Selatan, Asia Tengah, Afrika, dan Timur Tengah," tambahnya.
MRAT yang dikenal sebagai pionir dalam industri kecantikan di Indonesia, khususnya produk kosmetika telah mengekspor produknya ke berbagai negara. Mustika Ratu sendiri telah melakukan ekspor produk mulai dari benua Asia, Amerika, Afrika hingga Eropa.
Adanya kesempatan membuka pasar ekspor yang telah disampaikan oleh Menteri Perdagangan diatas, membuka peluang produk kosmetika MRAT untuk merambah negara tujuan ekspor baru.
Pengalaman membuka pasar ekspor yang dilakukan Mustika Ratu dapat menjadi peluang kolaborasi bagi pelaku industri fesyen dengan industri kecantikan.
Sebagaimana diketahui di berbagai pemberitaan, kosmetik Beauty Queen Series Mustika Ratu digunakan untuk mempercantik Miss Universe yang berkunjung ke Indonesia. Menjadi official sponsor di ajang Pemilihan Puteri Indonesia, Beauty Queen Series juga mempercantik para Puteri Indonesia di ajang pemilihan.
Beauty Queen yang dikenal sebagai kosmetika dengan manfaat skincare, telah digunakan oleh wanita Indonesia dalam berbagai aktifitas keseharian.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H