Mohon tunggu...
Uwaz 1453
Uwaz 1453 Mohon Tunggu... Lainnya - Gemar membaca dan lagi belajar menulis tentang Bisnis Digital

Jika ingin MENGENAL dunia maka MEMBACALAH dan bila ingin DIKENAL dunia maka MENULISLAH kemudian ikatlah ilmu dengan menuliskannya.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

BDS #25: Membangun Brand

18 November 2020   14:19 Diperbarui: 18 November 2020   14:28 238
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

                        Bisnis Digital Series Artikel ke-25

Membangun Brand dalam Bisnis Digital


Saat ini dunia bisnis sudah berubah zamannya.

Dari zaman bisnis dengan marketing satu arah ke marketing dua arah.

Maksudnya bagaimana?

Dulu sewaktu belum ada banyak saingan di dunia bisnis, kita bisa mengandalkan marketing satu arah.

Yaitu berupa iklan yang terus-terusan ditayangkan ke calon konsumen.

Karena saingan iklan tidak banyak, maka di benak konsumen hanya ada beberapa merek saja.

Merek yang sukses adalah yang sering-sering melakukan iklan untuk memenuhi benak calon konsumen.

Tapi sekarang sudah berbeda.

Banyak sekali iklan berjejalan di media.

Baik itu di majalah, koran, televisi, billboard, flyer, dan lain sebagainya.

Memang sampai sekarang bentuk iklan seperti itu masih bagus untuk dilakukan.

Dengan tujuan membangun brand awareness di benak calon konsumen.

Kegiatan beriklan tersebut secara umum disebut sebagai promosi ATL (Above The Line).

Tapi bisa ditebak kalau banyak pihak yang secara bersamaan memasang iklan.

Banyak pihak yang sama-sama membangun brand awareness.

Nah lhoo...

Untuk itulah saat ini banyak perusahaan-perusahaan besar yang menjalankan program promosi BTL (Below The Line).

Yaitu memberi kesempatan kepada calon konsumen untuk bisa merasakan, menyentuh, bahkan langsung membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Biasanya perusahaan-perusahaan tersebut mengadakan sebuah event, sponsorship, open-table, dan lain sebagainya.

Kegiatan yang bisa mengundang calon konsumen untuk bisa berinteraksi secara langsung.

Strategi ini sangat efektif untuk membangun brand serta relationship yang baik dengan konsumen.

Bagaimana Kita membuat iklan ATL dan komunikasi
BTL?

Yaitu memanfaatkan iklan di Facebook dan
komunikasi yang baik menggunakan Whatsapp.

Keduanya bisa memberikan kecepatan yang lebih agar
bisnis online kita bisa segera maju.

Artikel berikutnya saya akan membahas bagaimana kita bisa
membangun bisnis online yang langsung menguntungkan.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya...

Semoga bermanfaat dan memberi inspirasi.

NB: Saya boleh minta tolong?

...terima kasih untuk bantuan RATING nya dengan

...KLIK  tombol BERMANFAAT atau INSPIRATIF...

...sehingga saya bisa terus semangat untuk terus berbagi

melalui tulisan di blog ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun