Mohon tunggu...
Uwaz 1453
Uwaz 1453 Mohon Tunggu... Lainnya - Gemar membaca dan lagi belajar menulis tentang Bisnis Digital

Jika ingin MENGENAL dunia maka MEMBACALAH dan bila ingin DIKENAL dunia maka MENULISLAH kemudian ikatlah ilmu dengan menuliskannya.

Selanjutnya

Tutup

Money

BDS #7: Promosi dalam Bisnis Digital

13 Oktober 2020   18:17 Diperbarui: 13 Oktober 2020   18:28 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Kita masuk ke pembahasan yang sangat menarik.

Bagaimana mendatangkan pengunjung ke penawarankita.
 
Istilahnya di bisnis digital adalah "trafik".

Bagaimana mendatangkan trafik.

Trafik = Pengunjung = Calon konsumen

Trafik ini sangat sangat sangat penting.

Bahkan para senior pun selalu mencari metode baru.

Metode untuk mendatangkan trafik.

Ada dua macam trafik:

1. Trafik dengan cara berbayar

2. Trafik dengan cara organik, biasa disebut trafik gratis

Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.

Trafik berbayar kelebihannya adalah bisa mendapatkan hasil secara instan. Begitu kita membayar dengan uang, trafik langsung datang. Kita bisa langsung berbisnis dengan konsumen. Kekurangannya adalah bisa membuat rugi jika salah perhitungan. Kenapa bisa rugi?

Kita harus menghitung berapa kita bayar untuk membeli trafik. Lalu berapa yang kita hasilkan dari traffic yang datang. Berapa jumlah penjualan. Kalau penjualan lebih kecil dari pengeluaran, kita rugi. Sedangkan trafik organik kelebihannya adalah tidak perlu mengeluarkan uang.

Kekurangannya adalah akan membutuhkan waktu yang lama. Misalnya, dengan cara berbayar, dalam satu hari bisa mendatangkan 1000 trafik. Tapi dengan cara organik, dalam satu hari hanya bisa mendatangkan 50 trafik. Untuk mencapai 1000 trafik akan jauh lebih lama jika menggunakan cara organic itu.

Saya lebih suka dengan trafik berbayar. Karena trafik berbayar bisa diukur. Sebenarnya trafik organic itu bayar juga. Hanya saja membayarnya menggunakan tenaga dan waktu. Bukan uang. Trafik berbayar sangat dianjurkan, asalkan kita bisa mengelola resikonya.

Kenali dan kelola resikonya. Sehingga kita tidak rugi. Bahkan cepat sekali berkembang. Bisa untung secara instan. Lalu tinggal ulangi saja terus prosesnya.
Karena trafik berbayar bisa diukur. Dan menjangkau BUKAN hanya orang yang kita kenal. Salah satu sumber trafik yang baik saat ini adalah dari media sosial.

Trafiknya bisa sangat cepat dan menguntungkan. Kita bisa memanfaatkan media sosial. Salah satu media sosial adalah Facebook. Facebook adalah media sosial terbesar di dunia dan di Indonesia.

Ini potensi pasar yang sangat besar. Khususnya untuk kita sebagai pelaku bisnis digital. Kita bisa menarik pengguna Facebook untuk melihat
penawaran bisnis kita.

Facebook tidak hanya untuk kegiatan sosial. Tidak hanya untuk berhubungan sosial dengan teman. Facebook juga menyediakan fasilitas iklan.

Iklan ini bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan trafik. Caranya dengan membayar sejumlah uang ke Facebook. Lalu Facebook menampilkan penawaran kita ke orang lain.

Ini termasuk trafik dengan cara berbayar, dikenal dengan Facebook Ads. Iklan akan ditampilkan ke seluruh pengguna Facebook.

BUKAN hanya teman kita.

Ada juga cara organic / gratisan di Facebook untuk mendapatkan trafik, dikenal dengan sebutan Facebook Marketing. Ada satu hal lagi yang juga penting sekali.

Selain traffic. Yaitu konversi penjualan. Konversi adalah sebuah ukuran. Berapa orang yang membeli dari total orang yang
datang. Misal dari 100 trafik, ada berapa yang beli?

Kalau ada 5 orang yang beli, berarti konversi adalah 5%. Kalau ada 1 orang yang beli, berarti konversi adalah 1%. Konversi ini digunakan untuk mengukur.
Mengukur tingkat untung/rugi bisnis kita.Apalagi kalau kita menggunakan trafik berbayar. Kita harus bisa mengukur. Ini akan membawa kita sukses lebih cepat.

Berapa harga traffic yang kita beli?

Berapa konversinya?

Berapa penjualannya?

Kalau tidak ada penjualan, kita rugi. Tingkat konversi sangat mempengaruhi.

Nah, saya akan membahas mengenai konversi di artikel yang lain.

Bagaimana menaikkan konversi sehingga trafik yang ada tidak akan sia-sia.

Bagaimana meningkatkan tingkat konversi sampai 500%.

Oke, cukup sekian artikel kali ini.

Nanti saya akan menayangkan artikel  yang harus dibaca.

Saya akan bahas lebih dalam mengenai trafik.

Bagaimana mendapatkan calon pembeli yang tepat.

Yang benar-benar merupakan target market kita.

Anda mungkin pernah bertanya-tanya,

"Kenapa ya kok pada nggak mau beli produk saya?
Kok pada nggak mau join?"

"Padahal saya sudah tawarkan ke semua teman
Facebook."

Nah, artikel nanti juga akan jadi jawabannya.

Semoga bermanfaat.

Oh ya...Boleh bantu saya dengan KLIK dan memberi rating BERMANFAAT atau INSPIRATIF....

Terima kasih untuk RATING nya dengan KLIK tombol BERMANFAAT atau INSPIRATIF.

NB :
BDS #7 = Bisnis Digital Series Artikel Ke-7.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun