Mohon tunggu...
Bintang Siregar
Bintang Siregar Mohon Tunggu... Insinyur - Owner of CV Pandawa Elektrindo

Progresif Revolusioner Merdeka !!! IG : @bintangeps

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Banjir, Salah Siapa?

5 Januari 2020   02:15 Diperbarui: 5 Januari 2020   03:15 347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Diawal tahun 2020, banjir melanda sejumlah wilayah Jabodetabek. Hujan deras membuat warga memilih untuk tidak keluar disaat pergantian tahun. Tapi tidak demikian dengan saya yang masih muda, lebih memilih untuk pergi keluar merayakan tahun baru bersama teman.

Malam berganti siang, saya kembali pulang dari Menteng menuju tempat tinggal saya di wilayah Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat pada Rabu, 1 Januari 2020. Beruntungnya, saya tidak menggunakan kendaraan pribadi ketika berangkat ke acara malam tahun baru, melainkan menggunakan transportasi umum.

Sesampainya saya di Halte Harmoni Transjakarta, semua moda Transjakarta tidak beroperasi ke arah Kalideres, begitujuga dengan KRL dikarenakan genangan air sangat tinggi sepanjang jalan Daan Mogot sampai Kalideres. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk jalan kaki dari Halte Harmoni menuju Cengkareng.

Perjalanan yang saya tempuh selama 4 jam ini membuat saya merasa bersyukur karena saya masih diberikan kekuatan bisa sampai dengan selamat di rumah.

Banyak suka dan duka yang saya lihat selama perjalanan saya. Baik dari senyumnya anak kecil yang bermain air sampai dukanya warga yang harus mengungsi dari rumahnya dengan membawa perabotannya yang bisa dibawa dari kebanjiran.

Berbicara banjir, memang banjir sudah menjadi hal yang lumrah untuk kota Jakarta khususnya. Apakah ini salah masyarakat yang tidak meletakkan sampah pada tempatnya ? Atau karena pemerintah setempat yang tidak tegas terhadap masalah kebanjiran ini ?

Bagi saya, ini adalah bukti dari kegagalannya pemerintah terhadap kebijakan yang diterapkan sehingga banjir parah sampai sekarang masih bisa terjadi. Apakah saya menyalahkan masyarakatnya karena membuang sampah sembarangan ? Tidak.

Saya tidak akan menyalahkan masyarakatnya. Masyarakat bisa membuang sampah sembarangan karena tidak tegasnya pemerintah terhadap regulasi yang dibuat terhadap sampah.

Teguran dan sanksi yang diberlakukan sampai saat ini tidak dilaksanakan dengan tegas dan maksimal oleh pihak pemerintah kepada masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Oleh karena lembeknya "tidak tegas" pihak regulator terhadap aturan yang dibuat sehingga masyarakat menganggap itu adalah hal yang tidak berguna.

Bagaimana pula, masyarakat harus disadarkan sementara masyarakatnya sendiri tidak sadar ? Itulah yang menjadi beban berat atau tugas berat dari seorang pejabat pemerintahan baik ditingkat provinsi maupun negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun