Kawasaki Ninja 150 merupakan sepeda motor dengan mesin 2 langkah atau biasa disebut mesin 2 tak.Â
pada mesin tersebut menggunakan  2 jenis oli dengan fungsi yang berbeda, yakni:
- oli mesin (menggunakan oli khusus mesin 2 tak) untuk melumasi piston, dinding silinder, kruk as, dan stang seher serta bearing dalam mesinÂ
- oli transmisi (menggunakan oli mesin 4 tak) untuk melumasi kopling dan rasio transmisi
sistem pelumasan mesin 2 tak dan 4 tak itu berbeda, Â
- pada mesin sepeda motor 2 tak jeroan mesin tidak terendam oli sehingga pelumasannya dengan mencampur bensin dengan oli 2 samping, campuran tersebut terhisap masuk ke dalam ruang bakar lalu terbuang melalui knalpot, hal ini membuat motor  2 tak menjadi ngebul. pencampuran tersebut ada yang menggunakan pompa oli (motor harian) dan campur langsung (motor kompetisi)
- pada mesin sepeda motor 4 tak jeroan mesin serta transmisi terendam oli dan bersirkulasi di dalamnya tanpa adanya oli yang terbuang Â
oli samping untuk  ninja 150 direkomendasikan menggunakan oli kawasaki 2T yang sudah berstandar JASO FC
- apa itu JASO FC? sederhananya itu merupakan standar oli dari jepang, JASO singkatan dari Japan Automobile Standard Organization, pada oli 2 tak standarnya adalah FA, FB, FC, dan FD, biasanya ditulis pada kemasan botol oli samping.
- dengan adanya standar tersebut manakah yang terbaik? dari FA hingga FD yang tertinggi adalah FD dan yang terendah adalah FA, sehingga membuat FD menjadi yang terbaik, dan FC menjadi pilihan tengah.
sepeda motor kawasaki ninja 150 merupakan kendaraan yang dirancang untuk pengunaan harian (street legal) sehingga dilengkapi pompa oli samping agar tidak merepotkan pengguna dalam pencampuran bensin dan oli,berbeda dengan motor kompetisi seperti kawasaki KX mesin 2 tak yang harus mencampur oli langsung di tangki. dengan adanya sistem pencampuran seperti itu maka tangki/reservoir oli samping tidak boleh sampai kosong karena dapat merusak komponen mesin.
- istilah "premix" dan  "oil injector" sering tertulis pada deskripsi botol oli samping, premix berarti campur di tangki, sedangkan oil injector adalah pompa oli samping. jika pada botol tersebut dituliskan "premix only" berarti tidak diperuntukan pada sistem pompa oli , biasanya oli tersebut diperuntukan untuk sepeda motor  mesin 2 tak kompetisi yang langsung campur oli di tangki
- bagaimana jika tetap nekat menggunakan oli "premix only"? ada beberapa pengguna ninja 150 yang menggunakan oli tersebut pada sistem pompa olinya tanpa masalah. akan tetapi pilihan ada pada anda, apakah lebih baik ikuti anjuran atau nekat? karena hal yang tidak direkomendasikan pabrikan jika diacuhkan tentu ada resikonya..
OLI TRANSMISI
transmisi dan kopling pada kawasaki ninja 150 dilumasi menggunakan oli 4 tak dengan kekentalan 10w40 sesuai dengan rekomendasi buku manual.Â
ALASAN KEDUA OLI TERSEBUT JANGAN SAMPAI TERTUKARÂ
mengapa harus menggunakan oli 4 tak? karena oli tersebut memiliki karakter yang kental dan tahan dalam bak kopling dalam jangka waktu lama  sehingga cocok untuk melumasi transmisi ninja 150 yang berjenis wet sump (dikenal sebagai kopling basah)
apa bedanya dengan oli 2 tak? oli 2 tak cenderung mudah bercampur dengan bensin dan mudah terbakar saat proses pembakaran agar meminimalisir kerak pada ruang bakar
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H