Mohon tunggu...
Khalishah Nabila Firdaus
Khalishah Nabila Firdaus Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Saya merupakan seseorang yang menyukai karya fiksi.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Memahami Tiga Elemen Komunikasi

28 Mei 2024   22:38 Diperbarui: 28 Mei 2024   22:51 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada retorika klasik, terdapat tiga elemen utama yang dipakai untuk berkomunikasi, yakni pathos, logos, dan ethos. Ketiganya memegang peranan penting dalam menghadirkan komunikasi yang efektif dan persuasif.

Pathos berkaitan dengan emosi yang dimunculkan oleh pembicara untuk menyentuh hati audiens. Seorang komunikator perlu menguasai kemampuan mengelola emosi yang baik, dan memiliki rasa peduli yang tinggi. Dengan memahami emosi audiens, pembicara dapat menciptakan hubungan yang lebih kuat dengan audiens sehingga dapat dengan mudah memiliki kepercayaan mereka.

Kemudian, logos adalah elemen logis, yang mengedepankan pemikiran dalam retorika. Elemen ini menggunakan data, bukti nyata, dan argumen rasional untuk mendukung pesan yang disampaikan. Dalam konteks ini, logika berperan penting untuk membujuk audiens. Komunikator harus mampus memberikan informasi yang jelas, terencana, dan sesuai dengan fakta untuk meyakinkan audiens terkait kebeneran argumen mereka.

Terakhir adalah ethos, yakni aspek kredibilitas dan karakter pribadi komunikator. Ethos berhubungan dengan sejauh mana seorang komunikator dapat dipercaya oleh audiens. Ini tidak hanya bergantung pada reputasi dan keahlian komunikator, tetapi juga pada cara mereka menyampaikan pesan. Seorang komunikator yang memiliki ethos yang kuat akan dianggap jujur, berintegritas, dan berkompeten. Kepercayaan yang dibangun melalui ethos memungkinkan pesan yang disampaikan diterima dengan lebih baik oleh audiens.

Ketiga elemen ini, pathos, logos, dan ethos, bekerja secara sinergis untuk menciptakan komunikasi yang efektif. Kombinasi yang tepat dari emosi, logika, dan kredibilitas dapat membantu komunikator mencapai tujuan mereka dan membangun hubungan yang kuat dengan audiens.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun